Doa Agar Terhindar dari Kejahatan Manusia

 01 Oct 2019  Isfatu Fadhilatul

Doa Agar Terhindar dari Kejahatan Manusia

Ilustrasi doa terhindar dari kejahatan - Image from poskotanews.com

Kejahatan tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi dan pada siapa akan menimpa. Kadang kala kita sudah berhati-hati namun malah orang lain yang menyebabkan kejahatan tersebut.

Oleh karena itu sebagai orang muslim, kemanapun kita pergi hendaknya selalu berhati-hati dan senantiasa memanjatkan doa kepada Allah SWT. Karena pada saat kita terkena musibah kejahatan, selain melindungi diri, kita juga perlu menguatkan hati dengan berdoa.

Berikut akan kita bahas mengenai doa mohon keselamatan dari bahaya.

Doa Terhindar dari Kejahatan

Memang benar adanya bahwa setiap ujian dan musibah adalah takdir Allah SWT, bahkan ujian kejahatan yang datang dari kejahatan manusia sekalipun.

Allah memberikan cobaan tersebut guna mengasah dan meningkatkan keimanan seseorang. Agama islam juga memerintahkan kepada umatnya untuk senantiasa memohon perlindungan Allah SWT dari berbagai musibah dan takdir yang buruk. Seperti sabda Rasulullah SAW  :

تَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

“Berlindunglah kalian kepada Allah dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qadha serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian.” (HR. Bukhari: 6616)

Nah, berikut lafadz doa agar terhindar dari kejahatan manusia :

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّمَا صَنَعْتُ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ ذِىْ شَرٍّ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ

ALLOOHUMMA INNII A'UUDZU BIKA MIN SYARRI MAA SHONA'TU WA MIN SYARRI KULLIDZII SYARRIN LA HAWLA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAHI

Artinya :
"Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan perbuatanku dan dari kejahatan semua yang punya kejahatan, tidak ada daya dan kekuatan melainkan pertolongan Allah."

Baca Juga : Mustajab, Ini Doa yang Bersumber dari Al-Qur'an Agar Terhindar Dari Kejahatan Fitnah 

Doa Agar Dijauhkan dari Kejahatan Manusia

Selain doa yang sudah disebutkan diatas, ada juga doa lain yang berguna untuk memohon kepada Allah SWT agar dihindarkan dari kejahatan orang lain. Seperti yang disebutkan dalam kitab Abwab al-Faraj, Muhammad bin ‘Alawi al-Maliki menyebutkan doa berikut :

اللَّهُمَّ يَا مَنْ نُورُهُ فِي سِرِّهِ وَسِرُّهُ فِي خَلْقِهِ أَخْفِنِي عَنْ أَعْيُنِ النَّاظِرِينَ وَقُلُوبِ الحَاسِدِينَ والبَاغِينَ كَمَا أَخْفَيْتَ الرُّوحَ فِي الجَسَدِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيرٌ

Allahumma yaa man nuuruhu fii sirrihii wa siruhu fii khalqihii, akhfinii ‘an a’yunin naazhiriina wa quluubil haasidiina wal baaghiina kamaa akhfaitar ruuha fil jasadi innaka ‘alaa kullii syai-in qadiir

Artinya : 
“Ya Allah, Tuhan yang cahaya-Nya berada dalam rahasia-Nya dan rahasia-Nya berada dalam makhluk-Nya. Lindungilah aku dari penglihatan orang-orang yang hasud dan orang-orang yang zalim. seperti Engkau melindungi ruh manusia dalam tubuhnya sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu.

Ada juga doa yang diajarkan dalam Al-Quran Surat Ali Imran ayat 147 sebagai doa agar terhindar dari tipu daya orang jahat. Adapun lafadz doa tersebut adalah :

ربَّنَا اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَإِسْرَافَنَا فِي أَمْرِنَا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ


Rabbanagfir lanā żunụbanā wa isrāfanā fī amrinā wa ṡabbit aqdāmanā wanṣurnā 'alal-qaumil-kāfirīn

Artinya :
"Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".

Kita bisa membaca doa manapun dari tiga bacaan doa diatas. Karena sejatinya ketiga doa tersebut mempunyai tujuan yang sama yakni meminta pertolongan Allah SWT agar dijauhkan dari kejahatan.

Demikian artikel tentang doa terhindar dari kejahatan ini, semoga bermanfaat dan semoga kita termasuk orang-orang yang dijaga oleh Allah SWT.