Cara Bobol Wifi Tanpa Aplikasi untuk Mendapatkan Internet Gratis

Penulis Bima P | Ditayangkan 10 Feb 2020

Cara Bobol Wifi Tanpa Aplikasi untuk Mendapatkan Internet Gratis

Ilustrasi cara bobol wifi tanpa aplikasi - Image from harianhaluan.com

Mendapatkan internet gratis merupakan impian setiap orang, jadi kita dapat mengakses internet tanpa perlu dipusingkan dengan biaya ataupun kuota.

Wifi sendiri sudah menjadi sebuah kebutuhan karena pada era ini, semua serba online. Jaringan wifi biasanya memiliki keamanan berupa password yang harus diinputkan sebelum dapat terhubung pada wifi tersebut.

Jika Anda sedang terdesak dan merasa sangat membutuhkan koneksi internet dari jaringan wifi namun tidak tahu password wifi tersebut, kami disini akan memberikan cara bobol wifi tanpa aplikasi.

Benar sekali, akan ada beberapa cara yang kami berikan, dan beberapa dari cara tersebut tidak membutuhkan aplikasi sama sekali untuk dapat terkoneksi dengan jaringan wifi tersebut.

Untuk lebih detail mengenai cara bobol wifi tanpa aplikasi ini, simak penjelasannya di bawah ini.

Daftar Cara Bobol Wifi di Laptop dan HP

Beberapa cara yang akan kami berikan disini meliputi cara bobol wifi dengan laptop, cara bobol wifi lewat pc dan juga cara bobol wifi lewat hp. 

Yang pertama, mari kita bahas mengenai cara bobol wifi di laptop tanpa aplikasi.

Dan cara bobol wifi lewat hp akan kami berikan setelahnya. Hal ini karena cara bobol wifi lewat hp lebih mudah dilakukan dengan sebuah aplikasi.

1. Cara bobol wifi tanpa aplikasi dengan konfigurasi IP router

Cara Bobol Wifi Tanpa Aplikasi untuk Mendapatkan Internet Gratis

Ilustrasi cara bobol wifi di laptop tanpa aplikasi - Image from hubspot.net

Cara bobol wifi tanpa aplikasi yang pertama adalah dengan konfigurasi ip address pada router, Cara ini merupakan cara paling umum digunakan untuk bobol wifi yang terproteksi password. 

Sebenarnya caranya cukup mudah namun tingkat keberhasilannya tidak 100%. Cara pertama ini biasa digunakan untuk jaringan yang menggunakan sebuah router modem, seperti wifi dari Indihome dan juga @wifi.id.

Langkah pertama adalah Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu wifi di laptop Anda. Setelah diaktifkan, pasti akan terlihat hotspot terdekat di tempat Anda. Disini yang paling Anda incar adalah jaringan dari @wifi.id. Karena jaringan tersebut biasanya berada dimana-mana.

Berikutnya adalah Anda konek ke jaringan tersebut. Setelah konek maka akan muncul pop up yang akan meminta Anda untuk memasukkan username dan password, bersamaan dengan pop up akan muncul halaman mode Modify Network Configuration.

Kemudian dari sinilah Anda akan mulai bermain dengan alamat IP dari @wifi.id. Disini Anda harus merubah ip address yang awalnya adalah 102.168.1.1 menjadi 192.168.1.2. Jika sudah dirubah, silahkan buka browser Anda dan kemudian tuliskan alamat berikut di kolom url http//:192.168.1.254.

Setelah menginputkan alamat kolom di atas dan kemudian muncul halaman login, maka inilah yang Anda tunggu-tunggu dan bisa dikatakan cara ini sudah setengah berhasil.

Di halaman login tersebut masukkan username dan password menggunakan ADMIN atau USER. Username dan password harus sama disini, jadi jika Anda memilih ADMIN sebagai username, maka passwordnya pun juga harus ADMIN dan juga sebaliknya.

Jika Anda berhasil login, maka sudah dipastikan cara ini akan berhasil. Setelah itu masuk ke bagian Pengaturan dan cari Wifi untuk melihat username dan password yang terdaftar.

Di daftar tersebut, akan tersedia semua username dan password untuk memungkinkan Anda melakukan koneksi ke jaringan @wifi.id. Anda tinggal mencoba menggunakan username dan password mana yang dapat login pada jaringan @wifi.id tersebut.

2. Cara bobol wifi tanpa aplikasi menggunakan CMD

Cara Bobol Wifi Tanpa Aplikasi untuk Mendapatkan Internet Gratis

Ilustrasi cara bobol wifi tanpa aplikasi dengan CMD - Image from dimensidata.com

Cara bobol wifi tanpa aplikasi yang kedua adalah dengan menggunakan CMD yaitu terminal bawaan dari sistem operasi Windows. Cara bobol wifi di laptop ini adalah opsi jika memang perangkat yang Anda ingin koneksikan adalah laptop atau PC.

Pertama, hidupkan laptop dan aktifkan terlebih dahulu jaringan wifi di laptop Anda agar laptop dapat mendeteksi jaringan hotspot terdekat. Kemudian buka CMD dengan membuka menu RUN terlebih dahulu.

Buka menu RUN dengan kombinasi tombol WINDOWS+R. Setelah menu RUN terbuka, ketikkan CMD di kolom RUN dan kemudian tekan enter. Maka jendela CMD pun akan terbuka di layar laptop Anda.

Setelah jendela CMD terbuka, langsung masukkan saja perintah seperti berikut di kolom CMD: netsh wlan show profiles dan tekan enter.

Setelah perintah tersebut Anda eksekusi, selanjutnya akan terlihat semua jaringan wifi yang pernah terkoneksi dengan laptop Anda. Dari daftar jaringan tersebut, pilih salah satu jaringan yang ingin anda sambungkan dengan laptop Anda.

Setelah memilih salah satu jaringan, selanjutnya ketikkan perintah sebagai berikut: netsh wlan show profiles name (nama jaringan yang anda pilih) key=clear. Jangan lupa enter.

Kemudian dari sinilah Anda akan disajikan informasi tentang jaringan yang sudah Anda pilih tersebut. Password dari jaringan tersebut bisa Anda lihat pada "Key Content".

Anda tinggal mengingat password dari jaringan tersebut kemudian sambungkan laptop Anda dengan jaringan yang telah Anda lihat passwordnya tadi. Dan Anda pun akan terhubung dengan jaringan wifi tersebut.

3. Cara bobol wifi di laptop menggunakan Wireshark

Setelah tadi kami memberikan cara bobol wifi tanpa aplikasi di laptop, maka selanjutnya kami juga akan memberikan cara bobol wifi di laptop dengan menggunakan aplikasi.

Baca Juga:

Aplikasi yang kami gunakan disini adalah Wireshark. Aplikasi ini sebenarnya memiliki fungsi utama untuk menganalisis dan memecahkan berbagai macam masalah pada suatu jaringan.

Namun ternyata aplikasi ini juga dapat Anda manfaatkan untuk membobol jaringan Wifi. Berikut adalah cara bobol wifi di laptop dengan Wireshark:

  1. Pertama silahkan download terlebih dahulu aplikasi Wireshark [DISINI].
  2. Harus Anda pahami bahwa tidak semua network card compatible dengan aplikasi Wireshark.
  3. Silahkan buka menu Capture > Options > Interface.
  4. Selanjutnya ganti wireless interface ke 802.11 client device.
  5. Kemudian Anda ganti juga RF channel untuk merekam traffic pada channel 1.
  6. Caranya, silahkan buka Options > Wireless Setting.
  7. Pada menu “Advance Wireless Setting” akan ditampilkan opsi merubah channel.
  8. Untuk bobol password wifi, buka menu “Capture” kemudian klik “Start” untuk memulai.
  9. Bila password wifi sudah terlihat silahkan buka Capture > Stop.
  10. Teknik lain, silahkan tekan tombol Ctrl+K (untuk buka menu Capture > Option).
  11. Selanjutnya aktifkan opsi interface “Ethernet Card” dan “Packets In Promiscuous Mode“.
  12. Kemudian klik “Start“, bila password wifi sudah terlihat klik “Stop“.

4. Cara bobol wifi lewat HP dengan WPS WPA Tester

Setelah membahas cara bobol wifi di laptop, maka selanjutnya kami akan membahas cara bobol wifi lewat hp. Cara bobol lewat hp ini mungkin terhitung lebih mudah karena mengandalkan sebuah aplikasi.

Aplikasi yang kami bahas pertama adalah WPS WPA Tester. Aplikasi ini terbukti ampuh untuk bobol jaringan wifi yang ada di sekitar Anda. Anda dapat mengunduhnya secara gratis di Play Store.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah dapat digunakan di smartphone yang belum di root maupun sudah di root. Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan root terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini.

  • ​Pertama Anda unduh dan instal terlebih dahulu WPS WPA Tester [DISINI].
  • Jika sudah, langsung saja buka aplikasi nya dan Anda pilih pada icon tiga titik di pojok kanan atas layar.
  • Selanjutnya anda pilih pada opsi Check wpa_cli dan tap pada Scan Wifi.
  • Dari sini Anda tunggu terlebih dahulu proses aplikasi ini melakukan scan pada jaringan wifi yang ada di sekitar Anda.
  • Setelah proses selesai, akan muncul daftar jaringan wifi yang ada di sekitar Anda.
  • Dari daftar tersebut pilihlah jaringan wifi dengan indikator warna hijau dan tap pada Connect Automatic Pin.
  • Anda tinggal menunggu proses aplikasi untuk menampilkan password dari jaringan wifi yang telah Anda pilih tersebut.

5. Cara bobol wifi lewat HP dengan Wifi Warden

Cara bobol wifi yang terakhir adalah cara bobol wifi lewat hp dengan bantuan aplikasi Wifi Warden. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi Wifi Warden ini juga tidak kalah ampuh dalam membobol password wifi.

Baca Juga:

Berikut adalah cara bobol wifi lewat hp dengan Wifi Warden:

  • ​Pertama unduh dan instal terlebih dahulu Wifi Warden [DISINI]
  • Jika sudah terinstal di hp, silahkan langsung buka aplikasi tersebut.
  • Sesaat setelah Anda membuka aplikasi, akan tampil semua daftar jaringan yang ada di sekitar anda.
  • Pilih salah satu dari jaringan tersebut kemudian tap Connect.
  • Selanjutnya pilih Connect Using WPS lalu pilih Calculate.
  • Langkah berikutnya coba try one pin.
  • Tunggu proses selesai, jika ada keterangan You Are Connected, maka selamat, Anda telah terhubung dengan jaringan tersebut.

Demikianlah beberapa cara bobol wifi tanpa aplikasi dan juga cara bobol wifi di laptop dan hp ini. Selamat mencoba.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb