Ucapan Selamat Menikah

 05 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Ucapan Selamat Menikah

Ilustrasi ucapan menikah islam - Image from sultraline.id

Menikah merupakan salah satu ibadah yang begitu suci dan mulia, sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. An-Nuur:32 berikut :

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya : "Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui".

Dari hadist diatas, kita dapat mengetahui mengapa menikah merupakan sesuatu yang dianjurkan Allah SWT dan juga sangat dibenci oleh syaitan karena orang yang menikah terhindar dari perbuatan zina.

Zina merupakan perangkap syaitan yang menyebabkan seseorang disiksa di alam kuburnya. Seperti yang pernah disebutkan oleh Rasulullah SAW bahwa para pezina akan disiksa di neraka dalam sebuah tungku raksasa dengan keadaan telanjang. Kemudian dari bawah mereka dinyalakan api yang menyala-nyala. Naudzubillahimindzalik…

Baca Juga : Ini Tujuan Utama Menikah Menurut Ajaran Agama Islam

Ketika seseorang menikah, baik itu saudara kita, teman, maupun kerabat jauh sudah sepatutnya kita mengucapkan selamat untuk mereka sebagai tanda bahwa kita juga ikut bahagia atas pernikahan tersebut.

Berikut artikel ini akan membahas tentang ucapan selamat menikah dalam bahasa arab.

Ucapan Selamat Menikah dalam Islam

Kerap kali ketika orang terdekat kita menikah, kita mengucapkan selamat kepada mereka dengan mengucap "happy wedding", namun akan lebih baik lagi jika mengucap ucapan selamat menikah menggunakan cara yang islami. Karena ucapan islami tersebut mengandung doa-doa yang bisa kita tujukan untuk kehidupan yang akan dijalani kedua mempelai selepas pernikahan.

Berikut contoh ucapan selamat menikah islami.

1. Doa sesuai ajaran Rasulullah SAW

Rasulullah bersabda “Ucapkanlah, ‘Barakallahu lakum wa baraka alaikum’ (mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan).”
(Hadits sahih riwayat Ibnu Abi Syaibah, Darimi, Nasa’i, Ibnu Majah, Ahmad, dan lain-lain).

2. Doa yang diucapkan Nabi saat pernikahan Fatimah

Doa ucapan selamat menikah lainnya yang Rasulullah ucapkan kepada seorang mempelai yaitu ‘Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir’.

Yang mana doa ini diucapkan Rasulullah di pernikahan anaknya yaitu Fatimah yang dipersunting Ali bin Abi Thalib.

3. Doa Nabi Muhammad SAW untuk Abdurrahman bin Auf


Doa ucapan selamat menikah islami yang satu ini cukup pendek dibandingkan dengan dua doa diatas, yaitu “Baarakallahu laka (semoga Allah menambahkan keberkahan).”

Adapun lafadz doa tersebut diucapkan nabi ketika memberi doa kebaikan kepada Abdurrahman bin Auf.

Kita bisa mengucap doa mana saja diantara ketiga doa untuk ucapan selamat menikah diatas. Karena ketiga doa tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu mendoakan kebahagiaan kedua mempelai.

Baca Juga : Inilah Alasan Kenapa Menikah Disebut Menyempurnakan Separuh Agama

Doa untuk Mempelai Pria

Pria yang menikah nantinya akan mengemban beban yang berat, yakni menjadi kepala keluarga dan juga kepala rumah tangga. Yang mana ia harus mencukupi kebutuhan anak istrinya. Oleh karena itu ada lafadz tersendiri yang digunakan sebagai doa selamat menikah untuk mempelai pria yaitu :

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Bârakallâhu laka, wa bâraka ‘alaika, wa jama‘a bainakumâ fî khairin wa ‘afiyah.

Artinya : “Semoga Allah SWT memberi berkah untukmu. Semoga Allah menurunkan kebahagiaan atasmu. Semoga Allah SWT menyatukan kamu berdua dalam kebaikan dan ‘afiyah,” (Sayyid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Kemaslahatan doa ini selain untuk kedua mempelai juga diharapkan bisa berpulang kepada undangan yang hadir mendoakan mempelai.

Sunnah Menabuh Rebana saat Pernikahan

Ketika acara pernikahan digelar, kita pasti sering menjumpai adanya tabuhan rebana sebagai iring-iringan mempelai. Hal ini bukan hanya bertujuan sebagai hiburan semata, namun adalah salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW.

Hal ini tertuang dalam sabda Rasulullah berikut,

أعلنوا النكاح واضربوا عليه بالدف 

Artinya : "Umumkanlah suatu pernikahan dan pukullah rebana dalam rangka hal itu."

Demikian artikel tentang ucapan selamat menikah dalam bahasa arab ini. Semoga dapat bermanfaat.