Doa Sebelum Membaca Al-Qur'an

 09 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Sebelum Membaca Al-Qur'an

Ilustrasi doa sebelum membaca al-quran - Image from id.pinterest.com

Membaca Al-Quran tidaklah sama dengan membaca buku biasa. Hal ini karena Al-Qur'an adalah kitab suci yang mana akan memberikan pahala bagi pembacanya. Selain itu, beriman kepada kitab suci Al-Qur'an merupakan salah satu rukun iman umat islam.

Karena Al-Qur'an merupakan kitab suci yang sangat agung serta mulia, maka setiap muslim yang membacanya wajib dalam keadaan yang suci, baik dari hadast kecil maupun hadast besar yang mana hadats kecil bisa disucikan dengan berwudhu, dan untuk menghilangkan hadats besar dengan mandi wajib. Untuk lebih jelasnya silahkan cek : Doa Mandi Wajib Arab dan Latin, Lengkap Beserta Tatacara dan Hukumnya

Selain mensucikan diri, sebelum membaca Al-Quran kita juga dianjurkan untuk mengucap doa pembuka membaca al quran. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai doa sebelum baca quran tersebut.

Doa Sebelum Membaca Al-Quran

Adapun perintah membaca Al-Quran terdapat dalam Q.S Al-Fathir ayat 29-30 berikut : 

 الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ (29) لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ (30)}

Artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Ada pula sabda Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan bahwa barang siapa yang membaca Al-Quran, orang itu akan diganjar tiap hurufnya dengan 10 kebaikan. Maka sudah sepatutnya jika kita mengamalkan perintah tersebut.

Adapun lafadz doa sebelum baca alquran adalah : 

اَللهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

ALLOOHUMMAFTAH 'ALAYYA HIKMATAKA WANSYUR 'ALAYYA ROMA TAKA WA DZAKKIRNII MAANASIITU YAA DZAL JALAALI WAL IKROOMI

Artinya : "Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan".

Bacaan Sebelum Membaca Al-Quran

Selain mengucap doa baca Al-Quran, ada juga beberapa bacaan yang dianjurkan untuk diucapkan sebelum membaca Al-Quran, diantaranya adalah :

1. Membaca Ta'awudz

Disamping membaca doa baca quran, kita juga dianjurkan untuk membaca ta'awudz. Adapun lafadz ta'awudz adalah :

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ.

A’udzu billahi minasyaithonir rojiim

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk".

Lafadz ta'awudz merupakan doa untuk memohon perlindungan dari syaitan, anjuran membaca ta'awudz ini terdapat dalam firman Allah SWT berikut :

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ 

Artinya : “Apabila kamu membaca al-Qur’an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.” (QS. An-Nahl: 98)

Untuk membuat bacaan Al-Qur'an anda lebih fasih, baca Juga :
1. Terbaru, Cara Membaca Alquran dengan Metode yang Tepat Dan Cepat
2. Sebelum Membaca Al-Qur'an, Pahami Hukum Tajwid Terlebih Dahulu

2. Membaca Basmallah
Selain membaca doa sebelum mengaji al quran, kita juga dianjurkan untuk membaca basmallah. Seperti yang kita semua ketahui, lafadz basmallah adalah "bismillahirrahmanirrahim". Membaca basmallah ini dimulai ketika sebelum membaca tiap awal surat Al-Qur'an, namun ada pengecualian pada Q.S At-taubah yaitu surat ke 9 dalam Al-Quran, yang mana kita tidak perlu membaca basmallah saat membacanya.

Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Al Imam an-nawawi di mana beliau mengatakan : 

 وينبغي أن يحافظ على قراءة بسم الله الرحمن الرحيم في أول كل سورة ، سوى براءة فإن أكثر العلماء قالوا إنها آية حيث تكتب في المصحف ؛ وقد كتبت في أوائل السور سوى براءة 

Artinya: "Selayaknya dijaga untuk membaca bismillahirrahmanirrahim di setiap awal surat. Kecuali surat at-Taubah. Karena mayoritas ulama mengatakan, ini adalah satu ayat (khusus) yang ditulis di mushaf. Dan ayat ini ditulis di semua awal surat, kecuali at-Taubah". (at-Tibyan fi Adab Hamalat al-Quran, hlm. 81).

Demikian artikel tentang doa sebelum membaca al quran dan artinya ini, semoga dapat bermanfaat. Dan semoga dengan membaca doa membaca al quran diatas, Allah SWT senantiasa membukakan pintu hikmah dan rahmatNya untuk kita semua, sehingga kita lebih mengimani kekuasaan-Nya, amin yarabbal 'alamin.