Kunci Resep Ayam Goreng Bisa Empuk dan Super Renyah 

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 24 Apr 2020

Kunci Resep Ayam Goreng Bisa Empuk dan Super Renyah 

Ayam Goreng - Image from selerasa.com

Goreng ayam kok selalu keras sih? 

Pernah gak Bunda mengalaminya? Sudah mencoba segala macam cara, tapi daging ayam masih keras dan alot. Nah coba bunda coba tips jitu ini, dijamin ayam goreng buatan Bunda empuk tapi tetap renyah.

Ayam goreng adalah menu andalan kesukaan keluarga. Tapi, terkadang ayam goreng yang dibuat sendiri terlalu kering, bahkan bertekstur keras. 

Si kecil jadinya kesulitan makan ayam goreng karena teksturnya yang alot. Lalu, bagaimana ya caranya menggoreng ayam supaya empuk tapi tetap renyah ya?

Untuk membuat ayam goreng yang empuk kuncinya adalah menjaga kadar air di dagingnya. Ada beberapa tips yang bisa Bunda ikuti nih ketika menggoreng ayam.

Baca juga : 5 Resep Makanan Berkuah Khas Berbagai Daerah Pas Buat Buka Puasa

Berikut 5 tips agar ayam goreng buatan Bunda, empuk dan super renyah :

1. Kukus sebelum digoreng

Mengukus atau steam ayam berguna untuk mengeluarkan lemak yang ada di bawah kulit daging. 

Serta membantu membuat kulit ayam tetap menjadi kering ketika digoreng. Air yang tersisa di kulit ayam akan menguap dan membuat kulit ayam menjadi garing.

Sedangkan bagian dalam ayam, akan tetap empuk dan juicy. Sehingga, Bunda mendapatkan ayam goreng yang renyah sekaligus empuk.

2. Simpan di lemari es semalaman

Kalau tidak mau mengukus ayam, Bunda bisa mendiamkan ayam di kulkas selama semalaman.

Udara dingin di dalam kulkas akan membantu menjaga kadar air di daging ayam. Sehingga ketika digoreng, ayam tetap empuk. 

3. Pilih alat masak yang tepat

Ukuran dan bentuk wajan juga merupakan faktor yang penting untuk menggoreng ayam. Panci yang lebih dalam cenderung menahan kadar air di daging ayam dan membuat semua permukaan daging terendam minyak.

Makanan yang dimasak di wajan cekung memiliki suhu konstan yang dapat membantu menjaga daging ayam tetap empuk. 

Sedangkan, wajan yang datar akan membuat makanan lebih banyak terpapar udara dan uap air lebih mudah hilang. Sehingga, ayam menjadi kering.

4. Masak di suhu yang tepat

Jangan menggoreng ayam ketika minyak belum panas. Kandungan air dalam daging ayam akan banyak menguap ketika minyak dipanaskan.

Sebaiknya, tunggu wajan hingga panas, kemudian baru masukkan daging ayam. Sehingga, ayam bisa matang tanpa kehilangan kadar air di dalamnya.

5. Basting

Basting adalah proses menuangkan minyak atau mentega ke daging ayam ketika memasak. Basting membantu ayam tetap empuk dan juicy. 

Ini membantu mendistribusikan kadar air secara merata ketika menggoreng.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb