Tiba-tiba Hamil Lagi, Walau Belum Ingin Jangan Bersedih, Ingat Janji Allah ini

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 15 May 2020

Ayah, Bunda hamil lagi... 

Anak belum 2 tahun, sudah hamil lagi. Memang perlu disyukuri, namun ini diluar rencana. Bagaimana nanti dengan biaya persalinan, susu, popok, pendidikan, dan berbagai kerepotan lainnya? 

Sebelum mengeluh dan merasa terbebani, ingat janji Allah ini Bun atas kehadiran anak dalam kandungan. Sebaiknya Ayah Bunda mengingat janji Allah ini...

Setiap Makhluk Sudah Punya Jatah Rezeki 

Allah sudah berfirman di Al Quran, sebagaimana bunyi ayat berikut ini: 

“Dan tidak ada satu makhluk melata pun di bumi ini kecuali Allah-lah yang menanggung rizkinya.” (QS. Hud: 6)

“Berapa banyak hewan yang tidak dapat membawa (mengurus) sendiri rizkinya tapi Allah lah yang memberikan rizkinya dan juga memberikan rizki kepada kalian.” (QS. Al-Ankabut: 60)

Baca juga : Ingin Diperlakukan Seperti Berlian, Wanita ini Mantap Masuk Islam

Dari ayat diatas jelas kita ketahui, bahwa Allah SWT akan menanggung semua rezeki atas makhluk hidup yang tinggal di bumi, hewan dan bahkan manusia. 

Jadi jika Bunda tiba-tiba hamil diluar rencana, tak perlu khawatir dengan beban biaya yang akan dikeluarkan untuk melahirkan, merawat dan juga mendidik anak. Inshaallah itu semua sudah ada jatahnya masing-masing. 

Allah Melarang Ortu Membunuh Anak karena Takut Miskin 

Bahkan dengan tegas Allah SWT melarang orang tua membunuh anak-anaknya hanya karena takut miskin. Sebab Allah yang akan memberikan rezeki kepada keluarga dan termasuk anak-anak tersebut. 

وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ مِنْ إِمْلَاقٍ نَحْنُ نَرْزُقُكُمْ وَإِيَّاهُمْ

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anak kamu karena takut kemiskinan, Kami akan memberi rezki kepadamu dan kepada mereka.” (QS. Al An’am: 151)

Rezeki Allah Sangat Melimpah 

Ayah dan Bunda tak perlu takut akan kesulitan ekonomi dengan adanya anak. Sebab ketahuilah rezeki Allah itu sangat luas lagi melipah. 

Kita bisa mencarinya dimanapun berada dan dengan penuh keyakinan bahwa Allah telah sediakan untuk setiap jiwa atas rezekinya di dunia. 

Bahkan bagi orang-orang yang bertaqwa, Allah bisa datangkan rezekinya dari arah yang tidak diduga-duga dan Allah cukupkan kebutuhannya. Sebagaimana bunyi ayat ini. 

“…. Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yg tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS.Ath-Thalaq:2-3)

Tapi ingat, rezeki ini tak diberikan kepada semua orang. Hanya orang-orang tertentu yang bisa mendapatkannya, yakni orang yang bertawakkal. 

Rezeki ini akan Allah berikan dari sumber yang tak disangka-sangka oleh orang yang mendapatkannya. 

Sangat mungkin jika rezeki itu tiba-tiba datang saat kita sangat membutuhkannya. Atau bisa juga datang disaat kita berkecukupan dengan tujuan menjadi ujian bagi kita. 

Yang jelas, Allah berikan rezeki ini sebagai bentuk cinta kasih pada hamba-Nya yang taat pada perintah dan larangannya. Tak berlebihan jika rezeki ini disebut sebagai hadiah dari Allah untuk orang-orang yang tawakkal.

Jangan Lupa Bersyukur 

Dan terakhir, hal yang membuat rezeki kita terus bertambah adalah tidak pernah henti untuk mengucap syukur kepada Allah. Baik sedikit atau besar rezeki yang didapatkan. 

Sebab janji Allah pada orang-orang yang bersyukur adalah Allah akan menambahkan nikmat dan rezeki-Nya kepada mereka. Dan azab yang pedih bagi orang-orang yang tak bersyukur. 

“… Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Itulah Janji Allah kepada hamba-Nya. Tak perlu takut akan ditimpa kemiskinan, melainkan teruslah berusaha untuk mencari rezeki, berdoa kepada Allah, bersyukur atas nikmat yang didapatkan dan bertawakkal. 

Inshaallah kemiskinan tak akan hadir dalam hidupmu. Jadi, marilah senantiasa meningkatkan iman dan takwa serta ibadah kita kepada Allah SWT.

Niscaya berbagai kebaikan, nikmat dan rezeki akan mengalir sejalan dengan usaha kita untuk terus mendekatkan diri kepada-Nya.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb