WHO Larang Berjemur di Jam 10 Pagi, Catat Waktu yang Cocok ini

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 06 Apr 2020

WHO Larang Berjemur di Jam 10 Pagi, Catat Waktu yang Cocok ini

Ilustrasi berjemur - Image from wajibbaca.com

Berjemur boleh tapi jangan sembarangan. 

Untuk menguatkan daya tahan tubuh, kita perlu berjemur. Namun hati-hati, jangan sampai Anda berjemur pada waktu-waktu yang tidak tepat. Sebab hal ini bisa memicu timbulnya kanker yang berbahaya. 

Imunitas atau daya tahan tubuh yang kuat adalah kunci untuk melawan berbagai macam penyakit. 

Saat pandemi corona, berjemur dianjurkan oleh para pakar kesehatan untuk menguatkan imunitas atau kekebalan tubuh. 

Baca juga : ODP yang Tak Taati Peraturan Terancam Pidana dan Karantina Paksa

Tak usah heran, banyak orang yang membiasakan diri untuk berjemur. Sebab sinar mentari pagi menghasilkan zat yang sangat bermanfaat, yaitu sinar ultraviolet.

Saat mengenai permukaan kulit langsung (tanpa terhalang pakaian), sinar UV tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. 

Vitamin D tersebut dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf.

Kondisi itu jelas sangat bermanfat sebab tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin D sendiri oleh tubuh, jadi tubuh hanya bisa mendapatkannya dari luar. 

Kalaupun ada makanan yang mengandung vitamin D, terbatas hanya dari jenis-jenis makanan tertentu saja, tidak bisa diperoleh dari semua makanan. 

Artinya, berjemur di terik sinar matahari pagi adalah cara murah meriah untuk menyuplai vitamin D ke dalam tubuh.

Kecukupan asupan vitamin D bagi tubuh dapat menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit seperti rematik, TB, diabetes, dan penyakit lainnya. 

Sedangkan kekurangan vitamin D pada anak-anak dapat mengakibatkan penyakit rakitis.

Selain itu, sinar matahari berperan penting di dalam menjaga dan merawat kesehatan kulit Anda. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan paparan sinar matahari dapat mengatasi berbagai masalah kulit. 

Jangan Berjemur pada Waktu ini 

Hanya saja, tidak di semua waktu kita bisa berjemur. Oleh sebab itu harus berhati-hati dalam memilih waktu yang tepat. 

Hindari berjemur pada kisaran pukul 10.00-16.00 karena dapat mengakibatkan kerusakan kulit serta meningkatkan risiko timbulnya kanker kulit.

Tak usah heran, WHO tak menganjurkan berjemur pada saat jam 10 pagi. Hal ini dikarenakan kadar indeks Ultra Violet (UV) pada jam 10 ke atas adalah sangat tinggi, yakni mencapai angka 5 sehingga kadarnya sangat kuat.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk berjemur sesuai referensi World Health Organizaition (WHO) yaitu di bawah jam 10 pagi karena kadar UV Indeks di angka 3, jadi masih tergolong aman untuk tubuh dan kulit. 

Kanker kulit atau melanoma banyak ditemukan pada seseorang yang sering terpapar sinar matahari langsung.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb