Gigi Tonggos : Penyebab dan Cara Memperbaiki

 08 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Gigi Tonggos : Penyebab dan Cara Memperbaiki

Gigi tonggos 1 - Image from www.vidio.com

Mempunyai gigi tonggos bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Gigi depan yang maju dapat mengubah bentuk wajah dan bahkan dapat membuat sulit mengatupkan mulut secara rapat. Lantas, apa sih penyebab gigi tonggos? lalu apakah gigi tonggos bisa diperbaiki? Yuk, cari tahu jawabannya disini.

Gigi Tonggos Itu Apa?

Gigi tonggos berasal dari istilah overbite atau maloklusi. Kondisi ini terjadi apabila posisi gigi atas lebih maju dibandingkan dengan gigi bagian bawah yang terjadi karena adanya hubungan yang tidak normal antara lengkung gigi atas dan bawah ketika rahang dalam keadaan tertutup.

Beda jarak yang normal antara deret gigi atas dengan deret gigi bawah biasanya tidak terlalu mencolok, tapi dapat dikatakan tonggos apabila berjarak lebih dari 2 mm. Apabila anda ingin melihat visualnya, perhatikan gambar gigi tonggos png di bawah ini.

Gigi Tonggos : Penyebab dan Cara Memperbaiki

Gigi tonggos png - Image from sampahmelulu.wordpress.com

Seseorang dikatakan mempunyai gigi yang tonggos apabila :

  • Ukuran rahang atas lebih besar dari normal, tetapi ukuran rahang bawah normal
  • Ukuran rahang atas normal, tetapi ukuran rahang bawah lebih kecil dari normal
  • Ukuran rahang atas lebih besar dari ukuran normal
  • Ukuran rahang bawah lebih kecil dari ukuran normal

Apa Penyebab Gigi Tonggos?

Selain faktor genetik atau faktor keturunan, ada beberapa kebiasaan sehari-hari kita yang dapat memicu gigi menjadi tonggos, antara lain :

1. Menghisap jari

Khususnya adalah menghisap bagian jempol. Hal ini bisa dikatakan sebagai insting yang tanpa sadar kita lakukan. Namun segera ubah kebiasaan ini ya, karena mengisap jempol lama kelamaan bisa menekan gigi depan dan menyebabkan gigi jadi lebih maju.

2. Menghisap dot

Menghisap dot atau empeng bisa menjadi salah satu faktor pemicu gigi tonggos. Bahkan ada penelitian yang mengatakan bahwa gigi anak yang terlalu sering mengisap dot akan maju lebih cepat daripada anak yang tidak mempunyai kebiasaan tersebut. Adapun penelitian tersebut diterbitkan di Journal of American Dental Association tahun 2016.

3. Adanya gangguan pada gigi

Gigi berantakan dapat menyebabkan tampilan gigi bagian atas menjadi lebih maju. Hal yang sama juga dapat terjadi apabila gigi bagian atas ada yang ompong. Hal ini karena gigi yang hilang ini lama-lama dapat menggeser gigi lain dan dapat berpengaruh pada posisi gigi bagian depan.

4. Adanya tumor di mulut

Tumor yang ada di mulut maupun rahang ternyata juga bisa mengubah posisi gigi dan juga bentuk rahang. Pertumbuhan jaringan lunak atau tulang yang tidak normal pada mulut atau rahang bagian atas bisa menyebabkan gigi bergeser ke depan. Dan akhirnya gigi akan terlihat lebih maju.

Apakah Gigi Tonggos Dapat Diperbaiki?

Sebenarnya gigi yang tonggos tidak perlu diberikan perawatan apa pun jika tidak menimbulkan masalah yang fatal. Bahkan ada lho beberapa artis besar yang cuek saja dengan gigi tonggosnya, salah satu contohnya adalah Freddie Mercury, vokalis band Queen.

Tetapi jika Anda merasa terganggu, dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter gigi untuk memperbaiki struktur gigi. Karena selain memperbaiki kerapian gigi, perawatan khusus juga bertujuan untuk menghindari dari adanya komplikasi. Salah satu pilihan pengobatan untuk merapikan gigi tonggos adalah dengan pemakaian behel.

Pemasangan Behel

Pada dasarnya, kawat gigi atau behel adalah alat yang terbuat dari ortodontik archwire, elastik, dan bahan lainnya yang bisa ditransmisikan pada gigi Anda dan ke dalam tulang di sekitarnya untuk menstimulasi respon biologis gigi Anda. Hal ini karena pertumbuhan gigi adalah proses fisiologis, dan supaya gigi dapat bertumbuh sesuai dengan tulang di sekitarnya, akar gigi harus diubah ulang dengan menempelkan kawat gigi di bagian belakang gigi.

Pemasangan behel ini sering dianjurkan oleh dokter gigi untuk memperbaiki struktur gigi yang tonggos. Sebelum melakukan pasang behel, perlu dilakukan beberapa tindakan medis seperti rontgen gigi baru dokter dapat memilih behel yang paling cocok untuk gigi Anda.

Setelah pemasangan behel mungkin Anda akan merasa tidak nyaman, hal ini dikarenakan gesekan antara kawat behel dan tulang di mulut bisa memicu luka. Namun Anda tidak perlu khawatir karena dokter gigi akan memberikan obat untuk meredakan rasa perih tersebut.

Gigi tonggos setelah memakai behel akan membuat gigi yang sebelumnya berantakan terlihat lebih rapi dalam jangka waktu tertentu, selain itu juga bisa memperbaiki gigi bagian depan rahang atas yang tumbuh tidak sejajar menjadi lebih sejajar dengan gigi bawahnya.

Jika kamu ingin memasang behel, simak biayanya disini Daftar Lengkap Harga Behel Gigi Terbaru 2019 Beserta Penjelasannya

Berapa Lama Durasi Terbaik Memakai Behel?

Ketika memakai behel, Anda pasti bertanya-tanya gigi tonggos pakai behel berapa lama? Nah pada umumnya, gigi tonggos behel memerlukan durasi pemakaian yang berbeda-beda pada setiap orang.

Sebagai perkiraan, berdasarkan survey dibutuhkan waktu sekitar 20-23 bulan guna menyelesaikan perawatan gigi dengan behel. Namun ada juga orang yang hanya mengenakan behel selama enam bulan, dan ada yang memilih hingga tiga tahun. Namun pada umumnya behel butuh dipakai sekitar hingga dua tahunan sebelum behel dilepas.

Lalu apa yang membedakan durasi waktu dalam memakai behel? Simak faktor-faktor dibawah ini.

1. Usia

Waktu ideal untuk memakai kawat gigi adalah mulai usia tujuh tahun, karena pada usia tersebut kondisi rahang pada gigi masih tumbuh sehingga perbaikan struktur gigi dapat lebih mudah dan cepat.

Hal ini menyebabkan pemasangan behel pada orang dewasa membutuhkan waktu yang lebih lama karena sudah selesai masa pertumbuhannya.

2. Kondisi Gigi

Kondisi gigi sangat berpengaruh pada durasi pemakaian behel. Semakin parah kondisi gigi, tentu semakin panjang durasi pemakaiannya. Dan apabila kondisi gigi disebabkan karena kelainan pada rahang, akan dibutuhkan waktu yang lebih lama lagi atau bahkan bisa ditambah dengan tindakan operasi.

3. Kebiasaan

Faktor kebiasaan sehari-hari juga bisa mempengaruhi durasi pemakaian behel. Jika Anda rutin mengontrol gigi ke dokter gigi maka akan cepat proses perawatannya.
Selain itu, menjaga kesehatan gigi juga berpengaruh. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang melakukan perawatan gigi dengan behel, selalu jaga kesehatan gigi Anda dengan menyikat gigi secara rutin, memakai obat kumur yang sesuai, dan hindari makanan bertekstur keras. Simak cara lengkap merawat behel disini Cara Merawat Behel Fashion Serta Pemasangannya

Demikian artikel tentang gigi tonggos behel ini semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa selalu jaga kesehatan gigi ya!