Merasakan Hal ini? Tandanya Hubungan Rumah Tanggamu Bermasalah

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 17 Apr 2020

Merasakan Hal ini? Tandanya Hubungan Rumah Tanggamu Bermasalah

Ilustrasi pertengkaran orang tua - Image from www.cikimm.com

"Rumah tanggaku kok begini?"

Keluarga lain tampak damai dan tenteram. Tidak pernah melihat mereka beradu mulut. Sedangkan keluarga sendiri? Suami sering marah, bertengkar bahkan main tangan.

Dalam berumah tangga, tentunya setiap pasangan akan dihadapkan dengan berbagai masalah dan dinamika. Tidak ada rumah tangga yang berjalan mulus seraturs persen. 

Dari proses tersebut, biasanya pasangan akan sama-sama berbenah dan memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik. Tidak selamanya masalah akan berdampak buruk, namun juga bisa efektif mempererat hubungan dengan pasangan. 

Tetapi hati-hati, meskipun berupaya sebaik mungkin untuk berbenah, jika berada di toxic relationship atau hubungan yang bermasalah. Maka akan sulit untuk menyelesaikannya. 

Oleh sebab itu, kenali ciri-ciri hubungan rumah tangga yang bermasalah, seperti berikut ini : 

Baca juga :  Suami Bunda Suka Bohong, ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Pasangan Melakukan Kekerasan Fisik

Ciri ini adalah salah satu pertanda paling utama bahwa hubungan Anda sedang bermasalah. Kekerasan fisik adalah ketika pasangan menggunakan dirinya atau benda lain untuk mengontrol dan menyakiti Anda. 

Misalnya, memukul, menendang, melempar, menampar, dan lain sebagainya. 

2.  Pasangan Selingkuh 

Tidak ada wanita yang tidak sakit hati jika suaminya selingkuh. Kecuali istri itu memang sudah tak mencintai lagi suaminya. Selingkuh biasanya diikuti dengan kebiasaan berbohong. Pasangan akan melakukan segala bentuk kebohongan untuk menutupi perbuatan salahnya tersebut. 

Lalu hal ini akan merembet pada hilangnya kepercayaan, di mana kepercayaan ini amat penting sebagai landasan suatu hubungan.Di satu sisi, walaupun sakit hati, Anda tidak ingin berpisah. Namun di sisi lain, Anda akan terus dihantui dengan rasa curiga, cemburu dan kekhawatiran bahwa pasangan akan berselingkuh lagi. 

3. Komunikasi yang Buruk 

Selain untuk membangun ikatan, komunikasi yang baik juga diperlukan untuk meluruskan kesalahpahaman yang terjadi. Biasanya, pasangan yang sehat akan membicarakan suatu masalah yang ada pada hubungan mereka. 

Namun, jika Anda mulai saling berdiam diri atau lebih memilih memendam masalah, maka jelas hubungan Anda sedang bermasalah. Sebab komunikasi adalah hal kunci dalam menjalin hubungan dengan siapapun. 

4. Pasangan Menjaga Jarak 

Pada umumnya, pasangan akan sangat senang jika menghabiskan waktu bersama. Namun pada hubungan yang bermasalah, pasangan Anda justru sibuk dengan urusannya sendiri. 

Bahkan jika di rumah, pasangan beraktivitas di ruangan lain, untuk menghindari bertemu dengan Anda. Maka hal ini juga bisa jadi pertanda bahwa hubungan rumah tangga bermasalah

5. Sering Bertengkar Hebat dengan Pasangan 

Di dalam sebuah hubungan, bertengkar atau beradu pendapat adalah hal yang biasa. Tapi jika Anda sudah sering bertengkar hebat, misalnya memaki satu sama lain, merusak benda di sekitar Anda atau bahkan saling menyakiti secara fisik, maka artinya hubungan Anda sedang dalam masalah. 

Namun, Anda juga mesti bisa mengenali, perbuatan atau perkataan buruk yang diucapkan pada Anda, apakah disengaja oleh pasangan (untuk menyakiti Anda) atau sebagai pelampiasannya saja. 

Apa pun niatnya, perlakuan dan ucapan buruk tidak semestinya ada dalam sebuah hubungan. Seseorang bisa saja memaafkan, tapi hal tersebut akan terus membekas dalam ingatan. Bahkan bisa menjadi trauma.     

6. Anda Melakukan Semua Hal Sendiri 

Dalam hal sekecil apa pun, sepatutnya kita sebagai pasangan bisa bekerja sama. Tapi jika pasangan tidak mau membantu mengurus keuangan, tidak mau bantu meringankan tugas rumah, tidak mau membantu anak menyelesaikan pekerjaan rumahnya, artinya ada masalah dalam hubungan Anda.

Apalagi jika ditambah dengan nafkah yang tidak cukup. Suami menganggur atau tidak mau mencari penghasilan tambahan untuk menutupi kebutuhan keluarga. Dan masalah pemasukan pun dibebankan pada Anda.

7. Pasangan Tidak Peduli dengan Anda 

Pasangan selalu menghentikan Anda ketika berusaha menyampaikan suatu pendapat. Dia terlihat enggan mendengarkan bahkan memberikan solusi atas masalah yang dihadapi. 

Parahnya pasangan bertindak seperti ingin lari dari masalah dan membiarkan pasangannya yang lain yang menyelesaikannya.

8. Mendapatkan Kritik yang Berlebihan dari Pasangan 

Saran dan kritik itu memang perlu untuk keberhasilan suatu kerjasama. Namun yang kita butuhkan ialah saran dan kritik yang membangun serta memberikan solusi, karena tujuannya adalah menjadikan kita lebih baik lagi. 

Jika pasangan seringkali mengkritik Anda, bahkan untuk hal-hal yang sederhana. Misalnya mengkritik gaya rambut Anda, gaya berpakaian Anda, masakan, dan lain-lain. Hampir semua hal di diri Anda dikritik. 

Mungkin itu adalah tanda dari hubungan yang bermasalah. Sebab kritik dan komentar seperti di atas bisa mengganggu kepercayaan dan harga diri Anda. 

9. Pasangan Cemburu Berlebih Terhadap Anda 

Cemburu terhadap pasangan adalah hal biasa, dan justru menjadi bumbu-bumbu cinta. Tapi, kecemburuan ini juga perlu dicari tahu penyebab dan kadarnya. 

Jika Anda dekat dengan lawan jenis karena urusan pekerjaan dan tidak lebih, kemudian pasangan cemburu hingga marah-marah dan melarang Anda keluar rumah. Maka hal ini jadi tanda bahwa cemburu tersebut sudah berlebihan dan tak berdasar.

Apalagi jika Anda sudah menjelaskan terkait hubungan tersebut dan terbuka tentang siapapun yang dekat dengan Anda, namun suami tetap tidak percaya. Berarti hubungan Anda memang dalam masalah. 

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb