Cerita Haru Dibalik Mahar Nikah Sandal Jepit untuk Nikahi Model Cantik ini Bikin Terenyuh

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 06 Jul 2020

Pasangan Yudi dan Helmi - Image from regional.kompas.com

Tidak muluk-muluk, hanya sandal jepit dan segelas air putih 

Tidak ada alasan filosofis ataupun mau cari sensai, model cantik ini beberkan alasan mengapa dia minta mahar tersebut kepada sang suami. Ia juga menyampaikan tak ingin memakainya, hanya dipajang karena takut rusak.

Seorang mempelai perempuan yang merupakan model video klip lagu tradisional Sasak, Helmi hanya menginginkan mahar sandal jepit dan segelas air. 

Helmi menikah dengan seorang pria, Yudi Anggara (24), Jumat (3/7/2020) di Lombok Tengah.


Cerita untuk Anak 

Tak ada filosofi khusus di balik sandal jepit dan air yang ia minta jadi mahar. Helmi menuturkan alasannya meminta kedua benda tersebut. Ia ingin benda sederhana itu suatu saat bisa menjadi kenang-kenangan yang akan diceritakan pada keturunanya. 

"Tidak ada nilai sejarah mengapa mau sandal jepit, hanya mau jadi kenang-kenangan yang akan diceritakan pada anak nanti," kata dia, Sabtu (4/7/2020) Helmi mengaku akan memajang sandal jepit mas kawin pernikahannya.

Tak ingin membebani suami Selain itu, Helmi tak ingin permintaan mas kawin yang neko-neko justru membebani suaminya. Sandal jepit dan segelas air pun akhirnya ia pilih. 

"Saya tidak mau menyusahkan suami saya dan keluarganya," kata dia.

Dicibir Hanya Cari Sensasi

Video pernikahan Helmi dan Yudi di Desa Jurit, Lombok Tengah menjadi viral di media sosial. Dalam video itu, sang mempelai pria Yudi mengenakan kemeja putih dan sarung merah. 

Sedangkan Helmi mengenakan busana merah muda dan duduk sembari memandangi suaminya dan tersenyum. Video juga memperlihatkan dua benda yakni sandal jepit dan segelas air di gelas keramik cokelat sebagai mas kawinnya. 

Prima dengan nama lengkap Iwan Firman Wahyudi (24), YouTuber yang menikahi Helmi Susanti (20) model cantik, mengaku banyak mendapatkan cibiran dari netizen. 

Banyak dari mereka yang menuding Yudi hanya cari sensasi dengan menjadikan sandal jepit sebagai mas kawinnya. 

"Banyak yang buli juga, mereka (netizen) kita dibilang cari sensasi bermaskawinkan sandal jepit," kata pria sapaan Yudi saat ditemui di rumahnya, Sabtu (5/7/2020). 

Apalagi Yudi merupakan YouTuber, dia menegaskan bahwa tidak ada maksud untuk membuat dirinya menjadi viral. 

"Tidak ada sama sekali niat untuk bikin diri saya ini viral, biar mereka (netizen) berkomentar dia suatu saat dia akan diam," kata Yudi.

Sementara itu Helmi menyebutkan bahwa maskawin sandal jepit memang murni keinginan dirinya supaya tidak menyusahkan sang suami. 

"Tidak nilai storynya, sebenarnya mau dipakai untuk shalat sandal ini, tapi takut rusak, jadi dipajang ajalah," kata Helmi. 

Sebelumnya, Helmi mengaku hanya menginginkan segelas air putih saja untuk menjadi maskawinnya. Helmi berharap dirinya bersama Yudi dapat menjalin hubungan kekeluargaan yang harmonis hingga ajak menjemputnya.

Meski terbilang tidak masuk akal, sebenarnya sikap Helmi ini jadi salah satu wujud ketaatan pada anjuran Rasulullah SAW. 

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Sebaik-baik wanita ialah yang paling murah maharnya." (HR. Ahmad, Ibnu Hibban, Hakim & Baihaqi)

Bahkan, Rasulullah SAW pun pernah menikahkan seseorang yang tak punya apa-apa, hanya dengan mahar hafalan surat Al Quran. 

Hal ini bisa jadi inspirasi dan pesan bagi para wanita, tak perlulah meminta mahar yang terlalu besar hingga membebani sang suami untuk memenuhinya. 

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb