Anti Ribet, Begini Cara Lapor Gangguan IndiHome

05 Feb 2020  Bima P

Anti Ribet, Begini Cara Lapor Gangguan IndiHome

Ilustrasi gangguan indihome - Image from okezone.com

Indihome merupakan layanan internet yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena jangkauan Indihome sudah luas hingga ke tempat-tempat yang jauh dari perkotaan.

Kondisi ini tentu saja membuat berbagai kalangan masyarakat dapat menikmati koneksi internet meskipun lokasi mereka jauh dari perkotaan. Namun seperti jasa penyedia layanan pada umumnya, Indihome juga terkadang memiliki kendala atau gangguan.

Bagi Anda yang memang berlangganan Indihome, Anda tidak perlu khawatir, karena Indihome menyediakan layanan untuk lapor gangguan Indihome. Anda dapat melapor kapan saja karena layanan lapor gangguan Indihome tersedia 24 jam.

Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk lapor gangguan Indihome? Berikut kami berikan panduannya.

Cara Mengetahui Nomor IndiHome

Sebelum Anda lapor gangguan Indihome, pertama Anda harus mengetahui terlebih dahulu nomor Indihome Anda. Ini diperlukan agar pihak Indihome dapat mengecek langsung gangguan apa sebenarnya yang sedang dialami.

Maka dari itu, sebelum kami memberikan bagaimana cara lapor gangguan indihome, kami akan memberikan cara mengetahui nomor Indihome Anda. Selain untuk lapor gangguan Indihome, nomor ini juga berguna saat Anda ingin membayar tagihan internet indihome.

Mari simak cara-cara berikut ini:

1. Cara mengetahui nomor IndiHome melalui modem

Anti Ribet, Begini Cara Lapor Gangguan IndiHome

Cara mengetahui nomor indihome melalui modem - Image from mastekno.com

  1. Langkah pertama, pastikan PC, laptop, atau hp Anda sudah terhubung dengan modem (meskipun tidak ada koneksi internet).
  2. Selanjutnya buka aplikasi browser (Chrome) dan pada kolom URL di bagian atas, masukkan alamat berikut 192.168.1.1 atau 192.168.1.254 tergantung dari IP modem Anda.
  3. Jika sudah berhasil masuk ke halaman login modem, silahkan masukkan username dan passwordnya. Jika Anda belum pernah merubah username dan passwordnya, maka secara default user dan password adalah user atau admin.
  4. Apabila sudah masuk pada bagian menu WAN, akan ada kolom yang berisi informasi nomor Indihome Anda. Contohnya bisa dilihat pada gambar diatas atau seperti ini > [email protected].

2. Cara mengetahui nomor IndiHome dengan Aplikasi MyIndihome

Cara mengetahui nomor Indihome selanjutnya adalah dengan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Play Store maupun App Store. Aplikasi tersebut bernama MyIndihome.

Untuk syarat login pada aplikasi ini, gunakanlah alamat email yang Anda daftarkan pada Indihome. Berikut adalah caranya:

  1. Langkah pertama adalah download dan install aplikasi myIndiHome via Google Play Store [DISINI].
  2. Jika sudah terinstal, buka aplikasinya dan login menggunakan email yang sudah Anda daftarkan.
  3. Setelah berhasil login, selanjutnya pada aplikasi, klik menu garis di pojok kiri atas.
  4. Lalu pilih Akun Saya.
  5. Nantinya pada halaman tersebut akan ditampilkan informasi mengenai nomor IndiHome Anda, dompet myIndiHome, Poin myIndiHome, dan Anda juga bisa merubah password melalui menu ini.

Selain untuk mengetahui nomor Indihome, aplikasi ini juga menyediakan informasi tentang seberapa banyak kuota internet yang sudah Anda gunakan dan juga informasi tentang tagihan internet Anda.

3. Cara mengetahui nomor IndiHome melalui struk pembayaran

Cara ketiga ini sangatlah mudah, jika Anda masih menyimpan struk pembayaran internet Indihome, maka Anda dapat langsung melihat nomor Indihome pada struk pembayaran tersebut.

4. Cara mengetahui nomor IndiHome melalui Call Center Telkom

Cara mengetahui nomor Indihome yang ke empat ini juga cukup mudah. Anda hanya harus menghubungi Call Center Telkom untuk mengetahui segala informasi yang Anda inginkan.

Caranya mudah, hubungi Call Center di nomor 147. Jika sudah tersambung, jelaskan informasi apa yang ingin Anda ketahui, misalnya seperti nomor Indihome, nantinya operator tersebut akan memberikan informasi dengan lengkap.

5. Cara mengetahui nomor IndiHome melalui email

Cara terakhir mengetahui nomor Indihome adalah dengan email yang sudah Anda daftarkan. Email yang sudah anda daftarkan ini nantinya akan menerima kiriman peringatan tagihan dari Telkom. Dalam peringatan tagihan ini, akan tersedia berbagai informasi termasuk nomor Indihome Anda.

Cara lapor gangguan IndiHome

Jika di atas Anda telah mengetahui nomor Indihome Anda, maka sekarang saatnya Anda mengetahui cara lapor gangguan Indihome yang Anda alami. Mari kita simak selengkapnya di bawah ini.

1. Cara lapor gangguan IndiHome online dengan media sosial

Anti Ribet, Begini Cara Lapor Gangguan IndiHome

Ilustrasi lapor gangguan indihome online - Image from twimg.com

Cara lapor gangguan internet yang pertama adalah dengan media sosial. Media sosial yang digunakan untuk melaporkan gangguan Indihome disini adalah Twitter dan Facebook.

Cara lapor gangguan IndiHome dengan Twitter

  • Langkah pertama adalah buka media sosial Twitter Anda.
  • Setelah itu cari akun lapor gangguan Indihome di Twitter dengan nama @telkomcare.
  • Setelah Anda temukan akunnya, pertama Anda follow terlebih dahulu kemudian lanjut pada DM twitter.
  • Cantumkan nomor Indihome Anda kemudian beri penjelasan secara rinci gangguan apa yang Anda alami.
  • Tunggu beberapa saat untuk balasan dari pihak Telkom.
  • Jika pihak Telkom sudah merespon dan menyarankan Anda untuk mencoba apakah sudah normal, silahkan langsung coba.
  • Jika Anda rasa masih ada gangguan, Anda dapat melakukan pengaduan kembali.
  • Jika dirasa butuh tindakan lanjutan, Anda akan diberikan nomor pengaduan dan akan ada teknisi yang akan datang ke tempat Anda untuk memperbaiki gangguan yang sedang dialami.

Cara lapor gangguan IndiHome dengan Facebook

Caranya hampir sama seperti pada Twitter:

  • Pertama masuk terlebih dahulu ke media sosial Facebook anda.
  • Kemudian cari akun resmi pengaduan gangguan Indihome yaitu TelkomCare.
  • Setelah ketemu, kirimkan pesan pada akun tersebut mengenai gangguan Indihome yang Anda alami lengkap dengan nomor Indihome Anda.
  • Setelah ada balasan, ikuti saja panduan yang diberikan oleh operator tersebut untuk mengatasi gangguan Indihome yang anda alami.
  • Jika dirasa butuh tindakan lanjutan, anda akan diberikan nomor pengaduan dan akan ada teknisi yang akan datang ke tempat Anda untuk memperbaiki gangguan yang sedang dialami.

2. Cara lapor gangguan IndiHome dengan Call Center 147

Anti Ribet, Begini Cara Lapor Gangguan IndiHome

Ilustrasi lapor gangguan Indihome Call Center 147 - Image from sepulsa.com

Cara ini hampir sama seperti cara mengetahui nomor Indihome di atas. Anda tinggal menghubungi layanan 147 dan sampaikan gangguan yang Anda alami.

Baca Juga:

Selanjutnya Anda hanya perlu mengikuti prosedur yang akan diberikan oleh operator untuk mengatasi gangguan Indihome yang anda alami.

3. Cara lapor gangguan IndiHome dengan aplikasi MyIndihome

Anti Ribet, Begini Cara Lapor Gangguan IndiHome

Ilustrasi lapor gangguan Indihome lewat aplikasi - Image from daftarpaket.co.id

Cara lapor gangguan Indihome yang terakhir adalah dengan aplikasi resmi dari Telkom yaitu MyIndihome. Jika Anda sudah memasang aplikasi MyIndihome pada hp Anda, maka Anda juga dapat lapor gangguan Indihome melalui aplikasi tersebut.

Baca Juga:

Caranya adalah sebagai berikut:

  • ​Buka aplikasi MyIndihome di hp.
  • Cari menu bantuan.
  • Kemudian pilih chat dengan Indira untuk menyampaikan gangguan Indihome yang Anda alami.

Demikian panduang lengkap untuk Anda yang ingin lapor gangguan Indihome dan juga cara mengetahui nomor Indihome Anda. Dengan cara di atas, Anda tidak perlu panik lagi jika mengalami gangguan, karena Anda bisa langsung melapor dan keluhan Anda akan segera ditangani. Selamat mencoba.

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa