Agar Tak Tertipu, Begini Cara Memilih Blewah yang Manis dan Segar 

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 28 Apr 2020

Agar Tak Tertipu, Begini Cara Memilih Blewah yang Manis dan Segar 

Blewah yang bagus dan segar - Image from linetoday.com

Es Blewah, takjil manis dan segar favorit keluarga...

Rasanya Ramadhan tak lengkap jika belum menikmati takjil es blewah. Sebelum membelinya baca artikel ini dulu bun, agar tak tertipu membeli blewah yang kualitasnya buruk dan kurang matang. 

Blewah diburu saat Ramadhan untuk campuran es yang cocok menyegarkan dahagamu. Selain itu, Blewah juga bermanfaat untuk kesehatan lho bun. 

Sama seperti kelapa muda dan kurma, blewah juga jadi salah satu buah yang kerap diburu selama Ramadhan. 

Sering dijadikan campuran es, blewah dapat menyegarkan dahaga selama 12 jam berpuasa.

Baca juga : Anti Gagal Tips Bikin Siomay Dimsum Kenyal dan Gurih ala Restoran

Kandungan Blewah dan Manfaatnya Bagi Kesehatan 

Kandungan Nutrisi Blewah

Buah berwarna oranye ini jadi primadona saat Ramadhan tiba. Karena melonjaknya permintaan, harga blewah di saat Ramadhan cenderung naik.

Sebelum dijadikan campuran es buah yang segar, sebaiknya kenali juga kandungan nutrisi di dalamnya. 

Dalam 100 gram blewah mengandung 142 kalori, 0,19 gram lemak, 0,84 gram protein, 8,16 gram karbohidrat, 16 mg sodium, dan 267 mg kalium. Ada juga kandungan serat serta sumber vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. 

Bermanfaat untuk Imunitas Tubuh dan Sistem Pencernaan

Di balik segarnya es blewah, ternyata blewah juga menyimpan beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Mengingat buah ini juga disertai beragam nutrisi.

Kandungan vitamin C pada blewah dipercaya dapat menjaga imunitas tubuh. 

Tentunya mengonsumsi blewah saat ramadhan di tengah pandemi ini sangat cocok, sebab saat ini kita dituntut ekstra untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Kandungan serat yang tinggi pada blewah juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Sehingga tak akan membuat Anda sembelit atau gangguan pencernaan lainnya. 

Buah ini juga dilengkapi dengan kandungan air yang banyak sehingga dapat menghidrasi tubuh dengan baik.

Bermanfaat untuk Turunkan Kolesterol dan Kesehatan Kulit

Tak sekadar meningkatkan sistem imunitas tubuh dan sistem pencernaan saja lhu. Blewah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh lainnya. Diantaranya untuk menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kesehatan kulit.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada blewah ternyata tak hanya berperan sebagai antioksidan saja. Kandungan tersebut juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah. 

Selain itu, berperan penting juga dalam mencegah pembekuan darah dan membuat dinding kapiler lebih kuat.

Sumber vitamin A dan vitamin C yang terkandung pada blewah dapat meningkatkan kesehatan kolagen pada kulit dan meangkal radikal bebas yang kerap menyerang kulit. Sehingga kulit terlihat cerah serta terhindar dari penuaan dini.

Tips Pilih Blewah

Agar es blewah yang akan dinikmati saat berbuka puasa lebih nikmat, perhatikan tips berikut saat membelinya. Supaya tidak salah dan berhasil mendapatkan blewah yang enak. 

  1. Hal pertama yang harus diperhatikan dari warna kulitnya, jika sudah berwarna kuning dengan sedikit garis warna hijau menandakan blewah tersebut telah matang. 
  2. Cek tekstur daging blewah. Blewah yang matang tekstur dagingnya tak lagi keras melainkan lembut. Namun tidak juga lembek. Untuk memilihnya tekan jari pada permukaan blewah. Pastikan blewah tetap kencang, yang berarti matang sempurna.
  3. Blewah juga dapat dipilih dengan mencium aromanya. Jika sudah tercium aroma harum, berarti menandakan blewah sudah matang. 
  4. Blewah yang enak dikonsumsi juga bisa dilihat dari tekstur kulitnya, jika halus dan mulus berarti blewah tersebut bagus dan segar.

Nah itu Bun kandungan nutrisi dalam Blewah dan juga cara memilihnya agar tidak tertipu membeli blewah yang kualitasnya buruk atau kurang matang. 

Bunda bisa membuat olahan es blewah dengan menambahkan sirup dan berbagai campuran lain seperti cincau, kolang-kaling atau yang lainnya. 

Dijamin, pasti menjadi hidangan pembuka buka puasa yang nikmat dan segar.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb