Pentingnya Digital Marketing untuk Pelaku Bisnis di Era Teknologi

Penulis April | Ditayangkan 25 Aug 2022

Pemasaran atau marketing merupakan faktor penting bagi sebuah bisnis untuk menjangkau pasar dan menentukan perkembangannya. Kini di era teknologi, para pelaku bisnis menggunakan digital marketing sebagai suatu cara agar bisnis dan usaha mereka terus bertumbuh.

Digital marketing sendiri merupakan suatu aktivitas pemasaran dengan memanfaatkan media digital untuk mendapatkan data, pasar, serta pelanggan. Dengan kian meningkatnya pengguna internet di Indonesia, digital marketing dirasa dapat memudahkan para pemilik usaha untuk menjangkau pelanggan, meningkatkan penjualan, dan juga mempermudah branding baik untuk usaha berskala kecil maupun besar.

Adapun penerapan digital marketing adalah dengan menggunakan media sosial, website, platform e-commerce, aplikasi, dan lain sebagainya yang terhubung dengan internet sebagai media promosi.

Pentingnya Digital Marketing untuk Pelaku Bisnis di Era Teknologi

Online Marketing - Image from Internet

Dengan semakin meluasnya penggunaan internet di masyarakat, dari kegiatan jual beli online hingga main game online di m88 link, digital marketing tentu telah menjadi hal yang penting.

Lantas apa sajakah manfaat bagi para pelaku usaha dengan menerapkan digital marketing?
Berikut ulasannya.

1. Menghemat Biaya Promosi

Salah satu faktor yang menarik dari penerapan digital marketing adalah penghematan biaya. Media digital yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk yang dijual misalnya media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau TikTok. Anda cukup membuat akun di berbagai platform tersebut. Selain lebih mudah dan praktis, Anda juga dapat lebih menghemat biaya daripada melakukan promosi dengan membuat brosur, spanduk, baliho, atau iklan di televisi.

2. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Pemasaran dengan media digital tidak terbatas pada letak geografis sehingga dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. Anda juga dapat menentukan target pelanggan baik dari usia, hobi, profesi, dan lain sebagainya. Dengan penerapan digital marketing yang maksimal, Anda akan dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan sehingga lebih mengenal apa yang disukai dan tidak disukai oleh target pelanggan Anda.

3. Meningkatkan Penjualan

Ada berbagai cara yang harus diterapkan agar digital marketing dapat membantu Anda meningkatkan penjualan. Tentunya Anda harus meluangkan waktu untuk belajar lebih dalam mengenai trik digital marketing, antara lain dengan mengikuti workshop, seminar, training, serta membaca buku dan artikel yang berkaitan dengan media sosial dan digital marketing. Anda juga perlu menyusun rencana dan strategi secara spesifik. Hal ini mencakup produk yang akan dipasarkan, platform yang digunakan, demografi target pasar, hingga konten yang akan dibuat. Dengan jangkauan pasar yang luas serta penerapan digital marketing yang tepat sasaran, tentunya akan berdampak pada peningkatan penjualan secara signifikan.

4. Mendapatkan Data Pelanggan dengan Cepat dan Tepat

Salah satu keuntungan dari penerapan digital marketing adalah kemampuan dalam memberikan data yang dibutuhkan, terutama terkait pelanggan segala sesuatu yang berhubungan dengan mereka. Data ini tentunya merupakan bagian penting bagi perjalanan bisnis serta sangat dibutuhkan untuk berbagai tujuan. Dari data yang diperoleh, Anda dapat melakukan analisis terhadap kebutuhan para pelanggan, kebiasaan berbelanja, produk yang disukai, dan lain-lain. Semuanya dapat dilakukan dengan lebih cepat dan tepat sehingga Anda dapat melakukan perbaikan untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi.

5. Membangun Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

Komunikasi yang baik antara penjual dan pelanggan merupakan faktor yang penting dalam dunia bisnis. Dengan digital marketing, penjual dapat menyediakan layanan pelanggan online tanpa batasan waktu. Artinya, pelanggan dapat lebih mudah berkomunikasi dan berinteraksi bahkan membangun hubungan yang solid sehingga tercipta pelanggan-pelanggan yang loyal.

6. Menumbuhkan Branding yang Kuat

Digital marketing juga membantu bisnis dalam menumbuhkan branding online yang kuat. Dengan penerapan strategi digital marketing yang tepat, akan tercipta pelanggan lama yang semakin setia serta pelanggan baru yang beralih ke produk Anda.

SHARE ARTIKEL