Doa Untuk Diri Sendiri

 04 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Untuk Diri Sendiri

Ilustrasi doa untuk diri sendiri - Image from doadoapanduan.blogspot.com

Kita sebagai manusia pasti tidak luput dari yang namanya dosa. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita orang muslim untuk memohon kepada Allah agar mengampuni dosa-dosa kita.

Selain itu, kita juga dianjurkan untuk mengucap doa untuk diri sendiri. Hal ini sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW untuk memulai segala sesuatu dari diri sendiri. Apa manfaatnya jika kita meminta orang lain untuk menjadi hamba yang baik, sedangkan kita sendiri belum bisa memperbaiki diri. Rasulullah SAW bersabda :

ابدأ بنفسك

Artinya : “ Mulailah dari dirimu sendiri “. (HR Muslim)

Begitupun dalam hal berdoa, kita dianjurkan untuk mengucap doa buat diri sendiri terlebih dahulu sebelum mendoakan orang lain. Dan hal ini pun sudah menjadi kebiasaan atau sunnah Rasulullah SAW dan para sahabatnya.

Berikut artikel ini akan membahas tentang doa untuk diri sendiri beserta gambar orang minta ampun.

Doa Untuk Diri Sendiri


Mendahulukan diri sendiri ketika berdoa bukanlah sifat egois, melainkan hal ini adalah salah satu adab dalam berdoa.
Adapun lafadz doa buat diri sendiri adalah : 

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا

ALLOOHUMMAGFIR LII WA LIWAALIDAYYA ARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIROO

Artinya :
"Ya Allah, Ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku) dan kasihanilah keduanya sebagaimana mereka mendidikku semenjak kecil."

Perlu diingat bahwa sebelum mengucap doa, kita disunnahkan untuk membaca hamdalah terlebih dahulu, yang mana disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW bahwa hamdalah adalah sebaik-baiknya doa.

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ أَفْضَلُ الذِّكْرِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَفْضَلُ الدُّعَاءِ الْحَمْدُ لِلَّهِ

Artinya : Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu ‘anhu ia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallah dan doa yang paling utama adalah Alhamdulillah.” (Hadits hasan, diriwayatkan oleh Tirmidzi, lihat Ash Shahihah no. 1497)

Baca Juga : Doa Ulang Tahun Islami yang Terbaik untuk Diri Sendiri, Anak, Suami dan Pernikahan

Doa Lainnya

Selain doa untuk diri sendiri diatas, kita juga bisa melafadzkan doa untuk diri sendiri lainnya yang mana semuanya sudah terkandung dalam Al-Quran. Kita bisa memilih untuk mengucap doa yang mana saja, karena tujuan dari doa-doa ini adalah sama yaitu memohon ampun atas diri sendiri.

Adapun doa untuk diri sendiri lainnya adalah :

1. Doa yang dibaca Nabi Ibrahim

Doa Nabi Ibrahim untuk diri sendiri dijelaskan dalam QS. Ibrahim ayat 41 berikut ini :

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Rabbanagfir lī wa liwālidayya wa lil-mu`minīna yauma yaqụmul-ḥisāb

Artinya : “Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari.

Salah satu cara meminta hajat diri sendiri : Manfaat Sholat Hajat yang Luar Biasa Baik di Dunia Maupun di Akhirat

2. Doa yang dibaca Nabi Musa

Doa Nabi Musa ini tertuang dalam Q.S Al-Qashash ayat 16 berikut :

قَالَ رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي فَغَفَرَ لَهُ ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ 

Qāla rabbi innī ẓalamtu nafsī fagfir lī fa gafara lah, innahụ huwal-gafụrur-raḥīm

Artinya: Musa mendoa: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku". Maka Allah mengampuninya, sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

3. QS. Muhammad Ayat 19

فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مُتَقَلَّبَكُمْ وَمَثْوَاكُمْ 

Fa'lam annahụ lā ilāha illallāhu wastagfir liżambika wa lil-mu`minīna wal-mu`mināt, wallāhu ya'lamu mutaqallabakum wa maṡwākum

Artinya: Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, tuhan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal.

Demikian artikel tentang doa untuk diri sendiri ini semoga dapat bermanfaat, dan dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.