Suami, dengan Membantu Istrimu, Tak Akan Menurunkan Derajatmu

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 16 Apr 2020

Suami, dengan Membantu Istrimu, Tak Akan Menurunkan Derajatmu

Wahai suami bantulah pekerjaan istrimu

Suami merasa malu dan enggan untuk bantu tugas istri? Ketahuilah bahwa Rasulullah SAW ketika di rumah ikut membantu urusan rumah tangga di rumah dengan Aisyah, istrinya. Beliau tak eggan memperbaiki sendal, menjahit baju dan juga mengambil air. 

Dalam budaya di masyarakat kita, istri biasanya diberikan tanggung jawab untuk mengurusi masalah rumah tangga. Mulai dari memasak, mencuci baju, mencuci piring, menyetrika, dan lainnya. 

Bahkan ketika suami terlihat mencuci baju atau membantu pekerjaan istrinya, banyak orang yang berpandangan sinis. Misalnya, 'loh suaminya kok malah disuruh cuci baju', 'kasihan suaminya, istrinya malah santai-santai' dan banyak lagi lainnya. 

Namun, ada pula yang berpandangan positif, seperti 'suaminya sangat sayang ke istri', 'hebat sekali suaminya' dan lain-lain. 

Baca juga : Jangan Berkata Kasar Pada Istrimu! Supaya Hidupmu Diberkahi

Rasulullah SAW Teladan Suami Mulia 

Tahukah kamu para suami? Jika ingin menjadi suami yang baik, tak perlu bingung mencari panutan. Rasulullah SAW adalah panutan yang tepat untuk menjadi suami yang baik. 

Ketika di rumah, Rasulullah SAW tak segan membantu istrinya melakukan pekerjaan rumah tangga. Sebagaimana yang tertuang dalam hadist berikut ini : 

  سألت عائشة ما كان النبي صلى الله عليه وسلم يصنع في أهله قالت كان في مهنة أهله فإذا حضرت الصلاة قام إلى الصلاة 

“Aku pernah bertanya kepada Aisyah: Apa yang dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam di rumahnya? Aisyah berkata: Beliau membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, maka apabila telah masuk waktu shalat beliau keluar untuk shalat.” (HR. Al-Bukhari).

عن عروة قال قُلْتُ لِعَائِشَةَ يَا أُمَّ الْمُؤْمِنِيْنَ أي شَيْءٌ كَانَ يَصْنَعُ رَسُوْلُ اللهِ  صلى الله عليه وسلم  إِذَا كَانَ عِنْدَكِ قَالَتْ مَا يَفْعَلُ أَحَدُكُمْ فِي مِهْنَةِ أَهْلِهِ يَخْصِفُ نَعْلَهُ وَيُخِيْطُ ثَوْبَهُ وَيَرْفَعُ دَلْوَهُ 

Urwah berkata kepada Aisyah, “Wahai Ummul Mukminin, apakah yang dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika ia bersamamu (di rumahmu)?”, Aisyah berkata, “Ia melakukan (seperti) apa yang dilakukan oleh salah seorang dari kalian jika sedang membantu istrinya, ia memperbaiki sendalnya, menjahit bajunya, dan mengangkat air di ember” (HR Ibnu Hibban).

Peran Suami Ketika Berada di Rumah 

Nah para suami, sebaiknya ketika sedang di rumah, luangkan waktumu untuk membantu istrimu melakukan pekerjaan rumah tangga. 

Apalagi jika istri juga sibuk bekerja, maka suami juga harus membantunya ketika di rumah. 

Sebab jika semua beban pekerjaan rumah tangga dibebankan ke istri tentu ia akan kewalahan dan kelelahan yang luar biasa. Belum lagi harus mengurusi anak-anak dan lainnya. 

Ketika di rumah, suami bisa membantu istri dengan ikut mengepel rumah, mencuci piring atau mencuci baju. 

Selain itu, suami juga bisa membantu istri dengan mendidik anak dan membimbing mereka dalam mengerjakan tugas. Selain meringankan beban istri, hal ini juga bisa mendekatkan hubungan ayah dengan anaknya. 


Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb