Makanan Khas Jakarta yang Wajib Kamu Coba

 03 Oct 2019  Bima P

Makanan Khas Jakarta yang Wajib Kamu Coba

khas jakarta - Image from jakarta-tourism.go.id

Makanan khas Jakarta - pada dasarnya memiliki ciri khas sama dengan makanan khas daerah lain di Indonesia yaitu kaya akan cita rasa dan rempah. Indonesia sendiri dikenal akan kaya makanan khas dari berbagai daerah. Tapi tentu saja seperti judul di atas, kali ini kami akan fokus pada makanan Ibukota tercinta kita DKI Jakarta.

Pada dasarnya makanan khas Jakarta juga merupakan makanan khas Betawi, karena meski saat ini suku Betawi menempati peringkat kedua sebagai suku terbanyak di Jakarta dan suku Jawa sebagai peringkat pertama, namun tidak dipungkiri bahwa suku Betawi termasuk salah satu suku asli dan tertua di Jakarta.

Mari kita simak dibawah 7 makanan khas Jakarta.

Ditengah banyaknya makanan-makanan bernuansa modern atau kebarat-baratan, makanan khas Jakarta tetap mempertahankan resep asli yang setia pada cita rasa nenek moyang.

Makanan Khas Jakarta

1. Nasi Uduk

Makanan Khas Jakarta yang Wajib Kamu Coba

nasi uduk - Image from rumahmesin.com

Nasi uduk memang sudah populer bahkan di daerah luar Jakarta. Ya kita memang sudah sering menemui atau bahkan sering membeli nasi uduk di daerah kita masing-masing. Namun anda tetap harus mencicipi nasi uduk saat anda bertandang ke Jakarta. Karena kami jamin cita rasa yang diberikan jauh lebih kaya daripda nasi uduk yang berada di luar daerah Jakarta.

Nasi uduk sendiri terdiri dari nasi gurih dengan berbagai macam lauk, karena nasinya sudah gurih, banyak lauk yang akan terasa cocok di lidah bila dipadukan dengan nasi uduk. Macam-macam lauk sebut saja ayam goreng, kering tempe, bihun goreng dan masih banyak lagi.

2. Soto Betawi

Makanan Khas Jakarta yang Wajib Kamu Coba

soto betawi - Image from www.merdeka.com

Selanjutnya adalah makanan ikon khas Jakarta, soto betawi. Ciri khas dari santapan ini adalah kuah sotonya yang mengandung santan sehingga terasa lebih gurih dan ditambah jeroan-jeroan sapi yang menambah cita rasanya. Jeroan seperti babat, paru, kikil menjadikan hidangan ini tidak boleh anda lewatkan.

Dikombinasikan dengan nasi putih, soto betawi akan nikmat anda santap saat jam makan siang.

3. Semur Jengkol

Makanan Khas Jakarta yang Wajib Kamu Coba

semur jengkol - Image from www.merdeka.com

Banyak dari anda yang pasti sudah bisa menebak hadirnya menu ini dalam daftar kami. Ya semur jengkol merupakan salah satu makanan khas Jakarta yang wajib anda cicipi.

Meski banyak dari masyarakat kita yang tidak terlalu "menggemari" aroma dari olahan jengkol, tapi tidak bisa dipungkiri menu semur jengkol ini terasa gurih dan nikmat, belum lagi jengkol sendiri memiliki banyak manfaat seperti kaya akan zat besi dan protein.

4. Ketupat Sayur

Makanan Khas Jakarta yang Wajib Kamu Coba

ketupat sayur - Image from resephariini.com

Makanan khas Jakarta satu ini seringkali dihidangkan saat sarapan. Memiliki nama lain seperti lontong sayur/ketupat lontong, hidangan ini hadir dengan kuah santan yang gurih sangat cocok dipadukan dengan lontong/ketupat. Belum lagi taburan bawang goreng dan kerupuk emping menambah cita rasa hidangan ini.

5. Ketoprak

Makanan Khas Jakarta yang Wajib Kamu Coba

ketoprak - Image from sajiansedap.grid.id

Bagi anda pecinta kuliner pedas, makanan khas Jakarta yang satu ini wajib anda coba. Paduan lontong, bihun, toge, dan tahu kemudian disiram bumbu kacang dan ditambahkan kerupuk, sulit rasanya untuk menolak hidangan satu ini. Cita rasa gurih dan pedas akan menggugah selera makan anda.

6. Gado-gado

Makanan Khas Jakarta yang Wajib Kamu Coba

gado gado - Image from masakapahariini.com

Gado gado merupakan makanan kebanggan masyarakat Jakarta atau bahkan Indonesia karena bisa bersaing dengan makanan salad ala barat. Dengan cita rasa daerah yang kuat, gado gado sulit diabaikan bagi para pecinta sayuran. Dengan bumbu kacang yang gurih ditambah beraneka macam sayur seperti kol, bayam, kacang panjang, dan mentimun, gado gado tidak hanya nikmat namun juga menjadi salah satu makanan khas Jakarta yang menyehatkan.

7. Kerak Telor

Makanan Khas Jakarta yang Wajib Kamu Coba

kerak telor - Image from dapurkobe.co.id

Tidak mungkin akan lengkap rasanya jika kita membahas makanan khas Jakarta tanpa hadirnya makanan istimewa yang satu ini. Dapat ditemui hampir di seluruh sudut kota Jakarta, yang seakan menjadi bukti kuat bahwa kerak telor itu sendiri menjadi satu kesatuan dengan Jakarta.

Perpaduan telor ayam, ebi, beras ketan putih dan ditaburi kelapa sangrai, makanan gurih satu ini tentu saja tidak boleh anda lewatkan.

8. Kue Geplak

Makanan Khas Jakarta yang Wajib Kamu Coba

geplak - Image from indonesiakaya.com

Makanan khas Jakarta Timur ini berbahan dasar beras. Teksturnya yang lembut dan juga manis menjadi cita rasa khas dari kue ini. Karena proses adonannya yang ditepuk-tepuk saat dibuat, terwujudlah nama "geplak".

9. Dodol Betawi

Makanan Khas Jakarta yang Wajib Kamu Coba

dodol betawi - Image from merdeka.com

Bertekstur lembut dan kenyal, makanan khas Jakarta Utara ini wajib anda cicipi. Tidak afdol rasanya jika anda tidak membawa makanan ini sebagai oleh-oleh sepulang anda dari Ibukota Jakarta.

Itulah makanan khas Jakarta yang wajib anda coba. Apakah anda merasa ada menu makanan lain khas Jakarta yang wajib menggantikan salah satu dari daftar di atas? Silahkan berikan pendapat anda pada komen di bawah.