Perbandingan Toyota Fortuner VS Mitsubishi Pajero Sport 

 14 Nov 2019  Arief Prasetyo

Perbandingan Toyota Fortuner VS Mitsubishi Pajero Sport 

Toyota Fortuner - Image from youtube.com

Toyota Fortuner 2019 kembali hadir dengan wajah baru yang lebih garang dan sporty dengan kehadiran tipe terbaru.

Ini membuat line-up mobil seri Toyota Fortuner vrz saat ini atas menjadi lengkap, dimana sebelumnya mitsubishi juga mengeluarkan tipe terbaru mereka ditahun 2019 ini

Toyota Fortuner 2019 harga terbaru dan Mitsubishi Pajero Sport lagi panas-panasnya  bersaing kedua SUV ladder frame ini diluncurkan di bumi Indonesia.

Praktis membuat masyarakat ingin menilai seperti apa jika kedua kendaraan ini di adu dari segi apapun.

Untuk membuktikan siapa yang layak dipuji dan melihat kelebihan lalu kekurangan apa saja yang di miliki oleh kedua mobil SUV ini.

Baca Juga : 
1. Masalah yang Sering Terjadi Pada Mesin Motor Beserta Penanganannya
2. Mobil Tetangga yang Parkir di Depan Rumah Bikin Resah? Ini Jalur Hukum yang Bisa Ditempuh

Semuanya kami membahas dalam tulisan berikut ini! Oh ya, yang kami  jelaskan adalah Toyota Fortuner vrz vs Pajero Sport Exceed, semuanya yang 4×2.

Karena kami yakin tipe inilah yang bakal banyak diperhatikan konsumen indonesia. mari kita lihat apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Perbandingan Toyoya Fortuner VS Mitsubishi Pajero

1. Interior Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero

Perbandingan Toyota Fortuner VS Mitsubishi Pajero Sport 

toyota fortuner vs pajero spot - Image from mobil-mewah.net

Kembali, Pajero Sport mau tidak mau harus mengakui kalau Toyota Fortuner punya desain dan finishing yang melebihi dirinya. Meski mirip dengan Kijang Innova dan Hilux. 

Kami akui desain interior Toyata Fortuner 2019 sekarang membaik dari sebelumnya, itu belum termasuk lapisan kulit di beberapa sektor yang masih terlihat mata yang mengangkat kesan mewah.

Panel kayu di sekitar tuas transmisinya juga bagus dan tidak terlihat murahan, tapi tetap saja ada plastik keras di beberapa bagian.

Sebaliknya, desain interior Pajero Sport tidak terlalu berkembang dibandingkan dengan Toyota Fortuner. Kesan standar, biasa dan konvensional sangat tepat diutarakan untuk menggambarkan bagian dalamnya.

Plastik yang digunakan sangat keras dan dominan, jauh lebih banyak plastik pada Pajero Sport daripada Fortuner, tidak termasuk panel kayu yang terkesan kuno dan murahan pada Pajero Sport Dakar.

Tapi, pada Pajero Sport Exceed, panel piano black-nya malah terkesan lebih mewah. Sisi positifnya, baik Fortuner maupun Pajero Sport punya build quality jempolan, jok kulit.

Dengan pengaturan elektrik untuk pengemudi (di tipe toyota fortuner vrz dan Dakar), tilt & telescopic steering, MID, kamera parkir, navigasi, dan AC otomatis.

Baca juga : 
1. Motor Seperti ini Sekarang Tak Boleh Lagi Mengisi Bensin di SPBU Pertamina. Begini Alasannya
2. Kredit Rumah Haram, Mobil Haram, Motor Haram, Bagaimana Kita Mau Hidup?

Hanya saja AC otomatis pada Toyota Fortuner Bekas belumdikemas dengan bentuk yang lebih mewah daripada milik Pajero Sport, karena milik Pajero Sport desainnya mirip sekali dengan city car Mitsubishi Mirage.

Desain panel instrumen yang dimiliki di head unit Toyota Fortuner juga lebih berkelas daripada Pajero Sport.

