Ciri-ciri Istri yang Tergolong Calon Penghuni Surga 

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 20 Apr 2020

Ciri-ciri Istri yang Tergolong Calon Penghuni Surga 

Ilustrasi muslimah - Image from www.depoknews.id

Para istri tentunya menginginkan masuk surga 

Jangan sampai kita ingin masuk surga namun tidak mempersiapkan diri untuk memasukinya. Lantas sudahkah para istri memantaskan diri agar bisa masuk ke surga-Nya Allah?  

Semua orang pasti mengidam-idamkan masuk ke surga, tak terkecuali bagi para wanita. 

Namun, tahukah kamu wanita seperti apa yang menjadi kelompok calon penghuni surga? Umar bin Khattab dalam kitab Nashaihul Ibad oleh Imam Nawawi Al Bantani mengatakan, 

"Sekiranya tidak takut dituduh mengetahui hal yang gaib, tentulah aku mau bersaksi bahwa golongan manusia inilah yang ahli surga."

Baca juga : Kelakuan Istri Pada Suami yang Seperti ini Membuatnya Sulit Masuk Surga

Istri yang diridhai suami

Salah satu kewajiban seorang istri adalah mendapatkan restu atau ridha suami. Dan suami yang baik tentu akan memberikan ridha pada sikap dan perilaku yang baik dari seorang istri. 

Oleh sebab itu, istri harus taat pada suami atas perintahnya selama tidak bertentangan dengan ketentuan Allah dan rasul-Nya.

Wanita terbaik menurut Rasulullah SAW adalah yang ketika dipandang bisa memberikan kegembiraan, patuh, menerima nafkah dengan baik, serta menjaga diri dan harta suami. 

Rasulullah saw. bersabda, "Sebaik-baik wanita adalah apabila engkau memandangnya dia menggembirakan kamu, apabila engkau perintah dia mematuhinya, apabila engkau beri nafkah dia menerimanya dengan baik, dan bila engkau tidak ada di sampingnya dia akan menjaga dirinya dan hartamu" (HR. Nasa'i)

Istri yang bersedekah pada suami

Kewajiban menafkahi keluarga memang ditanggung oleh kepala keluarga, yakni para suami. Tetapi ada kondisi di mana suami berada dalam kesulitan keuangan, sehingga membuatnya tak bisa memenuhi kewajibannya tersebut.

Suatu ketika, Ibnu Mas'ud ra tidak punya uang dan ia tahu istrinya memiliki harta. Maka Ibnu Mas'ud ra menawarkan kepada istrinya agar ia mau menyedekahkan harta kepada dirinya. 

Namun sang istri bertanya, "Memang ada pahalanya bila sedekah pada suami?" Ibnu Mas'ud pun menjawab, "Tentu saja."

Karena tidak percaya, ia datang ke Nabi Muhammad saw dan bertanya. Selama ini ia hanya tahu sedekah itu diperuntukkan kepada orang lain, bukan kepada suami. 

Rasulullah saw. pun menjawab, "Bahkan kamu mendapatkan dua pahala, satu pahala sedekah dan satunya lagi pahala mengokohkan hubungan keluarga."

Istri yang taat, menjaga akhlak dan agamanya

Suami adalah imam, namun istri juga harus bisa mendirikan agamanya dengan kuat dan memperbaiki akhlaknya. Hadist dari ‘Abdurrahman bin ‘Auf, mengatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda,

“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471.)

Itulah 3 ciri-ciri istri yang termasuk dalam kelompok calon penghuni surga. Apabila belum memenuhi ketiganya, yuk sama-sama perbaiki diri sebelum ajal menjemput. Semoga kita semua bisa termasuk perempuan-perempuan yang masuk ke dalam surga-Nya Allah SWT.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb