Bacaan Tasbih Tahmid Tahlil dan Takbir Lengkap

 11 Oct 2019  Fajar R

Dalam agama islam terdapat berbagai bacaan-bacaan doa yang dapat dibaca dan diamalkan ketika menjalankan perintah ibadah.

Bacaan-bacaan doa tersebut terdiri dari bacaan-bacaan doa dengan kalimat atau ayat yang pendek hingga yang panjang.

Tidak hanya dibaca ketika akan menjalankan perintah ibadah, tetapi beberapa bacaan doa pun ada dianjurkan dibaca sesudah melakukan perintah ibadah tertentu.

Nah pada ulasan kali ini wajibbaca.com akan mengulas bacaan kalimat tasbih, tahmid tahlil dan takbir.

Bacaan doa ini termasuk dalam bacaan doa dengan kalimat yang singkat dan pastinya biasa dibaca oleh seluruh umat Islam.

Dilihat dari jumlah hurufnya kalimat atau ayat. Bacaan doa tersebut cukup sedikit sekali namun apabila bacaan doa tersebut terus diamalkan pada setiap hari, maka insyaAllah dapat mengangkat derajat yang tinggi secara hakikat pada seseorang yang melafadzkannya.

Bacaan ini merupakan bacaan dzikir, adalah bacaan dengan ayat yang sedikit atau singkat.

Bacaan dzikir ini terdiri bacaan takbir, tasbih, tahlil dan tahmid

Bacaan tasbih juga merupakan salah satu bacaan yang digunakan untuk berdzikir, sebab itulah mengapa bacaan tasbih ini juga disebut kalimat dzikir.

Bacaan tasbih atau kalimat tasbih merupakan kalimat thayyibah, dimana kalimat thayyibah adalah kalimat baik atau perkataan baik dan mengandung perbuatan ma’ruf serta mencegah dari kemunkaran.

Lalu, bagaimana caranya melafadzkan bacaan kalimat dzikir ini

Waktu yang tepat untuk melafadzkannya? Serta berapa kali melafadzkannya sesuai apa yang diperintahkan olehNya?

Nah ulasan yang wajibbaca.com kali ini akan menjawabnya khusus untuk kalian sobat wajibbaca.com

Bacaan Tasbih Tahmid Tahlil dan Takbir Lengkap

Bacaan Kalimat Tasbih Tahmid Tahlil dan Takbir Lengkap - Image from darunnajah.com

Kalimat Bacaan Tasbih, Tahmid, Tahlil dan Takbir

Berikut adalah kalimat tahmid, tahlid, takbir serta bacaan kalimat tasbih dan artinya 

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ

subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar

Artinya : Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, dan Allah Maha Besar.

Baca Juga : Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu

Bacaan tasbih setelah sholat diatas dapat dibaca setelah shalat lima waktu, yakni kalimat tasbih 33 kali, Subhanallah (سبحان الله), tahmid 33 kali, Alhamdulillah (الحمد لله), dan takbir 33 kali, Allahu-akbar (الله أكبر). Tentu sebelumnya dilakukan dengan membaca dzikir seperti Istighfar dan kalimat atau bacaan yang lainnya.

Perintah ini sesuai dengan sabda Rasulullah berikut :

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa bertasbih sebanyak tiga puluh tiga kali, bertakbir tiga puluh tiga kali, dan bertahmid tiga puluh tiga kali, kemudian mengucapkan: Laa ilaaha illa Allah wahdahu laa syarikalah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ’ala kulli sya’in qadir, setiap selesai shalat, maka akan diampuni dosanya meski sebanyak buih di lautan.”(HR Imam Ahmad, Darimi, Malik)

Perintah membaca kalimat-kalimat dzikir ataupun tasbih tidak hanya diperintahkan langsung dalam Al-Qur’an, tapi juga perintah mengamalkan kalimat thayyibah ini juga terdapat pada salah satu hadits yang di riwayatkan oleh imam muslim yang bunyi seperti berikut :

Rasulullah SAW bersabda : Ucapan yang paling Allah sukai itu adalah empat : Subhanallah, al-Hamdulillah, Laa Ilaaha Illa Allah, Allahu Akbar. Tidak ada bahaya dari manapun kamu mulai. (HR. Muslim).

Oleh sebab itu apabila suatu amalan langsung di perintah dari Al-Qur’an maupun hadits sudah pasti itu sangat di anjurkan. Dikarenakan terkandung didalamnya keutamaan-keutamaan. Misalnya seperti keutamaan yang disabdakan Rasulullah SAW lewat riwayat hadist berikut:

Rasulullah SAW bersabda : “Setiap kalimat tasbih adalah sedekah, takbir adalah sedekah, tahmid adalah sedekah dan tahlil adalah sedekah. (HR Muslim)

Sekian ulasan mengenai bacaaan kalimat tasbih kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan sobat wajibbaca.com