10 Tips Meningkatkan Kemampuan Memasak

Penulis April | Ditayangkan 20 Jun 2022

Memasak adalah kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh setiap orang untuk bertahan hidup, baik itu bagi laki-laki maupun perempuan.  Meskipun termasuk kemampuan dasar, sebagian orang mungkin masih merasa belum bisa memasak dengan benar, entah karena ragu mencobanya, belum terbiasa, takut gagal, atau mungkin kendala lainnya.

10 Tips Meningkatkan Kemampuan Memasak

Asah kemampuan menjadi Chef Nasional

Oleh karena itu, bacaan kali ini akan membahas mengenai tips meningkatkan kemampuan memasak. Yuk, coba ikuti tipsnya di bawah ini!

1. Jangan Pernah Takut Gagal

Hal paling penting guna meningkatkan kemampuan memasak supaya lebih mahir adalah jangan pernah takut gagal setiap kali mencobanya. Kegagalan saat bereksperimen memang kerap kali terjadi, namun bukan berarti Anda tidak akan berhasil selamanya. Justru kesempatan seperti ini sebaiknya dijadikan sebagai pembelajaran agar lebih baik lagi ke depannya nanti.

Gagal saat bereksperimen dengan resep masakan bagi sebagian orang mungkin membawa rasa trauma, lalu malas mencobanya lagi di kemudian hari. Ketika merasa selalu salah dalam memasak, maka cobalah untuk mengulas kembali apa yang sebelumnya menjadi kesalahan. Misalnya membuat pasta carbonara terlalu amis atau lembek, maka cobalah untuk memperbaikinya dengan mengganti bahannya maupun teknik merebusnya.

Apabila terus-menerus takut gagal, maka tidak akan bisa mengembangkan kemampuan dasar bertahan hidup tersebut. Hilangkan ketakutan tersebut, mulailah memasak dengan mencontoh resep-resep sederhana terlebih dahulu.

2. Coba Lakukan Eksperimen Resep Baru yang Mudah

Tips supaya jago masak bisa dimulai dari hal sederhana, salah satunya adalah mencoba berbagai resep baru. Tidak harus resep yang susah ataupun bahannya kompleks, cobalah terlebih dahulu menu-menu sederhana seperti tumisan atau mungkin yang lainnya.

Teknologi semakin berkembang dari waktu ke waktu, maka cobalah untuk memanfaatkannya dalam hal meningkatkan kemampuan memasak. Apalagi saat ini media sosial tidak hanya dipakai untuk mengunggah konten keseharian, tetapi juga banyak tersedia konten memasak dalam bentuk video. Pilihlah postingan yang memberikan cara membuat hidangan sederhana dengan bahan-bahan mudah didapat, kemudian cobalah bereksperimen membuatnya.

Selain konten video, mencari resep baru simpel untuk eksperimen bisa juga melalui aplikasi khusus memasak maupun lewat blog. Pilihlah sajian yang mudah dibuat dan bahan-bahannya tidak rumit, serta prosesnya tidak terlalu lama. Misalnya bagi pemula, sebaiknya tidak langsung mencoba membuat rendang, opor, maupun olahan pastry.

3. Menonton Video Tips Memasak di Internet

Menonton video memasak di internet memang diperlukan guna meningkatkan kemampuan memasak. Namun hal yang paling penting yaitu menonton video tips masak, misalnya cara memegang pisau dengan benar, jenis-jenis bumbu, cara mengempukkan daging, dan lain sebagainya. Mempelajari hal dasar tersebut perlu dilakukan supaya dapat memasak dengan baik.

Banyak video tips memasak di internet yang bisa ditonton, terutama dari kanal para chef. Melalui kanal tersebut, mereka sering membagikan macam-macam tips untuk membantu audiensnya bisa belajar membuat segala bentuk masakan dengan baik. Mempelajari teknik dasar tersebut, juga berguna dalam menghindari kecelakaan di dapur, salah satunya terluka karena salah memegang pisau.

4. Kenali Macam Bahan Makanan dan Bumbu

Bagaimana tips lainnya untuk meningkatkan kemampuan memasak supaya lebih jago? 

Mulailah dengan belajar mengenali berbagai macam bahan makanan dan bumbu beserta kegunaannya. Ini hal dasar yang sangat penting dipelajari supaya tidak salah memasukkan bahan dan paham bagaimana fungsinya.

Ketahui pula macam bahan masakan supaya dapat menyesuaikan teknik memasaknya. Selain itu, mengenali berbagai macam bahan dan bumbu juga dilakukan untuk mengetahui teknik penyimpanannya, bisa dipadukan dengan hidangan seperti apa, dan lain sebagainya. Misalnya ketika hendak membuat tumis udang, maka Anda perlu memahami bagaimana cara membersihkan udang dengan baik, bumbu di dalamnya, dan lainnya.

5. Lengkapi Peralatan Memasak Sesuai Kebutuhan

10 Tips Meningkatkan Kemampuan Memasak

5 Panci Steamer Terbaik dengan Harga Terjangkau - Image from lottermart.co.id


Apabila ingin meningkatkan kemampuan memasak, maka perlu dukungan lain berupa peralatannya. Contoh peralatan yang bisa digunakan untuk menunjang proses memasak, antara lain wajan, teflon, steamer, oven, saucepan, pisau, dan jenis lainnya.

Misalnya ketika hendak mencoba resep dimsum, maka Anda membutuhkan steamer atau panci kukusan untuk mengukus olahan dimsum tersebut. Memilih panci steamer tidak harus mahal asalkan berkualitas meskipun harganya terjangkau. Maka, perhatikan terlebih dahulu spesifikasinya kemudian sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Sesuaikan peralatan di dapur dengan kebutuhan. Namun jika hendak mempelajari cara membuat kue-kuean, belilah oven sebagai pendukung.

6. Ikuti Kursus atau Pelatihan

Meningkatkan kemampuan memasak supaya lebih jago dapat dilakukan dengan cara mengikuti kursus atau pelatihan langsung. Banyak cara mendapatkan informasi seputar kursus tersebut di internet maupun bertanya langsung ke orang lain, namun pelatihan seperti itu kebanyakan berbayar.

Mengikuti kursus memasak di lembaga khusus mampu mengasah kemampuan tersebut dengan sangat baik. Apalagi setiap sesi pertemuannya pasti diajarkan membuat hidangan berbeda, mulai dari makanan berkuah, tumisan, kue, dan sebagainya.

Namun tidak semua orang memiliki dana lebih untuk mengikuti pelatihan atau kursus memasak. Solusinya adalah belajar dari orang yang lebih jago, misalnya orang tua, teman, rekan kerja, dan lainnya. 

7. Melamar Pekerjaan di Restoran atau Rumah Makan

Melamar pekerjaan di restoran atau rumah makan ternyata juga bisa membantu meningkatkan kemampuan memasak, lho. Khususnya jika Anda melamar sebagai cook helper yang bertugas membantu segala aktivitas di dapur, misalnya mengemas, merapikan, mempersiapkan, sampai membersihkan bahan makanan.

Ketika menjadi cook helper, nantinya Anda jadi lebih tahu bagaimana cara menyimpan bahan makanan dengan baik supaya lebih awet, cara mencucinya, hingga memilah yang sudah tidak layak konsumsi. Dengan begitu, kebiasaan tersebut membawa Anda jadi lebih tahu mengenai teknik memasak sekaligus menyimpan kebutuhan dapur dengan baik dan benar.

8. Belajar Resep Masakan Rumahan Sehari-hari

Merasa susah mencoba resep baru yang sedang populer di internet? Cobalah belajar melalui resep hidangan rumahan sehari-hari atau yang memang biasa dikonsumsi di rumah. Cara ini efektif membantu Anda jadi lebih mahir mengolah bahan di dapur sendiri.

Apabila sebelumnya tidak terbiasa memasak, maka cobalah mulai mengumpulkan niat untuk melakukannya. Saat sedang di rumah, bisa dimulai dengan membantu orang tua menyiapkan hidangan sehari-hari untuk keluarga. Namun jika sedang jauh dari kampung halaman, dapat meminta resep hidangan rumahan dari kampung halaman, atau menonton video masakan rumahan di internet kemudian sering-sering praktikkan supaya semakin mahir.

9. Jangan Terlalu Memaksakan Diri

Ketika sedang belajar memasak, tidak perlu terlalu memaksakan diri. Meskipun memang merupakan kemampuan dasar, tetaplah bersenang-senang setiap melakukannya, kemudian jadikan sebagai pengalaman menyenangkan sekaligus pembelajaran agar lebih baik lagi.

Selain itu, tidak semua sajian harus tergantung pada resep yang dilihat. Kreasikan dengan versi diri sendiri, apalagi jika sudah terbiasa di dapur pasti tidak akan terlalu memusingkan harus mengikuti takaran nantinya.

10. Terus Berlatih

Terus berlatih merupakan kunci agar jago masak. Lakukan terus latihan menggunakan resep yang Anda sukai, sering membuat makanan sendiri daripada membeli di luar, atau mungkin sering membuatkan hidangan untuk keluarga setiap harinya. Cara ini bukan hanya ampuh dalam meningkatkan kemampuan masak, tetapi juga lebih sehat.

Mungkin kesalahan dalam membuat hidangan sering kali ditemui. Namun jangan menjadikannya sebagai alasan untuk berhenti belajar. 

Terapkan tips di atas supaya lebih jago memasak. 

Jangan pernah berhenti mencoba meskipun sebelumnya sempat gagal berulang kali, jadi teruslah berlatih hingga mahir dan terbiasa melakukannya. 

Semoga tips ini dapat membantu!




SHARE ARTIKEL