Seorang Muslim tidak akan Pernah Tinggalkan Shalat 5 Waktu

20 Feb 2020  Arief Prasetyo

Seorang Muslim tidak akan Pernah Tinggalkan Shalat 5 Waktu

Kewajiban seorang muslim ialah sholat 5 waktu - Image from facebook.com

Anda seorang muslim?

Sholat yang nanti di hisab pertama, jika anda seorang muslim, pasti tidak akan pernah meninggalkan shalat 5 waktu. Jangan sampai melupakan sebagai kewajiban umat muslim....

Sebagai muslim, tentu menjadi keyakinan kita bahwa setiap amal di dunia akan berdampak pada kehidupan akhirat kelak. Namun tahukah anda, seluruh amal yang kita perbuat selama hidup bergantung pada shalat....

Baca Juga:

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw :

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {اتَّقُوا اللهَ فِى الصَّلَاةِ، اتَّقُوا اللهَ فِى الصَّلَاةِ، اتَّقُوا اللهَ فِى الصَّلَاةِ، اتَّقُوا اللهَ فِيْمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ، اتَّقُوا اللهَ فِى الضَّعِيْفَيْنِ المَرْأةِ الْأَرْمَلَةِ وَالصَّبِيِّ الْيَتِيْمِ}.

Artinya: “Bertaqwalah kepada Allah di dalam shalat, bertaqawalah kepada Allah di dalam shalat, bertaqwalah kepada Allah di dalam shalat, bertaqwalah kepada Allah di dalam harta-harta kalian miliki, bertaqwalah kepada Allah di dalam dua orang yang lemah, yakni wanita janda dan anak yatim.” (Hadis ini diriwayatkan oleh imam Al-Baihaqi dari Anas bin Malik).

Baca Juga:

Bahkan, saking wajibnya, Allah SWT senantiasa memberikan keringanan dalam melaksanakannya. Ketika seseorang tidak mampu berdiri, diperbolehkan dengan duduk.

Jika tidak mampu duduk, maka dengan berbaring. Jika tidak dapat bergerak, maka dengan isyarat. Jika tidak dapat memberi isyarat, maka dishalatkan (berarti meninggal).

Begitu pula bagi yang bepergian (safar), maka diberi rukhsah (keringanan) untuk menggabungkan (jama’) dan meringkas (qashar); dzuhur dengan ashar masing-masing dua rakaat.

Maghrib tiga rakaat dengan ‘Isya dua rakaat. Sedangkan shubuh tetap dan tidak digabung dengan shalat lain.

Jadi, seorang muslim tidak ada alasan untuk meninggalkan shalat. Karena Allah SWT telah memberikan keringanan yang amat sangat ringan. Di mana kita tidak akan diberatkan dengan adanya salah satu perintah ini.

Shalatlah yang menjadi penguat tiang agama Islam. Wallahu ‘alam. 

berita
berita viral
berita hari ini
sholat tiang agama

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa