Naudzubillah, Ini 3 Golongan Orang yang Diharamkan Masuk Surga

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 29 Jun 2020

Ilustrasi surga - Image from muslimobsession.com

Jangan sampai kita tergolong di dalamnya 

Ternyata perbuatan buruk yang sering diremehkan ini bisa mengantarkan manusia masuk ke neraka dan diharamkan masuk ke Surga. Naudzubillahi min dzalik. 

Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda, “Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga: pecandu minuman keras, anak durhaka, dan laki-laki yang membiarkan tindak kekejian terjadi di tengah keluarganya.” (HR Ahmad).

Ketiga perbuatan ini termasuk dosa besar yang sangat dilarang oleh Allah SWT. 

Sehingga, tidak heran ketika Allah mengharamkan para pelakunya untuk masuk surga, karena surga tidak pantas ditempati mereka yang melakukan perbuatan-perbuatan tercela tersebut.

Ketika seseorang sudah diharamkan masuk surga oleh Allah, maka tidak ada tempat lainnya baginya kecuali neraka. Na’udzubillahi mindzalik! Berikut tiga golongan yang haram masuk surga.

Pecandu Minuman Keras 

Mereka yang meminum minuman keras telah melakukan tindak kejahatan yakni menghilangkan fungsi akal, padahal akal merupakan karunia Allah yang sangat besar. 

Pecandu minuman keras ataupun narkoba juga termasuk orang yang kufur terhadap nikmat Allah SWT yakni akal yang harusnya dijaga agar tetap berfungsi dengan baik. 

Coba saja bayangkan jika seorang manusia meminum alkhohol dan kehilangan kesadaran, maka ia tak bisa lagi berpikir jernih. Tidak lagi bisa membedakan antara perbuatan baik dan buruk. 

Dengan begitu, seseorang akan dengan mudah melakukan kegiatan keji lainnya, seperti berzina, membunuh, mencuri dan lainnya. Maka tidak salah jika hal ini termasuk dalam kejahatan yang sangat besar. 

Durhaka kepada Orang Tua 

Durhaka kepada orang tua termasuk dosa besar, sebab dengan melakukannya menjadi bentuk bahwa mereka tidak berterimakasih kepada orang yang telah berperan penting dalam hidupnya. 

Setiap orang di dunia ini tentu tidak terlepas dari kebaikan orang tuanya, mulai dari saat mereka kecil, orang tua mendidik, merawat dan membesarkannya hingga dewasa. 

Oleh sebab itu, Allah SWT sangat mengapresiasi perang orang tua. Bahkan Allah SWT memerintahkan kepada kita untuk tidak mengucapkan 'ah' kepada orang tua sebagaimana ayat berikut ini: 

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS Al Israa ayat 23)

Laki-laki yang Membiarkan Tindak Kekejian Terjadi di Keluarganya 

Sebagai contoh adalah seorang suami yang membiarkan istrinya ghibah, memfitnah, mengumbar aurat di luar rumah, tidak shalat, meninggalkan perintah allah yang lain. 

Allah SWT memerintahkan kita untuk saling mengingat dan tolong menolong dalam kebaikan. Termasuk dengan mengingatkan kepada anggota keluarga kita. 

Apalagi jika hal ini dilakukan oleh seorang ayah atau kepala keluarga di rumah. Jadi pantaslah jika orang yang melakukannya diharamkan untuk masuk surga. 

Itulah 3 golongan yang diharamkan masuk surga. Semoga kita semua tidak tergolong diantara mereka dan termasuk golongan orang yang layak masuk dalam surga. Aamiin.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb