Cara Cek IP Website Dengan CMD yang Gampang 

 04 Dec 2019  Bima P

Cara Cek IP Website Dengan CMD yang Gampang 

cek ip website - Image from elsetge.cat

Cara Cek IP Website Dengan CMD yang Gampang IP Address adalah alamat digital unik yang dimiliki oleh setiap komputer dan perangkat lainnya yang terhubung di dalam jaringan komputer serta memiliki 2 bagian utama, yaitu Net Id dan Host Id. 

Kata unik di sini maksudnya adalah setiap komputer atau perangkat yang terhubung lainnya tersebut memiliki alamat yang tidak boleh sama di dalam satu jaringan komputer.

Salah satu fungsinya adalah Anda dapat mengetahui atau melihat lokasi suatu jaringan dan IP dapat juga mengetahui apakah koneksi internet kita bagus atau tidak.

Baca Juga14 Situs Untuk Membuat Website Mudah Tanpa Perlu Coding

IP pada dasarnya adalah jaringan komputer yang menghubungkan beberapa komputer yang bertujuan untuk saling berkomunikasi di seluruh dunia.

Kami disini akan memberikan cara sederhana untuk cek ip website. Cara cek ip address website, cek ip website dengan cmd, cek website ip address dan cara cek ip website di android  ini bisa menggunakan CMD jika anda memakai OS Windows dan dapat menggunakan Tool Web jika anda tidak memakai OS Windows.

Berikut dibawah ini adalah cara cek ip website, cara cek ip website di termux, cara cek ip website orang
serta cara cek ip website di cmd yang mudah untuk dilakukan.

Cara Cek IP Website Menggunakan CMD (OS Windows)

1. Cek IP website dengan metode ping atau cara cek ip website lewat cmd

Pada cara cek ip website awal ini, Anda membutuhkan cmd atau singkatan dari Command Prompt yang bertujuan untuk menjalankan perintah pada sistem windows.

1. Buka CMD dengan cara klik Star lalu cari CMD.
2. Klik cmd tersebut. Atau bisa dengan cara lain: tekan tombol window+r lalu masukan cmd dan
3. Ketik ping contohdomain.com selanjutnya klik enter. Untuk alamat contohdomain.com dapat diganti dengan domain yang ingin Anda cek.

Cara Cek IP Website Dengan CMD yang Gampang 

cmd 1 - Image from jetorbit.com

4. Setelah klik enter maka akan muncul hasilnya (alamat IP tertera di lingkaran merah)

Cara Cek IP Website Dengan CMD yang Gampang 

cmd 2 - Image from jetorbit.com

2. Cara cek IP Website dengan metode NSLOOKUP

Cara cek ip website yang kedua adalah pertama anda bisa membuka aplikasi CMD di windows anda , seperti gambar dibawah ini :

Cara Cek IP Website Dengan CMD yang Gampang 

nslookup 1 - Image from dicloud.id

Kemudian anda bisa mengetikkan Nslookup pada command prompt di windows anda, berikut script yang harus dijalankan di cmd : nslookup website

Jika sudah maka akan menampilkan hasil ip websitenya seperti gambar dibawah ini:

Cara Cek IP Website Dengan CMD yang Gampang 

nslookup 2 - Image from dicloud.id

Cara Cek IP Website dengan Tool Web

Cara cek ip website jika Anda tidak memiliki PC yang berbasis windows maka tidak perlu cemas untuk mengetahui alamat ip dari sebuah domain.

Baca Juga7 Situs Berita Indonesia yang Populer dan Bisa Dipercaya

Anda dapat memanfaatkan fitur dari beberapa penyedia website cek informasi website. Cara cek ip website adalah memasukan alamat website dan klik cek atau analisis. Berikut ini 4 website penyedia yang sering digunakan orang: 

Di atas adalah cara sederhana Cara Cek IP Website Dengan CMD yang Gampang . Anda bisa langsung mempraktekkannya apalagi jika anda menggunakan Windows sebagai Operating System anda.