Heboh, Aplikasi Raqib Atid, Benarkah Bisa Catat Dosa dan Pahala Secara Otomatis?

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 11 May 2020


Ada-ada aja...

"Malaikat Raqib Atid menangis melihat ini" ujar salah seorang netizen. Aplikasi ini ternyata memungkinkan kita untuk mencatat dosa dan pahala setiap hari. Gimana cara kerjanya?

Kecanggihan teknologi yang terus berkembang, membuat orang-orang seolah-olah ingin menyaingi ciptaan Tuhan. Mulai dari pembuatan robot yang bisa berperan sebagai manusia hingga adanya aplikasi-aplikasi baru nan tak biasa. 

Terkadang hal ini memang memudahkan manusia dalam berbagai aktivitas keseharian. Namun ada pula aplikasi yang aneh bin ajaib. Salah satunya adalah yang baru-baru ini membuat heboh di jagad dunia sosial. 

Ya, Aplikasi Raqib Atid namanya, aplikasi yang tersedia di Google Play Store membuat publik heboh, sebab aplikasi ini menawarkan penggunanya bisa mencatat pahala dan dosa secara manual. 

Seperti yang kita tahu bahwa Raqib dan Atid merupakan nama malaikat dalam ajaran agama Islam yang bertugas untuk mencatat amal perbuatan manusia, baik dosa maupun pahala.

Aplikasi ini pun viral di media sosial. "Sekarang malaikat Raqib-Atid hadir dalam bentuk aplikasi buat itung dosa sama pahala kita," cuit akun Twitter @mazzini_gs pada Jumat (8/5).

1. Netijen: "Malaikat Raqib dan Atid menangis melihat ini"

Sontak postingan @mazzini_gs mendapat berbagai respons dari netize. Seperti akun @rista yang berpendapat malaikat akan menangis jika tahu ada aplikasi tak biasa itu. 

"Malaikat Raqib dan Atid menangis melihat ini," cuitnya.

Namun banyak juga yang menilai aplikasi tersebut memungkinkan bisa meringankan pekerjaan malaikat. Ada pula yang mengatakan aplikasi ini tercipta karena tak ada kerjaan selama di rumah. 

"Saking gabutnya netijen indo sampe bantuin malaikat nyatet amal manusia," cuit akun @nurmalitaa.

2. Berfungsi membantu menjadi pribadi yang lebih baik

Berdasarkan penelusuran IDN Times, aplikasi Raqib Atid di Play Store dibuat oleh pengembang Mahmud Fauzi dan sudah dirilis sejak sejak 28 April 2020. 

Dalam deskripsi terdapat penjelasan bahwa aplikasi tersebut membantu manusia untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

"Aplikasi yang dapat membantu Anda menjadi pribadi yang lebih baik, dengan mencatat kesalahan dan kebaikan Anda tiap hari serta memberi Anda ringkasan dan grafik kesalahan serta kebaikan Anda setiap hari," tulis deskripsi di aplikasi Raqib Atid tersebut.

3. Tawarkan fitur yang bisa mencatat dosa dan pahala secara manual

Aplikasi ini menawarkan fitur yang bisa mencatat dosa dan pahala secara manual. IDN Times mencoba aplikasi Raqib Atid di smartphonen. 

Saat membuka aplikasi Raqib dan Atid, sebuah laman untuk mencatat dosa dan pahala langsung muncul di muka. 

Terlihat juga ada berbagai jenis dosa sudah ada dalam kategori yakni ghibah, berbicara kotor, membantah orang tua, ingkar janji, mencuri, dan jenis dosa lainnya. Pengguna aplikasi juga bisa menambahkan jenis dosa lainnya di fitur tambah dosa.

Sama halnya dengan dosa, di kategori pahala juga sudah ada kategori yakni zikir, salat, sedekah, bantu orang, baca Al Quran, bantu ortu dan puasa, pengguna aplikasi juga bisa menambah jenis pahala lainnya. 

4. Jadi tahu persentase dosa dan pahala tiap hari

Tidak hanya mencatat, aplikasi ini juga akan menunjukkan persentase dosa dan pahala berdasarkan jenis-jenisnya dalam bentuk diagram lingkaran. 

Selain itu di menu start, ada statistik perbuatan dosa dan pahala per kategori setiap hari dan jenisnya. Misalnya statistik untuk jenis dosa ghibah, ingkar janji, dan dosa lain yang sudah dicatatkan tiap harinya. 

Jika mengambil positifnya mungkin aplikasi ini dibuat hendak mengingatkan setiap orang atas amal perbuatannya selama sehari-hari. Sudahkah lebih baik dari kemarin dan mungkin bisa jadi pengingat untuk senantiasa menyiapkan perbekalan akhirat. 

Namun alangkah lebih baiknya untuk menambah fitur taubat untuk menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Gimana menurutmu? 

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb