Waspada, 3 Turis Asing di Bali Dicurigai Terjangkit Virus Corona

Penulis Arief Prasetyo | Ditayangkan 27 Jan 2020

Waspada, 3 Turis Asing di Bali Dicurigai Terjangkit Virus Corona

virus corona - Image from cdn2.tstatic.net

Waspada virus mematikan masuk Indonesia..

Sedang dihebohkan dengan virus yang menyerang manusia menjadi seperti zombie, warga diharapkan menjaga kesehatan dan berhati-hati dengan penyebaran virus ini, pasalnya banyak turis dari China ke Indonesia yang dicurigai terjangkit virus tersebut.

Tiga turis asing itu telah diobservasi di RSUP Sanglah. “Sudah ada tiga pasien yang dibawa ke RSUP Sanglah kemarin, masih suspect (dicurigai) belum dinyatakan secara pasti,” kata Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Sanglah dr I Ketut Sudartana kepada wartawan, Jumat (24/1).

Dia mengatakan, salah satu pasien merupakan asal Meksiko. Turis ini baru saja melakukan perjalanan dari China, Filipina, Jakarta, dan Bali. Dua turis lainnya adalah saudara kandung asal China dengan rentang usia antara 5 sampai 6 tahun yang dirujuk dari RS BIMC Bali.

Hasil pemeriksaan para turis ini telah dikirim ke Jakarta untuk memastikan terjangkit atau tidak virus Corona.

“Untuk mendiagnosa perlu melakukan pemeriksaan swap yang dikirim ke Jakarta tapi belum ada hasilnya, sementara kita awas sebagai observasi dulu,” kata dia.

Para turis yang dicurigai terjangkit virus Corona ini juga telah diberikan obat penurun panas dan batuk. Kini, kondisi pasien tengah membaik dengan suhu tubuh sekitar 37 derajat Celcius.

Dia juga mengimbau para wisatawan yang merasa kesehatan tidak baik agar segera berkunjung ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Bagi wisatawan segera datang ke layanan-layanan kesehatan yang ada di Bali, bisa ke puskesmas atau RS swasta,” kata dia.

Sudartana mengatakan, RSUP Sanglah juga telah siap menerima pasien yang dicurigai terjangkit virus Corona. Ada sekitar lima ruangan isolasi yang digunakan bagi pasien.

SHARE ARTIKEL