Tapi sekarang saatnya Pajero Sport bersinar, karena di tipe Dakar, sudah ada rem parkir elektrik dan transmisi otomatis 8 percepatan.

Kelihatan lebih menggiurkan daripada rem tangan mekanik dan transmisi 6 percepatan otomatis milik Fortuner.

Berikutnya, Pajero Sport Dakar punya sunroof, berguna untuk hiburan saat tamasya dan menunjang penampilan mobil 500 jutaan, sementara Fortuner tidak.

Yang bisa diandalkan oleh Toyota Fortuner untuk membalasnya adalah pilihan mode berkendara antara ECO dan PWR serta cooling box yang tak ada di Pajero Sport. 

Sudah kelihatan kesimpulan singkatnya, jika mau yang sajian fiturnya lengkap, ada di Toyota Fortuner vrz dari pada Pajero spor tipe dakar yang dimiliki oleh mitshubishi.

2. Mesin

Perbandingan Toyota Fortuner VS Mitsubishi Pajero Sport 

toyota fortuner - Image from www.oto.com

Mesin diesel milik Toyota Fortuner bekas sudah mendapatkan upgrade deng teknologi terbaru ditahun 2019, berspesifikasi 2.400 cc 4 silinder turbo yang sama dengan Kijang Innova.

Apa yang dimiliki dimesin Pajero Sport Exceed, jelas Toyota Fortuner menang, karena mesin 2.500 cc 4 siliner turbo diesel Pajero Sport Exceed hanya mampu 136 PS dan 324 Nm saja.

Untuk Soal transmisi, Fortuner punya 6 percepatan sementara Pajero Sport Exceed hanya 5 percepatan.

Tapi itu semua upgrade yang ada di Pajero Sport Dakar baru menyerang kekurangan toyota fortuner.

Mesin baru milik Mitsubishi Pajero Sport bisa membuat Fortuner terkesan kurang bertenaga, karena meski spesifikasinya sama seperti Fortuner, 2.400 cc 4 silinder turbo diesel.

Kekuatan bisa mencapai hinggi 181 PS dan torsinya 430 Nm. Jangankan mesin, transmisi Pajero Sport Dakar yang 8 percepatan pun membuat transmisi 6 percepatan Fortuner seolah biasa saja tanpa ada perlawanan sedikitpun.

Baca Juga :
1. Inilah Motor Bercita Rasa Mobil, Dibandrol Dibawah Rp.20 Juta yang Sudah Bisa Dipesan
2. Sepeda Motor "Rasa Mobil" Rp 32 Jutaan, Laris Manis. Dealernya Kewalahan Layani Pembeli

3. Kesimpulan

Perbandingan Toyota Fortuner VS Mitsubishi Pajero Sport 

toyota fortuner vs pajero sport - Image from andra-febrian.blogspot.com

Sebenarnya dengan semua kelebihan dan kekurangan yang ada pada masing-masing kontestan, pasti anda merasakan persaingan yang sama kuat, tidak ada yang superior maupun inferior.

Toyota Fortuner vrz boleh sedikit jumawa dengan desainnya yang aman, 3 airbags, interior yang bagus dan ditata lebih baik, fitur pemanja penumpang seperti roof monitor, cooling box, welcome light, pintu bagasi elektrik dan lain-lain.

Tapi untuk Toyota Fortuner vrz harus fair, karena Pajero Sport Dakar bisa menang di mesin dan transmisi (yang Dakar, bukan yang Exceed), kabin lebih lega, rem parkir elektrik, sunroof, headlamp washer, rem cakram belakang dan lain-lain.

Tapi dengan budget anda ada sekitar 460 jutaan dan harus memilih antara Toyota Fortuner Vrz dan Pajero Sport Exceed, kami merasa Toyota Fortuner adalah yang paling pantas dibuatkan SPK-nya.

Lain cerita jika anda rela menggelontorkan uang lebih hingga 500 jutaan, karena jika disuruh memilih Fortuner VRZ dan Pajero Sport Dakar, rasanya Pajero Sport Dakar adalah yang paling layak ditebus.

Kembali lagi, pilihan ada di tangan anda dan pastinya istri anda yang pegang uangnya.