Berkhasiat, Kulit Petai Bisa Jadi Obat untuk 3 Penyakit Mematikan ini

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 29 Jun 2020

Kulit pete - Image from palembang.tribunnews.com

Jangan buang kulit petai 

Seringkali saat kita mengonsumsi petai, kita akan langsung membuang kulitnya. Padahal kulit petai juga bisa dimanfaatkan untuk alternatif pengobatan penyakit ini lo. 

Meski memiliki aroma yang kuat, petai tetap jadi salah satu pilihan favorit teman makan. Bahkan ada yang merasa tidak bisa makan tanpa kehadiran petai sebagai penambah selera.

Tak jarang pula petai dibubuhkan dalam berbagai menu makanan favorit, mulai dari sayur lodeh, oseng, hingga sambal. 

Petai juga dikenal sebagai makanan yang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Seperti halnya vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, kalsium, kalium, natrium, dan sebagainya.

Dilansir dari Kompas.com, petai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya sebagai antidepresan karena mengandung tryptophan.

Kemudian mengandung karbohidrat yang terdiri dari sukrosa, fruktosa, dan juga glukosa. Tapi tahukah kamu, ternyata tak hanya buah petai yang bermanfaat bagi tubuh, kulitnya pun juga bermanfaat loh.

Tapi bukan untuk dimakan, melainkan direbus dan diminum airnya. Air rebusan kulit petai bisa menjadi obat beberapa penyakit, di antaranya :

1. Obat Impotensi

Air rebusan kulit petai ternyata bisa mencegah dan mengobati impotensi. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu merebus air 400 ml dengan potongan kecil kulit pete 1 lanjar. Rebus kulit pete hingga 20 menit. 

Sebaiknya minum rebusan petai saat siang atau malam hari setelah makan. 

2. Obat Asam Urat

Asam urat bukanlah penyakit yang bisa diremehkan sebab penyakit ini mengakibatkan nyeri, pembengkakan, serta rasa panas pada persendian.

Umumnya seseorag di atas 30 tahun bisa terkena penyakit ini, namun tidak menutup kemungkinan peluang asam urat juga akan terjadi pada wanita.

Agar bisa jadi obat asam urat, kamu hanya perlu merebus air dengan kulit petai. Mudah bukan? 

Kemudian konsumsi air rebusan selama 4-7 hari secara teratur dalam keadaan baru atau fresh.

3. Obat Diabetes

Agak beda dari dua penyajian di atas, untuk penyakit diabetes kulit petai direbus dengan ketupat.

Potong kecil-kecil kulit petai lalu masukkan dalam ketupat. Kemudian rebus dengan air dan tambahkan sedikit gula merah.

Jika sudah saring dan minum secara rutin. Mudah bukan? 

Itulah 3 manfaat kulit petai dalam mengobati berbagai penyakit, termasuk masalah impotensi yang bisa dialami pria.

Namun sebelum mengonsumsi petai atau kulit petai, perlu diketahui, bahwa petai mengandung potassium dan zat besi, sehingga konsumsi petai yang berlebihan bisa menyebabkan gagal ginjal dan asam urat.

Meski beberapa manfaat petai seperti di atas bisa didapatkan, kandungan tanin yang tinggi pada petai juga mampu mengurangi kemampuan penyerapan protein.

Oleh sebab itu, konsultasikan lebih lanjut pada dokter jika ingin mengonsumsinya untuk pengobatan. Selain itu batasi pula penggunaan kulit petai sebagi alternatif pengobatan. 

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb