Panduan Dasar Belajar Gitar yang Muda Untuk Pemula 

 02 Dec 2019  Bima P

Panduan Dasar Belajar Gitar yang Muda Untuk Pemula 

Belajar gitar - Image from liveabout.com

Panduan Dasar Belajar Gitar yang Muda Untuk Pemula Bermain musik bisa menjadi sebuah kesenangan tersendiri. Karena dengan bermain musik, dapat membuat kita sesaat melupakan masalah-masalah yang ada, dan memang ada yang bermain musik karena benar-benar ingin menyalurkan bakat atau hobinya.

Namun pasti sudah anda ketahui, menguasai satu instrumen musik bukanlah suatu yang mudah. Perlu belajar dan berlatih sungguh-sungguh agar anda dapat benar-benar dengan baik memainkannya.

Instrumen musik yang akan kami bahas disini adalah gitar. Untuk anda yang menyukai gitar, alunan musik yang keluar dari instrumen tersebut dan ingin sekali memainkannya langsung, kami disini akan memberikan panduan untuk anda.

Panduan belajar gitar ini akan kami lengkapi dengan pengetahuan kunci dasar gitar untuk anda. Anda harus belajar chord gitar terlebih dahulu sebelum lanjut ke tingkat berikutnya.

Berikut di bawah ini adalah panduan untuk anda belajar gitar pemula.

Belajar Kunci Dasar Gitar

Sebelum Anda mulai belajar bermain gitar, penting sekali bagi Anda semuanya untuk tahu kunci dasar dalam bermain gitar. 

Biasanya gitar memiliki sekitar 6 senar, mulai dari senar yang ada di bagian paling bawah hingga yang paling atas sendiri.

Pada umumnya terdapat dua jenis gitar yang bisa dikatakan paling sering digunakan oleh banyak orang, yakni gitar elektrik dan akustik. 

Walaupun kedua jenis gitar tersebut memiliki nada yang hampir mirip, namun tetap ada perbedaan dari kedua jenis gitar ini, salah satunya ada pada bagian tuningnya.

Di bawah ini adalah senar gitar yang bisa menghasilkan nada.

  • Senar 1 hasilkan nada E’​
  • Senar 2 hasilkan nada B
  • Senar 3 hasilkan nada G
  • Senar 3 hasilkan nada G
  • Senar 4 hasilkan nada D
  • Senar 5 hasilkan nada A
  • Senar 6 hasilkan nada E

Kunci Dasar A

Panduan Dasar Belajar Gitar yang Muda Untuk Pemula 

Kunci Dasar A - Image from howieandbelle.com

Kunci Dasar B

Panduan Dasar Belajar Gitar yang Muda Untuk Pemula 

Kunci Dasar B - Image from howieandbelle.com

Kunci Dasar C

Panduan Dasar Belajar Gitar yang Muda Untuk Pemula 

Kunci Dasar C - Image from howieandbelle.com

Kunci Dasar D

Panduan Dasar Belajar Gitar yang Muda Untuk Pemula 

Kunci Dasar D - Image from howieandbelle.com

Kunci Dasar E

Panduan Dasar Belajar Gitar yang Muda Untuk Pemula 

Kunci Dasar E - Image from howieandbelle.com

Kunci Dasar F

Panduan Dasar Belajar Gitar yang Muda Untuk Pemula 

Kunci Dasar F - Image from howieandbelle.com

Kunci Dasar G

Panduan Dasar Belajar Gitar yang Muda Untuk Pemula 

Kunci Dasar G - Image from howieandbelle.com

Belajar Gitar Untuk Pemula

1. Menggunakan dan memanfaatkan referensi untuk belajar bermain gitar

Ya, untuk cara belajar bermain gitar pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencoba menggunakan serta memanfaatkan dengan baik referensi yang ada, baik itu lewat internet atau buku panduan belajar gitar.

Seperti yang kita tahu, internet sudah menyediakan banyak sekali informasi yang kita butuhkan, termasuk dengan belajar gitar yang mudah.

Anda bisa lihat chord atau kunci dasar gitar hanya dari internet. Jika masih masih bingung atau justru lupa kunci gitar, maka Anda bisa langsung browsing. Tak perlu waktu lama Anda pastinya akan dapat menyelesaikan semua masalah tersebut dengan baik.

Selain itu, di internet Anda juga bisa temukan banyak sekali jenis lagu plus chordnya. Tak hanya lewat internet saja, jika mau Anda juga bisa belajar kunci serta chord lagu dari buku panduan belajar gitar yang sudah banyak dijual di toko – toko buku yang ada.

2. Melatih memori otot tangan

Di awal – awal Anda belajar bermain gitar, otot tangan dan jari Anda pastinya akan merasa kurang nyaman dengan posisi kunci – kunci yang bisa dibilang cukup susah tersebut. 

Makanya di sini Anda perlu membiasakan ototmu dengan posisi tersebut. Silakan biasakan berlatih supaya jari – jari Anda terbiasa dengan letak senar juga fret.

Apabila sudah terbiasa, bisa dipastikan Anda akan jadi lebih mudah lagi dalam memainkan kunci pada gitar tanpa melihat sekalipun.

3. Membangun kekuatan fret jari – jari tangan

Penting sekali bagi Anda untuk membangun kekuatan jari – jari tangan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan meremas – remas bola kecil kurang lebih selama 5 menit.

Baca Juga :
1. 7 Alat Musik Arab yang Terbilang Unik
2. 6 Gambar Alat Musik Tradisional Bali, Fungsi dan Cara Memainkannya
3. Jika Kamu Merinding Ketika Mendengar Musik, Tandanya Kamu Memiliki Fakta ini

Yang demikian ini bertujuan agar jari – jari tangan Anda tidak kaku pada saat digunakan untuk bermain gitar. Tak hanya menggunakan bola, Anda juga bisa menggunakan spons atau pun squishy. Silakan lakukan secara rutin setiap harinya selama 5 menit.

4. Mulailah dengan belajar satu lagu yang mudah

Cara belajar bermain gitar yang selanjutnya adalah dengan belajar satu lagu yang mudah. Ya, di sini Anda sangat disarankan sekali untuk memilih satu lagu yang mudah, dengan chord yang simpel. 

Silakan Anda belajar satu lagu tersebut hingga Anda benar – benar bisa memainkannya dengan baik dan lancar. Usahakan agar Anda tidak berpindah ke lagu yang lain sebelum Anda menguasai dengan benar lagu tersebut.

Beberapa jenis lagu yang memiliki chord paling mudah adalah Demi Waktu “Ungu”, Anugerah Terindah “Sheila On 7”, dan beberapa lagu Peterpan. 

Usahakan jangan dulu memilih lagu dengan chord yang susah, sebab yang demikian ini justru akan membuat Anda semakin sulit lagi dalam belajar bermain gitar.

5. Belajar bermain gitar secara rutin

Meskipun terasa cukup sulit, akan tetapi agar Anda bisa jadi mahir dalam bermain gitar ada baiknya Anda belajar bermain gitar secara rutin setiap harinya. 

Jangan sampai Anda malas untuk belajar bermain gitar, agar tangan Anda terbiasa, tidak kaku, dan pastinya bisa nyaman saat memegang gitar. Paling tidak dalam satu harinya Anda sediakan waktu sekitar 1 jam untuk bermain gitar.

6. Mencari musisi atau gitaris idola

Mencari musisi atau pun gitaris idola juga jadi salah satu hal paling penting pada saat Anda belajar bermain gitar. Sebab yang demikian ini diyakini bisa membuat Anda termotivasi untuk terus belajar bermain gitar hingga mahir agar bisa menjadi seperti sang idola.

Idola biasanya juga bisa mendorong minat seseorang pada saat sedang malas belajar bermain gitar. Silakan Anda cari gitaris idola yang paling baik dan hebat untuk jadi kiblatmu dalam bermain gitar.

Jangan sampai semangatmu justru semakin kendor di tengah jalan saat Anda sudah mulai bosan dan jenuh dalam belajar bermain gitar. Makanya penting sekali bagi Anda untuk mencari gitaris idola untuk menjaga stabilitas semangat belajar Anda dalam bermain gitar.

Panduan Dasar Belajar Gitar yang Muda Untuk Pemula Sekian panduan dari kami untuk anda. Jika anda benar-benar ingin bisa bermain gitar, kami harap anda juga tetap konsisten belajar hingga benar-benar mahir.