Ternyata Kebiasaan Orang Indonesia ini yang Bikin Diabetes

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 22 Jun 2020

Gorengan dan Kopi - Image from food.detik.com

Ada cara untuk menangkal agar kebiasaan minum kopi dan gorengan tetap sehat

Boleh-boleh saja makan gorengan, tapi gunakan cara yang sehat untuk mengkonsumsinya dan jangan sembarangan ya. Begini cara sehat mengkonsumsinya.

Gorengan dan kopi seringkali jadi perpaduan yang enak untuk dinikmati kala pagi atau sore hari. 

Perpaduan gorengan yang gurih dan kopi yang manis pahit berpadu sempurna di mulut.

Tapi, ternyata ada bahaya dibalik kenikmatan itu, lho! Ternyata makan gorengan sambil minum kopi sangat berbahaya bagi kesehatan.

Mengapa? Untuk mengetahui alasan dibalik itu, mari kita simak penjelasan menurut penelitian berikut ini.

Dapat Memicu Diabetes 
Mengutip dari Tribun Manado, sebuah penelitian menyebutkan dampak negatif yang ditimbulkan jika kita makan gorengan dan minum kopi. 

Dampak negatif tersebut ialah membuat tingginya kadar gula darah dalam tubuh sehingga bisa memicu terserang diabetes.

Hanya mengonsumsi gorengan saja gula darah dalam tubuh bisa meningkat drastis apalagi jika ditambah dengan minum kopi maka gula darah tadi akan bertambah menjadi dua kali lipat.

Peneliti juga menyatakan bahwa gorengan mengandung lemak jenuh yang membuat tubuh kesulitan membersihkan gula dari darah.

Meski telah mengonsumsi gorengan beberapa jam yang lalu, minum kopi dapat menambah tingkat kesulitan pembersihan gula.

“Hal ini menunjukkan bahwa efek makanan tinggi lemak dapat berlangsung hingga berjam-jam,” kata Marie-Soleil Beaudoin dan Terry Graham, peneliti dari University of Guelph, seperti dilansir theglobeandmail.

Gula yang berada didalam darah untuk jangka waktu yang sangat lama bisa membuat berbagai masalah kesehatan seperti risiko diabetes, kerusakan arteri, dan penyakit jantung.

Nah, berikut ini ada beberapa cara sehat dalam mengkonsumsi gorengan.

Cara Sehat Konsumsi Gorengan

Gorengan termasuk salah satu makanan favorit kebanyakan orang Indonesia. Sebab rasanya yang gurih dan enak, membuat kita tak ingin melewatkan sehari pun tanpa gorengan. 

Dan hampir setiap hari menu makanan kita terdiri dari gorengan. Terutama untuk bagian lauk dan pauk. Rasanya kurang sedap jika makan tanpa gorengan. 

Ditambah lagi hampir semua warung dan restoran juga menyediakan menu gorengan. Sehingga hal ini membuat kita sering makan gorengan. 

Karena tak bisa kita hindari 100%, makan gorengan boleh-boleh saja asal menggunakan cara-cara yang sehat ini sehingga tak menimbulkan dampak negatif pada tubuh. 

Lalu bagaimana cara yang sehat untuk konsumsi gorengan? 

Gabungkan dengan Menu Sayuran 

Saat makan siang di warung atau restoran, bila menu yang tersedia hanya gorengan, tak jadi masalah dan tak perlu khawatir. 

Kamu bisa menggabungkan menu gorengan itu dengan sayur-mayur misalnya lalap, sayur bening, sayuran rebusan atau tumisan, gado-gado ataupun karedok. 

Bila memungkinkan, sebelum mengonsumsi gorengan cobalah serap minyaknya dengan tisu. Sehingga bisa mengurangi asupan lemak yang dikonsumsi. 

Pilih Gorengan yang Tebal

Misalnya saja perkedel, empal, ikan, atau ayam goreng karena lebih sedikit menyerap minyak dibandingkan dengan gorengan yang dipotong tipis dan digoreng kering, seperti keripik tempe, keripik bayam, kerupuk ataupun kremes.

Gorengan yang dilapisi tepung juga akan menyerap minyak lebih banyak. 

Hindari Makan Gorengan Setiap Hari 

Jika hari ini kamu makan gorengan, sebaiknya keesokan harinya konsumi makanan yang tidak ada menu gorengannya. Misal soto, sop dan lainnya. 

Makan gorengan dua hari sekali tentunya lebih bijaksana, dibandingkan dengan mengonsumsi setiap hari. 

Menggoreng dengan Minyak Baru 

Menggoreng dengan minyak kelapa ataupun minyak kelapa sawit tidak masalah, asalkan dengan minyak baru. Bukan minyak bekas, apalagi yang warnanya sudah cokelat pekat. 

Setelah selesai menggoreng, tiriskan gorengan sampai tak ada lagi minyak yang menetes. Terakhir serap minyak di gorengan menggunakan tisu khusus untuk makanan. 

Dengan cara ini maka kandungan lemak pada gorengan akan berkurang. Selain itu, kamu bisa gunakan minyak goreng tak jenuh seperti minyak zaitun, kanola, jagung, kedelai, atau minyak bunga matahari untuk mengurangi asupan lemak jenuh.

Makan gorengan boleh-boleh saja asal jangan berlebihan. Dan ingat jangan gabungkan dengan meminum kopi ya, sebaiknya sandingkan gorengan dengan makanan yang lebih sehat seperti buah atau sayur. Minumnya cukup dengan air putih saja.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb