Apa itu Mekanisme Antikythera?

Penulis Rizal H | Ditayangkan 25 Feb 2020

Apa itu Mekanisme Antikythera?

mekanisme antikythera - Image from medcom.id

Apa itu mekanisme antikythera yang sempat menjadi doodle oleh Google pada tanggal 17/5/2017.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Mekanisme antikythera adalah sebuah kalkulator mekanik yang diyakini sebagai komputer mekanik tertua di dunia.

Alat ini diperkirakan berumur sekitar 117 tahun dan ditemukan oleh seorang arkeolog bernama Valerios Stais ketika melakukan penyelaman pada tahun 1901 di sebuah kapal karam di lepas pulau Antikythera sebuah pulau di Yunani.
Awal mula dari penemuan alat ini adalah ketika sekelompok pencari harta karun pada tahun 1990 melakukan penyelaman di sekitar lepas pantai Antikythera, sebuah pulau di antara Kreta dan Peloponnesos, Yunani.

Melalui upaya penyelaman di 150 kaki mereka menemukan sebuah bangkai kapal yang diduga merupakan kapal dagang bangsa Romawi yang tenggelam pada Abad ke 1 sebelum Masehi, lebih tepatnya sekitar tahun 85-60 SM.

Eksplorasi yang dilakukan selama satu tahun ini berhasil menemukan beberapa barang antik seperti benda-benda keramik, patung, koin dan salah satu penemuan barang antik diantaranya adalah mekanisme antikythera ini.

Apa itu Mekanisme Antikythera?

Apa Itu Mekanisme antikythera - Image from herosoftmedia.com

Diperkirakan usia dari mekanisme antikythera ini adalah sekitar 117 tahun, bukti ini diperkuat dengan ditemukannya koin yang juga terdapat pada kapal selam tersebut.
Ada koin dari pergamon yang diperkirakan dibuat pada tahun 86 - 67 SM dan koin dari Efesus dibuat antara 70 SM dan 60 SM, ini berarti kapal tersebut tenggelam antara 70 - 60 SM.

Ada satu keunikan dari alat ini yakni terdapat panduan bagaimana cara mengunakan alat ini. Terdapat rangkaian tulisan kecil di bagian belakang menggunakan aksara Yunani kuno sejenis buku panduan pada perangkat masa sekarang. Pada tulisan tersebut terdapat panduan cara pembuatan perangkat, cara menggunakan, serta sejumlah pengetahuan astronomi yang sudah terkuak pada saat alat ini dibuat.

Dari hasil penelitian terbaru, seorang ilmuwan berhasil membaca 3.500 karakter atau 500 kata berukuran 1,2 milimeter yang terukir pada mesin berumur sekitar 2.100 tahun ini. Pembacaan ini tergolong rumit dikarenakan ilmuwan harus melihat lusinan hasil pindaian berkali kali dari huruf yang sangat kecil, alat ini terbungkus didalam sebilah kayu dan dioperasikan dengan cara di engkol. 

Kejelasan dari fungsi sebenarnya dari mesin antikythera ini baru terungkap pada tahun 2009 para ilmuwan berhasil menentukan fungsi dari mekanisme antikythera, dimana fungsinya adalah digunakan untuk kebutuhan astronomi pada zamannya, seperti untuk mengkalkulasi posisi matahari, bulan, dan mungkin beberapa planet.
Mekanisme antikythera mesin ini terdiri dari beberapa rangkaian roda gigi yang bekerja secara bersamaan menyerupai jam mekanik, alat ini juga dilengkapi tiga tombol besar dan satu tombol kecil. Orang masa lalu menggunakan mekanisme antikythera untuk kebutuhan astronomi seperti mengetahui posisi matahari dan bulan dalam zodiak, posisi planet-planet di tata surya, dan memprediksi gerhana.

Baca Juga:

Apa itu Mekanisme Antikythera?

apa itu mekanisme antikythera - Image from tribunnews.com

Dalam penelitian lain benda ini nyatanya juga berfungsi sebagai jam astronomi, ini bisa terlihat dari rekonstruksi berbentuk gear sejumlah 30 -an yang dioperasikan dengan cara memutar engkol dan membuat perunggu bergigi itu akan berputar maju atau mundur, disisi lain ditemukan zodiak Yunani dan tanda hari dalam kalender Mesir.

Walaupun sudah terungkap fungsi dan cara kerja alat ini, alat mekanik antikythera sampai saat ini menjadi misteri terkait siapa, dimana, dan bagaimana orang yang membuta alat antik ini. Dan juga oleh siapa untuk keperluan apa mekanisme antikythera ini, namun sejumlah dugaan muncul mengenai alat ini seperti digunakan di kuil, sekolah, sampai alat ini merupakan milik orang kaya pada zamannya.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb