Aplikasi Pencari Lowongan Pekerja Google Hari Ini di Luncurkan

 20 Nov 2019  Arief Prasetyo

Aplikasi Pencari Lowongan Pekerja Google Hari Ini di Luncurkan

Google Indonesia - Image from taufiqurokhman.com

Google Indonesia meluncurkan aplikasi baru berupa aplikasi lowongan kerja dan pengembangan karir untuk menghubungkan pencari dan pemberi kerja.

Project Lead Kormo Bickey Russell mengungkapkan algoritma pencocokan lowongan kerja menggunakan machine learning dan didasarkan pada keterampilan pelamar, pengalaman, kompensasi, dan lokasi.

Namun aplikasi ini bisa digunakan bagi pelamar di rentang usia 18-25 tahun atau bisa disebut angkatan yang baru mulai bekerja dan lebih sering menggunakan ponsel pintar untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

Kormo adalah nama dari aplikasi tersebut mungkin dapat membantu anda bagaimana menginfokan pekerjaan dan mensearching pekerjaan bagi anda berikut penjelasannya.

Baca Juga :

Kormo Memudahkan Memberikan Info Pekerjaan dan Pencari Pekerjaan

Aplikasi Pencari Lowongan Pekerja Google Hari Ini di Luncurkan

google indonesia - Image from 9to5google.com

Sebetulnya hal ini bukan baru google pernah meluncurkan versi beta pada bulan maret 2019

Saat versi beta diluncurkan, setidaknya ada 50 ribu pelamar dan pemberi kerja yang memakai Kormo.

Aplikasi ini sudah bisa digunakan secara masif bagi pengguna iOS dan Android di Indonesia hari ini.

Banyak Perusahaan Tanah Air telah bermitra dengan Kormo seperti Bukalapak, Tiket.com, Golife, Indocareer, Union Group, Potato Head, Archipelago International, Sari Roti, dan Asuransi Sastra.

Baca Juga : 

Fitur Dari Aplikasi Kormo yang Diluncurkan Dari Google 

Aplikasi Pencari Lowongan Pekerja Google Hari Ini di Luncurkan

google indonesia - Image from medium.com

Aplikasi kormo ini menyediakan beberapa fitur seperti pembuat curriculum vitae (CV) dan kumpulan materi belajar terbaik serta menyediakan video, kursus atau evaluasi, dan artikel pengembangan profesi.

"Untuk fitur CV digital, Kromo dapat membuatkan secara otomatis CV digital dengan cepat dan gratis berdasarkan data yang diisi pengguna sendiri pada profil. Pengguna mesti mencantumkan misi, minat, dan beberapa detail pribadi.

Anda pun bisa membagikan profil secara online bahkan mengunduhnya sebagai CV yang dapat dicetak untuk diserahkan kepada perusahaan pemberi kerja.

Baca Juga : 

1. Pembuat CV digital 

Russel mengatakan salah satu hal vital dalam mencari pekerjaan adalah membuat curriculum vitae (CV). Sebab itulah, Google menyediakan fitur khusus untuk membuat CV secara mudah dan gratis.

Pelamar cukup mengisi data pribadi yang sebenar-benarnya dan mencantumkan misi serta minatnya. Pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat CV tersebut. Bahkan, CV bisa dibagikan secara online dan dicetak sehingga bisa dibawa saat proses berikutnya.

2. Personalisasi rekomendasi

Google menggunakan machine learning untuk memberikan rekomendasi pekerjaan. Rekomendasi yang diberikan akan disesuaikan dengan profil yang dicantumkan pelamar. 

3. Fitur pembelajaran 

Tidak hanya menyediakan lowongan pekerjaan, Kormo juga memiiki fitur "Pelajari" untuk membantu pelamar meningkatkan keahlian.

Fitur ini menyediakan modul dalam bentuk artikel dan video. Setelah selesai belajar, pengguna akan mendapatkan lencana yang bisa dilihat oleh calon perekrut untuk menunjukan bahwa mereka memiliki ketrampilan dan pengetahuan tambahan.

Untuk menghadirkan fitur ini, Google menggandeng krator YouTube "Hujan Tanda Tanya" dan platform persiapan kuliah dan karir online bernama "Rencanamu". 

4. Melihat proses seleksi kerja secara transparan 

Proses seleksi akan akan diinformasikan secara transparan. Melalui menu "Lamaran", informasi seleksi akan diberikan secara real-time.

Pelamar akan diberi tahu saat lamaran mereka dibaca oleh perekrut, saat dipanggil wawancara, hingga saat pengumuman terakhir.

Sementara itu, perusahaan pemberi kerja juga akan mendapatkan notifikasi ketika lamaran yang mereka unggah telah dibaca dan ditanggapi calon pelamar. 

Baca Juga :

Kormo sudah bisa diunduh langsung di smartphone Android melalui toko aplikasi Google Play Store di link berikut ini

Download

Membantu Anda dalam Menentukan Karir Kedepannya

Aplikasi Pencari Lowongan Pekerja Google Hari Ini di Luncurkan

google indonesia - Image from dailysocial.id

Lebih lanjut pihak google mengatakan kormo dapat dijadikan modul pembelajaran dalam bentuk video dan artikel untuk mengembangkan keterampilan dibuat dari hasil kolaborasi Google dengan kreator konten Hujan Tanda Tanya.

Nantinya, Hujan Tanda Tanya bakal menyediakan konten pengembangan dan pelatihan keterampilan profesional yang sesuai dengan orang Indonesia.

Demikianlah penjelasan mengenai aplikasi lowongan kerja luncuran google yang dapat membantu anda untuk mempermudah mencari pekerjaan.