10 Emulator Android Pilihan Terbaik dan Ringan

 14 Dec 2019  Bima P

10 Emulator Android Pilihan Terbaik dan Ringan

emulator android - Image from developer.android.com

Android merupakan sistem operasi buatan Google yang dikhususkan untuk perangkat smartphone. 

Android bisa dikatakan menjadi sistem operasi yang mendominasi pasar smartphone karena sebagian besar brand smartphone yang bukan iPhone menggunakan Android sebagai sistem operasi.

Namun ternyata penggunaan sistem operasi Android bisa digunakan di perangkat PC, tidak hanya di smartphone. Mengapa Android dijalankan di PC? Alasannya beragam.

Alasan paling umum yang pertama adalah Android dijalankan di PC karena para developer aplikasi android, sebelum melakukan build dan menjadikan file berformat apk, mereka akan melakukan pengetesan di perangkat PC.

Alasan umum kedua adalah para pengguna smartphone android yang tidak memiliki spesifikasi yang memadai untuk bermain game tertentu, bisa mengandalkan PC sebagai perangkat yang menjalankan game Android tersebut.

Android sendiri dijalankan di PC menggunakan sebuah emulator. Emulator android ini banyak tersedia di internet dan gratis. Kali ini kami akan memberikan daftar emulator Android terbaik untuk anda.

Emulator android ini juga cukup ringan dijalankan di PC. Emulator Android ringan dapat dijalankan dengan RAM PC hanya 2GB saja. Kami akan menyediakan emulator Android PC paling ringan dan juga terbaik.

Berikut adalah daftar emulator Android PC ringan versi wajibbaca.com.

Emulator Android Ringan

Pertama kami akan memberikan daftar emulator Android ringan untuk anda.

1. Emulator Android Bluestacks

10 Emulator Android Pilihan Terbaik dan Ringan

bluestacks - Image from androidauthority.net

Emulator Android ringan pertama adalah Bluestacks. Untuk anda seorang gamer mobile sejati, nama besar Bluestacks sebagai emulator Android paling ringan begitu melekat dan sangat dikenal. 

Tidak hanya memberikan performa yang memukau, Bluestacks juga tergolong emulator Android paling ringan meski komputer tersebut hanya mempunyai RAM 2 GB. 

Baca Juga5 Aplikasi Backup Data Android yang Mudah Digunakan

Dari segi interface, Bluestacks sangat mirip dengan ponsel Android yang biasa digunakan untuk memainkan game.

Emulator ini juga sudah menyediakan sebuah fitur side toolbar khusus untuk mengatur mengambil tangkapan layar, copy & paste, Install APK secara manual dan mengatur suara. 

Dengan jumlah download yang telah mencapai 100 juta orang, merupakan bukti bahwa Bluestack adalah emulator Android terbaik yang banyak digunakan.

Download Bluestacks

2. Emulator Android Nox Player

10 Emulator Android Pilihan Terbaik dan Ringan

nox player - Image from bignox.com

Tak salah jika Nox Player dinobatkan menjadi salah satu rajanya emulator Android.

Ini bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan game-game HD dengan grafis tinggi seperti Need For Speed, sukses dimainkan dengan stabil di angka 60 fps pada emulator Android pc ringan ini. 

Meski dirancang untuk menjalankan game, Nox Player juga dapat anda gunakan untuk membuka aplikasi android lain.

Performa Nox Player sendiri, digadang-gadang hampir setara dengan Remix Player. Berdasarkan percobaan, waktu loading sangat cepat dan responsif. 

Tingkat force close juga minim terjadi pada Nox Player. Dengan kapasitas penyimpanan internal hingga 32 GB, menjadikan Nox Player emulator Android dengan performa grafis yang menawan.

Download Nox Player

3. Emulator Android Remix OS

10 Emulator Android Pilihan Terbaik dan Ringan

remixos - Image from filehorse.com

Jika kamu hobi memainkan game dengan layar terpisah atau dual screen, Remix OS Player bisa menjadi pilihan pertama. 

Selain itu, performanya yang halus saat dijalankan pada komputer atau PC, menjadikan emulator Android paling ringan ini salah satu emulator Android yang cocok untuk memainkan game-game yang mempunyai tingkat grafis menengah.

Kemudian fitur multitasking dari Remix OS Player juga mengusung tampilan yang user friendly bagi mata pengguna. 

Meski bersistem Android, interface yang disuguhkan mirip dengan sistem operasi Windows, terutama pada posisi tombol start dan sisi kanan bawah untuk ikon jam dan baterai.

Download Remix OS

4. Emulator Android MEmu App Player

10 Emulator Android Pilihan Terbaik dan Ringan

memu app player - Image from cloudfront.net

Salah satu emulator buatan Tiongkok ini, menjadi favorit dan banyak diinstal di komputer untuk memainkan berbagai game Android. 

MEmu App Player ini juga dikenal luas sebagai salah satu emulator Android yang sangat responsif dan cepat ketika dijalankan. 

Selain di komputer, aplikasi ini bahkan bisa digunakan di perangkat tablet. Bahkan menu yang disediakan MEmu tergolong lengkap. Menu yang dimaksud seperti file explorer dan aplikasi PlayStore serta manajemen RAM, bisa ditemui di emulator ini.

Performanya yang mendukung PC dengan spesifikasi rendah, menjadikan aplikasi ini sebagai emulator yang patut dicoba.

