Tips Ampuh Tinggikan Badan Anak Secara Alami, Walau Sudah Keturunan

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 22 Apr 2020

Tips Ampuh Tinggikan Badan Anak Secara Alami, Walau Sudah Keturunan

Ilustrasi - Image from lifestyle.okezone.com

Jangan khawatir punya anak pendek

Tak jarang Bunda menjadi cemas ketika melihat pertumbuhan anak yang kurang tinggi jika dibandingkan teman-teman sebayanya. 

Namun jangan khawatir Bunda, ini tips untuk tinggikan badan anak secara alami.

Meski faktor genetika menjadi penentu tinggi badan anak, namun ada faktor lain yang bisa diusahakan untuk bisa membantu tinggi badan anak. 

Biasanya sih, remaja dalam masa pubertas yang khawatir tentang tinggi badannya. 

Sepanjang sejarah hingga sekarang, dokter, perusahaan dan peneliti telah menawarkan berbagai jenis perawatan untuk menambah tinggi seseorang. 

Mulai dari minum suplemen, meningkatkan aktivitas harian, operasi dan lainnya. 

Sehingga, adakah metode yang bisa membantu menambah tinggi badan?

Baca juga : Anak Jadi Sering Marah Akibat Di Rumah Aja? Ini Cara Mengatasinya

Dikutip dari Flo Health, ada banyak faktor yang menentukan tinggi badan. Selain genetika, lingkungan dan gaya hidup juga berperan dalam pertumbuhan masa kanak-kanak hingga remaja.

Misalnya, nutrisi yang juga punya peran dalam menentukan tinggi badan. Para ilmuwan berteori bahwa nutrisi yang baik bisa menjadi alasan utama rata-rata tinggi seseorang meningkat signifikan selama beberapa abad terakhir ini. 

Itulah mengapa penting untuk memberikan buah hati makanan yang bergizi sejak mereka lahir. 

Tulang tumbuh aktif saat kanak-kanak, namun mulai pubertas, perubahan hormon akan membuat pelat pertumbuhan (lempeng epifis atau area tulang rawan khusus di dekat ujung tulang) mengeras dan menutup. Hal ini menyebabkan pertumbuhan tulang berhenti. 

Area itu biasanya berhenti berkembang sekitar usia 16 tahun pada anak perempuan, dan pada anak laki-laki antara usia 14-19 tahun.

Ketika dewasa, anak masih bisa mengalami variasi pertumbuhan tinggi badan namun sangat sedikit. Lalu bagaimana cara alami untuk menambah tinggi badan?

Cara-cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami 

Tak perlu lewat jalan operasi, Bunda bisa melakukan hal lain yang lebih alami jika ingin memastikan buah hati bisa mencapai potensi pertumbuhan tinggi badan maksimal mereka. 

Berikut ini adalah pilihan yang bisa Bunda lakukan untuk menambah tinggi badan anak secara alami : 

Makan seimbang

Nutrisi adalah hal yang penting. Dari anak lahir, Bunda bisa meningkatkan asupan gizi yang cukup. Misalnya, dengan memberikan air susu ibu (ASI) sejak lahir hingga dua tahun. 

Ketika bayi sudah semakin besar, Bunda harus mempertahankan pola makan seimbang. Usahakan makanan yang dikonsumsinya selalu mengandung karbohidrat, protein, lemak, berbagai vitamin yang cukup.

Konsumsi banyak kalsium dalam sayuran hijau dan cukup zinc, untuk menambah tinggi badan. Selain itu, mendapatkan vitamin D yang cukup juga dapat meningkatkan pertumbuhan tulang dan otot anak. 

Vitamin D bisa didapatkan dengan cara berjemur diri di bawah sinar matahari pada pagi hari selama 15 menit.

Olahraga

Bunda bisa memberikan latihan yang sesuai dengan usia anak supaya bisa memastikan mereka mencapai potensi fisiknya. 

Melakukan olahraga teratur sekitar 60 menit bisa membantu tubuh lebih tingi selama masa remaja.

Agar tidak terkesan memberatkan mereka. Ajak saja melakukan kegiatan olahraga yang anak sukai. Dengan ini, selain sehat, mereka juga bisa senang dan menikmati kegiatan itu. 

Selain itu, Bunda juga bisa mengikutkan pada kegiatan ekstrakulikuler olahraga di sekolah atau melatihnya di tempat gym. Namun, anak juga bisa dilatih untuk lebih banyak berjalan dibanding menggunakan kendaraan. 

Tidur cukup

Pastikan anak-anak cukup tidur sehingga tubuh mereka cukup istirahat dan tetap menjaga energinya. Anak remaja atau belum dewasa butuh waktu tidur selama 9-11 jam setiap malam. 

Hormon pertumbuhan manusia (HGH) diproduksi secara alami dalam tubuh, terutama ketika sedang tidur nyenyak.

Nah itu dia tips alami untuk menambah tinggi badan anak. Meski ringan, jangan anggap remeh ya bun. Jika melakukannya secara konsisten, pasti anak bisa tumbuh dengan baik.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb