Bunda, Ini Cara Sederhana dan Berefek Dahsyat agar Anak Mahir Baca Al Quran

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 05 May 2020

Bunda, Ini Cara Sederhana dan Berefek Dahsyat agar Anak Mahir Baca Al Quran

Ilustrasi - Image from www.madaninews.id

Kok sulit ya, ajarkan anak baca Al Quran? 

Pernah gak sih Bunda mengalami itu? Nah ternyata Bunda, ada cara yang mudah dan sederhana lho untuk ajarkan anak baca Al Quran. Cara ini disampaikan oleh pakar parenting Islami dan juga didukung oleh Ustad Abdul Somad. 

Semua orang tua muslim pasti menginginkan anak-anaknya menjadi saleh dan salehah. Salah satu yang diharapkan orang tua adalah menjadikan anak pintar membaca Alquran. 

Biasanya orang tua meminta anak untuk mengaji di TPAQ terdekat di sekitar rumah. Atau membayar jasa guru ngaji untuk mengajarkan anak membaca Al Quran di rumah. 

Padahal sebenarnya, Bunda bisa lho mengajarkan secara mandiri pada anak. Selain bisa membangun kedekatan dengan anak, Bunda juga bisa mengetahui karakter dan perkembangan anak. 

Nah, Bunda jangan khawatir akan kesulitan untuk menghadapinya. Sebab ada cara yang sederhana dan mudah yang lho untuk ajarkan anak membaca Al Quran. 

Ada salah satu cara paling sederhana yang bisa Bunda lakukan ketika mengajari anak membaca Alquran.

Pakar Parenting Islami : Kenalkan Anak dengan Al Quran Menjelang Tidur

Dikatakan Mohammad Irsyad, M.Pd.I, pakar parenting Islami, mengenalkan anak-anak pada Al Quran, termasuk hal yang sangat penting. Sebab, Alquran berisi pedoman dan panduan bagi manusia untuk menjalani kehidupan.

Irsyad juga menjelaskan, cara paling sederhana mengajarkan anak membaca Al Quran adalah membiasakan membacakan ayat suci Al Quran saat anak-anak mau tidur.

"Karena pada saat ini, anak dalam kondisi rileks, sehingga mampu menyerap informasi lebih banyak dan maksimal," kata Irsyad, dalam buku 105 Inspirasi Nabi dalam Mendidik Anak.

Menurutnya, saat orang tua membacakan Alquran menjelang tidur, ajaibnya otak anak akan tetap mengolah informasinya ketika tidur. Sehingga akan tersimpan dalam pikiran alam bawah sadarnya.

"Semakin banyak informasi yang diingat, maka anak tidak akan asing dengan kata-kata atau ayat yang ada pada Alquran," tuturnya.

Metode pengajaran ini, kata Irsyad, juga bisa dipraktikkan saat anak masih dalam kandungan. Sebab, sejak di kandungan berusia 5 bulan, indra pendengaran anak sudah mulai berfungsi.

"Telah banyak yang membuktikan metode yang kelihatannya sederhana, tapi memiliki efek yang dahsyat," kata Irsyad.

Ketika anak sudah mulai belajar membaca, Bunda bisa mengajarkan anak mengenal dan mempelajari huruf-huruf hijaiyah. Bertahap hingga mengajarkan anak membaca Al Quran. 

"Jangan lupa senantiasa mendoakannya agar diberi kemudahan dalam belajar membaca Alquran," imbuh Irsyad.

UAS : Kenalkan Anak dengan Al Quran Sejak dalam Kandungan

Terkait mendidik anak dalam mempelajari Alquran, dijelaskan Ustaz Abdul Somad (UAS), sebaiknya anak sudah dikenalkan dengan Al Quran sejak dalam kandungan. 

Ia pun mengatakan, perempuan salehah akan membacakan ayat Al Quran sejak anaknya masih berada di dalam kandungan. 

"Mendidik anak itu sejak mencarikan calon ibunya. Karena bibit yang baik ditanam di tanah yang subur, akan tumbuh bunga-bunga cantik dan indah, harum semerbak," jelas UAS, dikutip dari tayangan Kiat Mendidik Anak di YouTube channel Bujang Hijrah.

UAS menganalogikan dengan tumbuhan, kalau bibit itu ditanam di tanah yang tandus, akan tumbuh pohon kaktus yang tidak indah dipandang, dicium tidak harum, durinya pun menusuk hidung.

"Oleh sebab itu carilah perempuan yang salehah. Kalau istri yang salehah, dia hamil, saat memasak sambil membaca ayat Alquran," ucapnya.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb