Kebiasaan Sepele Seperti Ini Ternyata Bikin Tagihan Listrik Membengkak

Penulis Arief Prasetyo | Ditayangkan 14 Jan 2020

Kebiasaan Sepele Seperti Ini Ternyata Bikin Tagihan Listrik Membengkak

Listrik prabayar - Image from liputan6.com

Tagihan listrik bengkak ngeluh, tapi masih aja melakukan kebiasaan seperti ini

Kebiasaan yang bisa membuat tagihan listrik bengkak, banyak yang melakukannya tanpa sadar. Giliran waktu tagihan dibayar kaget tagihannya besar banget, lalu bilang "Padahal gak dipakek apa-apa kok banyak ya tagihannya". 

Padahal tanpa sadar melakukan kebiasaan ini.

Pernahkah Bunda mendapatkan tagihan listrik di rumah yang tiba-tiba melonjak? Mungkin Bunda akan kaget, tapi bisa saja hal itu terjadi karena Bunda dan keluarga kerap melakukan hal sepele yang bikin tagihan listrik rumah membengkak. Apa saja?​

Menurut Kepala Divisi Niaga PLN, Benny Marbun, salah satu penyebab listrik boros adalah penggunaan rice cooker untuk menghangatkan nasi secara terus-menerus.

"Bila sehari rice cooker memanaskan nasi 10 jam, demikian terus setiap bulan, maka pemakaian listrik dari rice cooker adalah 77 W x 10 jam/hari x 30 hari/bulan jadi 23,1 kWh/bulan. Andaikan rumah tangga ini tidak menggunakan penghangat rice cooker, bisa hemat Rp 34.650/bulan.

Selain itu, berikut ini beberapa kebiasaan sepele lainnya yang bisa bikin tagihan listrik rumah membengkak, dikutip dari berbagai sumber.

1. Colokan listrik tidak dicabut

Bunda dan keluarga mungkin kerap lupa dengan ini ya? Terutama colokan charger handphone. Pasti jarang sekali dilepas dari stop kontak walaupun sudah selesai mengisi daya. Kebiasaan tidak dicabut seharian.
Tak Dikasih Uang, Anak ini Tega Aniaya Ibunya Hingga Berdarah-darah

  • MasyaAllah Usai Adzan Subuh, Muadzin di Aceh ini Meninggal Dunia
  • 4. Memasukkan makanan panas dalam kulkas

    Apa Bunda pernah melakukan ini? Misalnya setelah membuat puding, Bunda tak benar-benar menunggu dingin, tapi masih panas langsung dimasukkan ke kulkas, agar bisa cepat dikonsumsi.

    Nah, kebiasaan ini ternyata salah besar, Bunda. Ini bisa membuat tagihan listrik membengkak. Pasalnya, ketika ada suhu panas yang masuk dalam kulkas, maka kulkas akan bekerja keras untuk membuat suhu menjadi normal kembali. Ini membuat daya listrik yang dibutuhkan jadi lebih tinggi.

    Daripada terjadi pemborosan karena kebiasaan sepele ini, lebih baik Bunda sabar menunggu sampai makanan atau minuman tidak panas lagi ya.

    5. Penggunaan lampu pijar

    Penggunaan lampu pijar bisa membuat tagihan listrik membengkak, Bunda. Karena lampu pijar menggunakan arus listrik lebih besar. Nah, agar lebih hemat, gantilah lampu pijar dengan lampu LED. Lampu LED bahkan bisa menghemat energi listrik sampai 90 persen lho. Intensitas cahayanya pun lebih terang.

    SHARE ARTIKEL