Download MEmu App Player

5. Emulator Android Andyroid

10 Emulator Android Pilihan Terbaik dan Ringan

andyroid - Image from andyroid.net

Menawarkan tampilan antarmuka yang sangat mirip dengan Android, emulator yang bernama Andyroid ini tergolong sebagai aplikasi serba bisa jika dibanding platform sejenis lainnya. 

Selain tersedia di OS yang populer seperti Mac dan Windows, Andyroid yang juga termasuk emulator Android yang dapat anda gunakan untuk Remote atau mengontrol konsol lainnya.

Baca Juga8 Aplikasi Browser Android Tercepat dan Hemat Kuota

Yang unik, emulator ini juga dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi chatting seperti Whatsapp dan Snapchat meski dalam kondisi bermain game. 

Selain itu, smartphone Android yang anda gunakan untuk bermain game, dapat digunakan sebagai remote control dengan tampilan yang ditayangkan pada layar komputer.

Download Andyroid

Emulator Android Terbaik

1. Emulator Android PrimeOS

10 Emulator Android Pilihan Terbaik dan Ringan

primeos - Image from blogspot.com

Emulator yang satu ini mungkin sudah cukup dikenal di kalangan pengguna emulator.

Ini dikarenakan PrimeOS memang dianggap jadi salah satu emulator terbaik dan termudah khususnya dalam hal konfigurasi.

Berbeda dengan emulator lainnya, keunggulan PrimeOS adalah dapat mengubah tampilan PC anda menjadi tampilan Android seutuhnya.

PrimeOS juga mendukung penggunaan mouse ataupun keyboard sehingga memberikan pengalaman bermain game Android yang maksimal.

Download PrimeOS

2. Emulator Android KoPlayer

10 Emulator Android Pilihan Terbaik dan Ringan

koplayer - Image from utdstc.com

KoPlayer juga bisa dibilang jadi salah satu emulator terbaru yang bisa kalian coba.

Tidak heran, ini dikarenakan emulator Android yang satu ini memang dirancang khusus untuk pengoperasian game.

KoPlayer juga sudah mendukung penggunaan mouse dan keyboard untuk keperluan gaming anda.

Emulator yang satu ini juga memiliki konfigurasi yang mudah. Jadi, sangat cocok bagi anda yang baru pertama kali menggunakan emulator Android di PC.

Download KoPlayer

3. Emulator Android Tencent Gaming Buddy

10 Emulator Android Pilihan Terbaik dan Ringan

tencent gaming buddy - Image from sftcdn.net

TGB atau Tencent Gaming Buddy mulai amat terkenal dikalangan gamer setelah lahirnya PUBG Mobile, TGB merupakan emulator official dari Tencent untuk memainkan game PUBG Mobile. 

Karen emulator ini dibuat dengan tujuan awal hanya untuk bermain PUBG Mobile, performa game PUBG Mobile bisa dibilang lebih maksimal dan juga sangat mudah di setting dalam emulator ini.

Tapi jika kalian berpikir emulator ini hanya bisa memainkan PUBG Mobile, kalian tentu salah besar. 

Banyak sekali tutorial untuk memainkan game lain di Tencent Gaming Buddy, bahkan tampilan Home Tencent Gaming Buddy sudah bisa untuk memilih game Mobile Legends.

Download Tencent Gaming Buddy

4. Emulator Android LDPlayer

10 Emulator Android Pilihan Terbaik dan Ringan

ldplayer - Image from malavida.com

Bosan dengan Emulator Android game yang itu-itu aja ? LDP Player bisa menjadi alternatif kalian untuk bermain game.

Baca Juga5 Aplikasi Root Terbaik dan Gratis untuk Android 

Emulator satu ini memang dibuat khusus untuk bermain game di Android seperti PUBG Mobile, AOV, Mobile Legends dan lain sebagainya.

Cepat, Stabil dan memiliki fitur multitasking game ( buka lebih dari satu windows games yang sama), memang menjadi checklist yang wajib bagi kalian pengguna emulator Android untuk bermain game. 

Sudah banyak benchmark game yang dicoba menggunakan emulator ini dan membuahkan hasil yang lumayan memuaskan.

Download LDPlayer

5. Emulator Android PhoenixOS

10 Emulator Android Pilihan Terbaik dan Ringan

phoenixos - Image from softfamous.com

Menjadi pesaing berat RemixOS dipasaran karena PhoenixOS merilis emulator miliknya segera setelah RemixOS merilis emulator miliknya sendiri. 

Seperti saingannya yaitu RemixOS, penggunaan PhoenixOS juga berjalan di PC seperti sebuah sistem operasi dimana OS tersebut mengemulasikan sistem kerja serta tampilan Android.

Dengan hanya membutuhkan USB Flash Drive untuk di instal, membuat OS satu ini sangat mudah untuk dipakai. 

PhoenixOS juga mensupport dual Boot, dan masih segudang fitur lainnya yang bisa anda gunakan, membuat PhoenixOS bisa dibilang terbaik dalam kelas emulator OS.

Download PhoenixOS

Demikianlah daftar emulator Android pilihan dari kami. Emulator yang kami rangkum diatas sudah kami sortir terbaik dari yang terbaik. Jadi anda tidak perlu repot-repot lagi mencoba puluhan emulator Android lainnya.