Berhasil Didik 5 Anaknya Hingga Sukses, Quraish Shihab Bagikan Kuncinya 

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 15 Apr 2020

Berhasil Didik 5 Anaknya Hingga Sukses, Quraish Shihab Bagikan Kuncinya 

Quraish Shihab dan keluarga - Image from m.tribunnews.com

Bisa bunda tiru nih!!

Seperti yang kita tahu, Najwa Shihab adalah Jurnalis Hebat, tidak hanya Najwa, namun anak-anaknya yang lain juga menuai kesuksesan di berbagai bidang. Ada yang menjadi dokter, psikolog dan lainnya. Lantas sih kunci Quraish Shihab mendidik putra-putrinya hingga bisa sukses? 

Quraish Shihab adalah sosok ulama tafsir ternama di Indonesia. Pasti mayoritas orang Indonesia sudah mengenal sosok ini. Dan satu lagi tokoh Shihab yang juga tak kalah populer dengan Quraish Shihab ialah Najwa Shihab, salah satu putrinya. 

Najwa Shihab dikenal sukses di bidang jurnalistik. Program yang berhasil membawa namanya kian melambung adalah Mata Najwa. Saat ini dia juga sedang mengusung program narasi bersama banyak pihak termasuk kaum millenial. 

Tidak hanya Najwa yang sudah sukses di bidangnya, saudaranya yang lain juga telah sukses di bidangnya masing-masing. 

Baca juga : Wahai Istri, Jangan Bentak Suamimu Jika Tak Mau Allah Murka Padamu

Sebut saja Najeela Shihab yang merupakan kakak Najwa. Ia adalah seorang pendidik sekaligus psikolog anak yang mendirikan sekolah Cikal. Dan adik mereka, Nahla yang sukses menjadi seorang dokter. 

Keberhasilan Quraish Shihab dalam mendidik anak-anaknya, tentu menjadi hal yang sangat dikagumi. Dan tentunya membuat penasaran banyak orang tua. Lantas apa sih kunci sukses keberhasilan Quraish Shihab dalam mendidik putrinya hingga sukses tersebut? 

Pola Asuh yang Diterapkan dalam Keluarga Quraish Shihab 

1. Mendidik anak dengan aqidah dan cinta 

Menurut Quraish, salah satu objek cinta yang ditetapkan oleh agama dan merupakan naluri manusia adalah mencintai anak. Beliau mencontohkan bagaimana besarnya cinta nambi Muhammad SAW kepada putranya Ibrahim. Saat Ibrahim meninggal dunia, Nabi menangis. 

"Para sahabat nabi ketika itu terheran-heran. Mereka menduga Nabi Muhammad tidak memiliki rasa cinta kepada anak," tuturnya. "Ini adalah rahmat, ini adalah cinta. Kita semua bersedih dengan kepergian Ibrahim. Tapi kita tidak mengucap, kecuali apa yang diridhoi-Nya." demikian jawaban Nabi. 

Menurut Quraish, Allah menganugerahi cinta kepada anak dan mendambakan anak agar berlanjut keturunannya. dia tak ketinggalan menegaskan agar orang tua memperkuat aqidah dan melengkapi hidupa anak dengan ilmu pengetahuan yang berguna untuk masa depan. 

2. Membiasakan anak suka membaca buku sejak dini 

Quraish menginginkan anaknya mencintai ilmu pengetahuan, sehingga ia tak segan membelikan buku untuk buah hatinya sejak dini. Serta tak lupa membacakan buku sebelum tidur. 

Menurutnya, memberikan teladan membaca buku kepada anak akan menanamkan kebiasan baik ini kepada anak kelak. 

3. Memberikan kepercayaan pada anak 

Menurut Najwa Shihab, ayahnya sejak dulu tak pernah memaksakan kehendak terhadap anak. Ia selalu membebaskan anak untuk menjadi apapun di masa mendatang. Serta tidak memberikan batasan pada anak perempuannya serta mempercayai penuh apa yang mereka lakukan. 

Hal ini terbukti saat, Najwa mendapatkan kesempatan beasiswa pertukaran pelajar ke Amerika Serikat. Bukannya mematikan impian anak, saang ayah justru menjadi sosok pertama yang memberikan semangat dan kepercayaan agar dirinya memenuhi impiannya tersebut. 

4. Menanamkan prinsip tekun dan rendah hati pada keluarga 

Ketekunan dan kerendahan hati menjadi prinsip dalam keluarga Shihab. Najwa pernah menyampaikan bahwa sang ayah adalah sosok yang sangat rendah hati dalam segala hal tak terkecuali pada bidang agama.

"Abi sangat rendah hati. Abi sudah belajar agama sejak lama, namun tidak pernah merasa paling tahu. Tidak pernah merasa dirinya paling pintar. Kalau menulis dalam bukunya, tidak pernah menggunakan kata saya. Selalu menggunakan kata kami," ungkap Najwa. 

Quraish juga selalu mengungkapkan bahwa ilmu yang didapat bukan didapatkan dirinya sendir. Melaikan juga lewat pendidikan yang sudah ditempuhnya. Sehingga hal tersebut merupakan perjuangan dari banyak orang. 

5. Menanamkan prinsip keterbukaan pada keluarga

Quraish menilai bahwa komunikasi dan keterbukaan adalah pondasi utama agar keluarga tetap harmonis. Tak terkecuali pada masalah keuangan. 

"Saya ingat dulu setiap kali pulang ceramah, Abi selalu bilang, 'Ini Abi baru dapat honor dari ceramah, kira-kira Abi dapat berapa ya? Sampai untuk hal-hal seperti itu Abi terbuka pada kami. Kemudian kami jadi tahu bagaimana kondisi keuangan keluarga. Dari sanalah saya belajar bahwa dalam sebuah keluarga memang kuncinya adalah komunikasi, sehingga tidak ada curiga satu sama lain," ungkap Najwa. 

Itulah kelima prinsip parenting yang diterapkan Quraish Shihab untuk putra-putrinya. Semoga informasi ini bisa memberikan inspirasi bagi Ayah dan Bunda untuk mendidik putra putri di rumah.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb