Doa Ketika Bersin dan Jawabannya

 03 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Ketika Bersin dan Jawabannya

Ilustrasi doa bersin - Image from chuckography.blogspot.com

Sesungguhnya manusia merupakan makhluk yang sangat lemah. Mereka lahir tanpa mempunyai busana dan juga dengan kondisi yang sangat lemah. Manusia juga sering lupa dan sering kesulitan dalam memahami sesuatu.

Diantara kelemahan manusia salah satunya adalah mudah terkena penyakit. Penyakit disini bisa berupa sakit apa saja, bisa sakit parah hingga membutuhkan pertolongan medis atau sakit ringan seperti batuk dan bersin.

Dalam islam sendiri telah diajarkan bagaimana doa ketika bersin, dan juga doa mendengar orang bersin.

Maksudnya disini adalah ketika kita bersin, maka kita dianjurkan untuk membaca doa, dan bagi orang yang mendengar kita bersin, orang tersebut juga dianjurkan untuk mendoakan kita, dan bagi kita sebagai orang yang bersin wajib menjawab doa tersebut dengan cara berdoa kembali.

Baca : Bacaan Doa Saat Anak Sakit Biar Cepat Sembuh dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Berikut artikel ini akan membahas perihal doa ketika bersin dan jawabannya, beserta gambar orang bersin.

Doa Bersin

Ketika kita bersin, kita melafadzkan doa setelah bersin dibawah ini :

اَلْحَمْدُ ِللهِ

AL-HAMDU LILLAAHI

Artinya :
Segala Puji Bagi Allah

Itulah doa orang bersin, doa tersebut juga kita sebut dengan bacaan hamdalah. Sedangkan seseorang yang mendengar orang bersin, hendaknya mereka membaca doa jawaban bersin dibawah ini :

يَرْحَمُكَ اللهُ

YARHAMUKALLOOHU

Artinya :
Semoga Allah memberi rahmat kepadamu

Selanjutnya, orang yang bersin tersebut kembali berdoa. Adapun lafadz doanya adalah :

يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً


YAHDIIKUMUL LOOHU WA YASLIHU BALAKUM

Artinya :
Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu

Baca Juga : Mengejutkan, Telah Terungkap Rahasia Dibalik Suara Bersin

Hadits Tentang Doa Bersin

Ajaran untuk berdoa ketika bersin sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW sejak zaman beliau. Seperti sabda beliau tentang doa bersin berikut ini :

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنِ اَلنَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – قَالَ: – إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ: اَلْحَمْدُ لِلَّهِ, وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ يَرْحَمُكَ اَللَّهُ, فَإِذَا قَالَ لَهُ: يَرْحَمُكَ اَللَّهُ, فَلْيَقُلْ: يَهْدِيكُمُ اَللَّهُ, وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ – أَخْرَجَهُ اَلْبُخَارِيُّ.

Artinya : Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang di antara kalian bersin, maka ucapkanlah ALHAMDULILLAH (segala puji bagi Allah). Hendaklah saudaranya mengucapkan YARHAMUKALLAH (semoga Allah merahmatimu). Jika ia mengucapkan YARHAMUKALLAH, ucapkanlah YAHDIKUMULLAH WA YUSHLIH BAALAKUM (semoga Allah memberikan petunjuk dan memperbaiki keadaanmu).” (HR. Bukhari) 

Adapun faedah-faedah yang terdapat dalam dalil di atas antara lain adalah :

1. Orang yang bersin diperintahkan mengucapkan hamdalah karena bersin merupakan nikmat dari Allah SWT, karena ada sesuatu yang tertahan dalam tubuh yang akhirnya bisa dikeluarkan. Selain itu, sudah terbukti pula bahwa setelah bersin seseorang akan menjadi lebih bersemangat.

2. Mengucapkan hamdalah untuk orang bersin hukumnya adalah sunnah atau mustahab atau dianjurkan.

3. Bagi orang yang mendengar orang lainnya bersin kemudian mengucap “alhamdulillah”, hendaklah ia mengucapkan “yarhamukallah”. Perintah mengucapkan "yarhamukallah" ini hanya berlaku jika ia mendengar orang yang bersin mengucapkan "alhamdulilah" saja, hal ini dijelaskan dalam sabda Nabi SAW berikut ini :

Dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu disebutkan bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَحَمِدَ اللَّهَ فَشَمِّتُوهُ فَإِنْ لَمْ يَحْمَدِ اللَّهَ فَلاَ تُشَمِّتُوهُ

Jika salah seorang di antara kalian bersin lantas memuji Allah (mengucapkan alhamdulillah), maka balaslah dengan mengucapkan yarhamukallah (tasymit). Jika ia tidak mengucapkan alhamdulillah, maka tidak perlu mengucapkan yarhamukallah.” (HR. Muslim, no. 2992)

Baca Juga : Fakta yang Belum Kita Ketahui Mengenai Bersin! Baca selengkapnya

Etika Saat Bersin

Selain mengucap doa saat bersin, ada juga beberapa etika yang harus kita lakukan saat bersin, diantaranya:

1. Mengarahkan tangan kanan ke depan lubang hidung

Selain membaca doa saat bersin, kita juga dianjurkan untuk mengarahkan tangan kanan ke depan lubang hidung. Ini bertujuan agar orang lain tidak tertular virus dari bersin kita.

Selain itu menutup dengan tangan kanan adalah hal yang baik sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW yang telah memberikan contoh bagi umatnya agar mendahulukan tangan kanan dalam hal-hal yang baik.

2. Mengalihkan pandangan

Hal ini dianjurkan ketika kita berada dalam keadaan ramai. Hal ini dilakukan supaya kotoran atau ingus yang dikeluarkan saat bersin tidak menyebar kemana-mana, terutama jangan sampai mengenai orang-orang yang berada disekeliling kita.

3. Berdoa
Adapun lafadz doanya seperti doa yang sudah dijelaskan diatas.

Demikian artikel tentang doa ketika bersin dan jawabannya ini. Semoga bermanfaat.