9 Tanda Kamu Harus Ambil Cuti dan Istrihat

 09 Dec 2019  Arief Prasetyo

9 Tanda Kamu Harus Ambil Cuti dan Istrihat

Kerja lembur bagai kuda - Image from youtube.com

Buat kamu yang gila kerja. Ada waktunya kamu ambil cuti kalau sudah seperti ini!
Ini menandakan badan kamu sudah tidak kuat lagi.


Rutinitas tiap hari tentu bisa menguras tenaga dan melelahkan. Wajar saja mengingat fisik itu punya energi yang terbatas dan setiap orang tentu memiliki ketahanan fisik yang berbeda karena banyak faktor.

Oleh karena itu, ada orang yang terlihat selalu seolah tak pernah merasa lelah setiap hari, ada pula yang cepat lelah. Faktor lain seperti kurang tidur, olahraga, pola makan tidak teratur juga bisa membuat badan mudah lelah.

Baca Juga:

Bagi yang setiap harinya seolah tak pernah kekurangan energi hingga menyandang gelar workaholic, sebaiknya ketahui tanda-tanda ini demi kesehatan badan Anda, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Merasa Kelelahan yang Amat Sangat

Jika orang terlalu lelah biasanya memiliki ciri utama seperti mudah lelah padahal belum waktunya untuk istirahat. Biasanya kondisi ini terjadi karena Anda kurang tidur sehingga waktu kerja menjadi tidak efektif karena mudah lelah dan tidak bersemangat.

Jika terus-terusan dibiarkan tubuh mudah lelah akan membuat Anda rugi karena tidak bisa maksimal dalam bekerja. Oleh sebab itu, bila menemui ciri seperti ini, segeralah istirahat, konsumsi air putih, serta makan makanan sehat.

2. Gangguan Pada Mata

Lelahnya badan juga berpengaruh langsung pada badan, termasuk mata. Ciri-ciri yang ditunjukkan biasanya mata merah atau kantung mata menghitam. Jika dibiarkan, bisa-bisa gangguan mata jadi lebih parah dan mengganggu konsentrasi Anda dalam beraktivitas.

3. Bibir Pecah-Pecah atau Sariawan

Biasanya bila bekerja di bawah AC kantor, maka bibir kering dan pecah-pecah atau sariawan kadang tak terhindarkan.

Jika masih dalam baas wajar, mungkin bibir kering bisa diatasi dengan minum air putih yang ada di kantor untuk mengatasinyai.

Namun jika bibir kering dan pecah-pecah atau sariawan dalam tingkat berat, bisa menjadi salah satu ciri dari lelahnya badan seseorang. Jika sudah menemui gejala seperti ini, sebaiknya Anda harus segera istirahat.

Baca Juga:

4. Gampang Jatuh Sakit

Salah satu tanda lelahnya badan yakni mudah jatuh sakit oleh penyakit tertentu yang menyebabkan Anda kelelahan.

Sakit kepala, flu, batuk, dan sakit lainnya bisa membuat aktivitas terganggu. Oleh karena itu, jika sudah merasakan tanda tersebut, segera istirahat dan mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa mengobati sakit tersebut.

5. Merasa Malas untuk Berolahraga

Bila Anda yang biasa berolahraga beberapa kali dalam seminggu, namun saat berolahraga rasanya berat dan lelah meski baru sebentar saja, maka bisa dipastikan tubuh mengalami kelelahan.

Jika merasakan hal seperti ini, sebaiknya istirahatlah agar dapat olahraga besok hari seperti biasa.

6. Mudah Tersinggung

Lelah juga bisa membuat seseorang menjadi lebih sensitif. Tentu saja, jika mudah tersinggung bisa membuat suasana hati buruk dan bisa memengaruhi kinerja. Oleh karena itu, jika sudah merasa sensitif, sebaiknya segeralah istirahat dan menikmati waktu untuk bersantai.

Baca Juga: 

7. Sulit Berkonsentrasi

Dalam melakukan aktivitas membutuhkan sebuah konsentrasi. Jika sudah merasa lelah, biasanya kinerja otak juga menjadi berkurang, salah satunya sulitnya untuk berkonsentrasi bahkan sering lupa. Sebagai contoh, kadang diajak ngobrol jadi tidak nyambung dan sulit menyelesaikan pekerjaan.

8 Wajah Terlihat Pucat

Selain gangguan pada mata dan otak, wajah yang pucat juga merupakan salah satu ciri bahwa Anda lelah dan butuh banyak istirahat.

Wajah pucat memang tidak bisa dibohongi bahwa tubuh sedang lelah saat ini. Oleh karena itu, jika Anda sudah terlihat pucat bahkan lesu, maka saatnya istirahat.

9. Tidur Tidak Nyenyak

Ciri paling parah ketika sudah mengalami kelelahan ialah mengalami insomnia. Insomnia dan pola tidur tidak teratur juga sering terjadi pada orang yang lelah.

Agar bisa istirahat, tentu Anda harus bisa tenang dan ambil waktu tidur yang cukup agar bisa menghilangkan lelah dari badan.