Mukjizat Nabi Shaleh dan Kaum Tsamud

Penulis Al Putra | Ditayangkan 21 Apr 2020

Mukjizat Nabi Shaleh dan Kaum Tsamud

Kisah Nabi Shaleh - Image from Pinterest

Berkisar 3 abad yang lalu semasa dengan Nabi Hud Alaihissalam (2100 Sebelum Masehi), terdapat daerah yang dinamakan Al Hijr yang sekarang ini dinamai dengan nama Madain Shaleh, hiduplah satu kaum yang dikenal memiliki kemampuan untuk bisa memotong dan memahat gunung, kaum ini bernama kaum Tsamud.

Keistimewaan Kaum Tsamud

Mukjizat Nabi Shaleh dan Kaum Tsamud

Bagunan Kaum Tsamud - Image from Ispira Data

Keistimewaan yang dimiliki kaum Tsamud ini juga dilengkapi dengan fasilitas akan kesuburan tanah dan letak geografisnya yang sangat strategis, yaitu di jalur perdagangan antara Suriah menuju Yaman.

Namun sayangnya semua nikmat tersebut menjadikan mereka sebagai bangsa yang sombong dan enggan melaksana kan syariat Allah yang diturunkan oleh Nabi sebelumnya.

Di sanalah kemudian Allah mengutus Nabi Shaleh 'alaihissalam untuk memperingatkan mereka tentang akibat keburukan sikap yang mereka bangga kan. 

Namun tentunya bangsa Tsamud tidak serta-merta menurut dengan ajakan Nabi Shaleh untuk merubah sikap mereka, bahkan mereka meminta bukti kepada Nabi Shaleh apakah ia benar-benar seorang Nabi.

Mujizat Nabi Shaleh

Mukjizat Nabi Shaleh dan Kaum Tsamud

Unta - Image from Merdeka.com

Lantas, Allah memberikan mukjizat kepada Nabi Shaleh berupa seekor unta yang yang terlahir dari batu. Sebagai bukti bahwasanya Allah Maha berkehendak, bahkan bisa menciptakan hewan yang hidup dari benda yang mati.

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman :
“Sesungguhnya, telah datang bukti yang nyata kepadamu dari Tuhanmu. Unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu maka biarkanlah ia makan di bumi Allah dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apa pun, (yang karenanya) kamu akan ditimpa siksaan yang pedih.” (QS al-A’raaf:73)

Sebagian kaum Tsamud mengimani akan mukjizat yang Allah berikan kepada nabi Shaleh, namun muncul kedengkian pada sebagian kaum Tsamud terhadap bukti Yang telah Allah berikan dikarenakan rasa sombong dan ingkar di dalam hati mereka.

Baca Juga:

Pembunuhan Unta Oleh Penduduk Tsamud dan Datangnya Azab Allah

Mukjizat Nabi Shaleh dan Kaum Tsamud

Azab Allah Pada Kamum Tsamud - Image from BBC

Unta betina tersebut tinggal selama beberapa waktu di negeri Tsamud, hal tersebut mendorong para kaum Tsamud yang memiliki kedengkian dan kesombongan untuk bersekongkol dan membunuh unta tersebut, sesuai janji Allah yang telah disampaikan oleh Nabi Shaleh kepada kaumnya bahwasannya akan ada balasan pedih yang akan Allah berikan kepada kaum Tsamud, jika berani mengganggu mukjizat yang Allah berikan kepada nabi Shaleh.

Kemudian Allah mengazab kaum Tsamud dengan petir yang menyambar dan gempa bumi yang sangat dahsyat sehingga tiba-tiba batu besar yang tidak diketahui dari mana datangnya menimpa kepala mereka.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb