5 Cara Jitu Agar Pernikahan Langgeng Seperti Rasulullah SAW 

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 14 Apr 2020

5 Cara Jitu Agar Pernikahan Langgeng Seperti Rasulullah SAW 

Ilustrasi pernikahan islami - Image from www.popbela.com

Ingin hubungan pernikahan langgeng? 

Lakukan saja cara yang diberikan Rasulullah SAW ini agar hubungan rumah tangga bisa langgeng dan penuh dengan keberkahan. 

Sebagai pasangan suami istri tentunya kita menginginkan kehidupan berkeluarga yang langgeng hingga akhir hayat. 

Namun dalam menjalaninya tak jarang kita menghadapi berbagai konflik dalam rumah tangga. Entah dikarenakan masalah sepele yang terjadi di aktivitas sehari-hari, hingga masalah berat seperti godaan orang ketiga.

Baca juga :  Kunci Utama Hadapi Masalah dalam Rumah Tangga

Namun kita tak perlu risau mengenai cara menghadapinya. Sebab kita telah memiliki teladan yang baik, yakni Nabi Muhammad SAW. 

5 Tuntunan Rasulullah SAW agar Pernikahan Langgeng 

Berikut ini 5 tuntunan Rasulullah dalam membangun rumah tangga penuh berkah dan langgeng. 

1. Sering tersenyum 

Nabi Muhammad adalah sosok yang murah senyum, bahkan karena seringnya terlihat tersenyum, para sahabat sampai mengatakan bahwa tidak pernah melihat orang tersenyum lebih sering dibandingkan dengan beliau. 

Memang senyuman adalah hal yang kecil, namun sesungguhnya senyuman memiliki manfaat yang sangat besar bagi keharmonisan pernikahan atau berumah tangga. 

Bagi kamu suami ataupun Istri, apabila kita semua memiliki hari yang panjang dan berat. Daripada memberondong pasangan dengan keluhan sebaiknya berikan senyuman manis untuk mereka. 

Rasulullah bahkan memberi tahu bahwa senyum itu merupakan bentuk dari sedekah. Sebagaimana dalam hadist, 

Maka dari itu seringlah berikan senyuman kepada suami ataupun istrimu. Sehingga hubungan keluarga yang mulanya panas bisa didinginkan. 

Dan juga ketika hubungan keluarga menjadi pelik, senyuman mungkin bisa meredakan masalah tersebut. 

2. Katakan hal yang manis 

Rasulullah mengatakan: "Siapa pun yang percaya pada Allah dan hari Peradilan, biarkan mereka berkata hal yang baik atau tetap diam." 

Sangat mudah untuk mengkritik pasangan kita. Kita telah hidup berdampingan satu sama lain dalam waktu yang panjang. 

Daripada mencari kesalahan, tunjukanlah pujian dengan kata kata penuh kasih sayang kepada pasanganmu. 

Cobalah untuk menjadikan hal tersebut sebagai kebiasaan harian yang baru di keluarga kecilmu. Niscaya keluargamu akan menjadi lebih harmonis. 

3. Jangan marah 

Ketika Ali bin Abi Thalib menikahi Fatimah, Rasulullah SAW memberinya nasihat yang luar biasa dan berkesan. 

Nasihat yang sangat penting sehingga Nabi mengulanginya hingga tiga kali yaitu : "Jangan marah". 

Dia tidak memberitahu nasehat tersebut agar Ali mengendalikan kemarahannya. tapi pada hal yang paling dasar, jangan marah. 

Seringkali kita marah pada pasangan karena hal-hal yang kecil dan konyol, seperti  masalah cara memencet pasta gigi, perihal mencuci piring, perihal menjemur handuk, yang bisa memicu konflik besar.

Upayakanlah agar pasangan tenang dan selalu sabar, hindari marah, bahkan untuk hal-hal yang sangat kompleks sekalipun. 

Sebab konflik lebih baik dipecahkan dengan bil hikmah dan komunikasi yang santun, sehingga tidak justru memperkeruh permasalahan. 

4. Pergi keluar bersama 

Nabi Muhammad juga tak lupa menghabiskan waktu yang berkualitas dengan istrinya. Nabi Muhammad tidak menjalani kehidupan yang terpisah di bawah satu atap. 

Dia akan berjalan-jalan dengan istrinya, bepergian dengan istrinya, dan meminta nasihatnya. Rasulullah akan melakukan percakapan yang menyenangkan dengan istrinya. 

Nah, jadi kapankah terakhir kali kamu mengajak istri ataupun suamimu untuk makan malam yang menyenangkan atau keluar untuk sekedar minum kopi bersama?

5. Ungkapkan rasa cinta dan sayang dengan ucapan 

Nabi Muhammad adalah sosok pria yang tidak gengsi mengungkapkan rasa cintanya kepada pasangan. Menurut beliau, agama Islam dibangun berdasarkan seperti yang Allah nyatakan: "Cintaku dijamin untuk dua orang yang saling mencintai demi Aku". 

Nabi Muhammad sering berucap tentang kasih sayangnya yang besar yang dia miliki untuk istrinya Khadijah. "Cintanya diberikan kepadaku sebagai rezeki." 

Banyak dari kita bahkan mungkin tidak dapat mengingat kapan terakhir kali kita mengatakan rasa cinta kita kepada pasangan, seperti, 'I love you', 'Aku mencintaimu', 'aku menyayangimu'

Padahal, ungkapan yang mungkin dianggap sepele itu bisa memperkuat hubungan dengan pasangan. 

Jadi itulah 5 tuntunan Rasulullah, agar hubungan keluarga kita, bisa langgeng dan terus harmonis serta diberikan keberkahan oleh Allah SWT. 

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb