PAUD Bukan Sekadar Penitipan Anak

20 Dec 2019  Arief Prasetyo

PAUD Bukan Sekadar Penitipan Anak

Mendikbud Nadiem Makarim Ingatkan PAUD Bukan Sekadar Penitipan Anak - Image from bisnis.tempo.co

Bunda, apakah merasakan hal ini?​ Ditinggal kerja, lebih aman anak ada di PAUD.

Jika begitu, Anda salah kalau seperti itu!
Pembentukan karakter anak sejak dini begitu krusial. Oleh karena itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim menyoroti pembentukan karakter anak dari usia dini melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Nadiem ingin agar PAUD membentuk anak-anak Indonesia menjadi pribadi yang berkarakter sejak dini.
Nadiem menyayangkan, sering sekali PAUD mengira institusinya hanya penitipan anak. "Padahal pendidikan usia dini itu penting... Adalah bagaimana kita belajar dari bermain," kata Nadiem Makarim.

Baca Juga:

Menurutnya anak-anak di usia PAUD lebih penting untuk mendapatkan kebebasan berekspresi serta berinteraksi dengan anak lain dibandingkan mengenal sistem baca-tulis-hitung atau calistung. Pendekatan agar anak-anak bahagia di tingkat PAUD itu lebih penting.
"Itulah yang sebenarnya membentuk murid ini. Cara berkolaborasi, cara menemukan kreativitas dan dia jadi cinta sekolah, cinta belajar.


Yang penting itu bukan... Oh harus cepat menghitung, cepat nulis, cepat membaca. Bukan. Itu bukan yang terpenting," kata Nadiem.
"Yang terpenting adalah kesenangan itu. Murid berpartisipasi di dalam aktivitas-aktivitas sekolah, bermain sesama murid, dan mengetahui bagaimana harus bersikap dengan anak-anak lain-lain, juga dengan orang dewasa," sambung Nadiem dikutip dari detikcom.

Baca Juga:


Nadiem khawatir jika anak sedari dini enggak tahu tentang interaksi semacam itu, anak-anak akan kesulitan saat menuju jenjang berikutnya yaitu Sekolah Dasar (SD).

Oleh karena itu, Nadiem menekankan agar anak-anak mudah berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan.
"Tapi kalau pendidikan karakter dia, kalau behavior dia, perilaku dia belum terdisiplin. Dia belum bisa beradaptasi dengan lingkungan teman-teman di sekelasnya maupun berinteraksi dengan orang tua.

Dia akan kesusahan belajar. Jadinya kalau kita sudah benarkan karakter itu pada usia dini, belajar di sekolah tuh jadi mudah," ujar Nadiem.
Ketika Bunda dan Ayah berencana mengikutkan anak ke Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD ada kemampuan yang perlu dimiliki anak, lho.
Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki anak adalah keterampilan sosial. Menurut Clairie Haas, wakil presiden The Kiddy Academy di Abingdon, Maryland, kesiapan sosial lebih utama dibanding kesiapan akademis ketika anak akan masuk PAUD.

Baca Juga:

Keterampilan sosial yang dimaksud yaitu dapatkah anak bermain dengan teman sebayanya. Anak juga sudah mulai diajarkan mengenai sopan santun, bagaimana cara mengatakan tolong, maaf, dan terima kasih. Apa saja keterampilan lainnya? Bunda bisa baca di sini.
berita
paud
nadiem makarim
mendikbud
usi masuk tk

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa