Luar Biasa, Madu Makanan Sunnah Nabi yang Kaya Khasiat

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 20 May 2020

Tak perlu diragukan lagi.. 

Madu sudah tercatat di Al Quran sebagai penyembuh. Bahkan Nabi Muhammad juga menjadikan madu sebagai minuman rutinnya. Lantas apa saja khasiatnya?

Madu memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan yang sudah teruji secara klinis. 

Selain terbukti secara ilmiah, mengonsumsi madu juga dianggap baik karena sejalan dengan ajaran dalam Islam. Ajaran untuk konsumsi madu terdapat di Al Quran dan Hadist Nabi Muhammad.

Ustaz Febri Sugianto menjelaskan khasiat madu tsudah tertulis berabad-abad yang alu di Al Quran. Tepatnya pada Surat An Nahl ayat 68-69. 

"Madu sudah jelas terdapat dalam surat An Nahl ayat 68-69. Kalau bahasa dalam Alquran, maka madu itu terbagi tiga yakni ada madu gunung; madu hutan; dan hasil ternak manusia," kata Febri, Rabu (20/11).

Baca juga : Yuk, Coba Resep Opor Ayam Lebaran Spesial yang Gurih dan Sedap

Berikut adalah arti dari surat An-Nahl ayat 68-69 

"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia, “kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa madu merupakan obat yang dapat menyembuhkan bagi manusia. Madu merupakan satu dari empat asy syifa atau penyembuh penyakit yang tertulis di Al Quran. 

"Asy syifa dalam Alquran itu ada empat, satu wujudnya madu, tiga lagi adalah Alquran itu sendiri," ungkap Febri yang mendalami ilmu mengenai herbal.

Selain tertulis di Al Quran, Nabi Muhammad pun sering memberikan teladan mengonsumsi madu. Bahkan madu menjadi minuman rutin yang dikonsumsi sang Rasulullah setiap hari. Madu disebut sebagai kunci hidup sehat Nabi Muhammad.

"Apa yang menyebabkan Nabi (hidup) sehat, karena setiap bangun sebelum masuk apapun, selalu konsumsi madu. Dicampur dua sendok makan madu dengan sedikit air hangat," ucap Febri. 

Secara klinis, Febri menjelaskan madu dapat berfungsi sebagai prebiotik yang baik untuk sistem pencernaan dan pengganti enzim saat sedang tidur. 

Madu juga dapat mengubah karakter air menjadi alkali yang baik untuk sistem pencernaan. 

"Itu rahasia Nabi tidak pernah sakit dari dalam, tapi dari luar," ujar Febri.

Semasa hidup, Nabi Muhammad hanya pernah dua kali merasa sakit. Sakit tersebut tidak datang dari dalam tubuhnya melainkan karena sihir dan racun.

Madu juga memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membuat tubuh terhindar dari berbagai kuman penyakit. 

Madu juga terbukti dapat menghilangkan rasa nyeri 10 kali lipat lebih baik dibandingkan morfin. 

Madu juga memiliki khasita lainnya diantaranya menguatkan sistem imun tubuh, menjadi sumber energi bagi tubuh, meredakan flu dan batuk, mengurangi potensi diabetes, mencegah kanker, penyakit jantung dan strok, menjaga kulit lebih sehat dan ampuh menyembuhkan luka. 

Sangat banyak kan khasiatnya bagi tubuh? 

Jadi Bun, jangan ragu lagi untuk memasok madu di rumah. Tentunya madu akan sangat berperan untuk jaga kesehatan keluarga, utamanya di musim pandemi seperti saat ini. 

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb