Bacaan Niat Sholat Subuh

 01 Oct 2019  Taufiq F

Bacaan Niat Sholat Subuh

Niat sholat subuh - Image from liputan6.com

Sholat subuh memiliki manfaat dan keutamaan yang luar biasa bagi siapa saja yang melaksanakannya secara rutin setiap hari.

Meski cuma hanya dua rakaat, sholat subuh menyimpan banyak rahasia yang dahsyat, baik dari segi rohani, kesehatan, dan kesuksesan hidup.

Sholat merupakan kewajiban yang sudah menjadi kebutuhan secara rohani maupun jasmani, sholat juga merupakan sarana yang utama dalam hubungan antara manusia dengan Allah SWT, yang perlu diawali dengan membaca bacaan niat sholat subuh.

Pada kesempatan kali ini wajibbaca.com akan menerangkan penjelasan mengenai niat sholat subuh dan doa qunut dan doa doa sholat subuh, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Keutamaan Sholat Subuh

Sholat subuh merupakan satu dari lima kewajiban sholat sehari semalam yang waktu pelaksanaannya selama belum terbitnya fajar. Jumlah dari rakaat sholat subuh ini paling sedikit dibanding dengan sholat lima waktu lainnya, yaitu hanya dua rakaat saja, yang diawali dengan membaca niat doa sholat subuh.

Sholat subuh memang menjadi spesial karena terdapat doa qunut di dalamnya. Sebagai tanda pembedanya terletak pada doa qunut pada rakaat kedua. Selain itu niat dan bacaan sholat subuh serta rakaatnya.

1. Kunci untuk masuk surga 

Melaksanakan sholat subuh tanpa melewatkannya sekalipun akan mengantarkan kita kepada jalan menuju surga, hal ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW berikut ini:

"Barangsiapa yang mengerjakan sholat bardain (sholat subuh dan ashar) maka dia akan masuk surga". (HR.Bukhari no.574 dan Muslim no. 635)

2. Menjauhkan dari neraka

Sholat subuh juga bisa menjadi perisai untuk menghindarkan dari siksaan api neraka. Rasulullah SAW bersabda.

"Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan sholat sebelum matahari terbit (yaitu sholat subuh) dan sholat sebelum matahari tenggelam (sholat ashar)". (HR Muslim no 634)

3. Allah SWT menjamin rasa aman 

Kita juga akan mendapat jaminan dari Allah SWT yang pastinya akan memelihara rasa aman kita dari hal-hal buruk dunia dan akhirat. Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa yang sholat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya degan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim no. 163)

4. Setara dengan sholat semalam penuh

Keistimewaan selanjutnya adalah kita akan diberikan atas amalan sholat subuh adalah pahala yang sama dengan sholat semalam penuh. Hal ini membuktikan bahwa sholat subuh memiliki keutamaan yang sangat luar biasa.

“Barangsiapa yang sholat isya' berjamaah maka seolah-olah dia telah sholat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang sholat subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah sholat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)

5. Malaikat menjadi saksinya

Keistimewaan berikutnya adalah kita akan disaksikan oleh malaikat pada saat kita melakukan ibadah sholat subuh, hal ini menunjukkan betapa mulianya waktu subuh itu, Rasulullah pernah bersabda:

“Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada sholat fajar (subuh).” (HR. Bukhari no. 137 dan Muslim no. 632)

Baca : Niat Shalat Jamak Qasar Zuhur Ashar, Lengkap dengan Tata Cara dan Doanya

Niat Bacaan Sholat Subuh

Membaca niat sholat subuh dan artinya

Meskipun tiada riwayat shahih mengenai perlunya membaca doa niat subuh secara lisan. Namun para ulama Syafi'i membolehkan membacanya dalam hai untuk meneguhkan fikiran dan hati untuk shalat.

Adapun doa niat shalat subuh berikut ini:

Niat sholat shubuh sendiri:

اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Latin :” Usholli Fardhol Shubhi Rok’atainiI Mustaqbal Qiblati Ada’an Lillaahi Ta’aaLa”.

Artinya: "Aku berniat (Melaksanakan) shalat Fardhu Subuh (Sebanyak) dua rakaat menghadap kiblat (Semata-mata) karena Allah Ta’ala".

Niat sholat subuh berjamaah untuk makmum

اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Latin: “Usholli Fardhol Shubhi Rok’atainiI Mustaqbilal Qiblati Ada’an Makmuuman Lillaahi Ta’aaLa”

Artinya: "Aku berniat (Melaksanakan) shalat Fardhu Subuh (Sebanyak) dua rakaat menghadap kiblat (Semata-mata) sebagai makmum (Semata-mata) karena Allah Ta’ala".

Baca : Tuntunan Sholat Fardhu Lengkap dengan Niat dan Artinya

Niat sholat subuh untuk imam

اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Latin: “Usholli Fardhol Shubhi Rok’atainiI Mustaqbilal Qiblati Adaa’an Imaaman Lillahi Ta’aaLa”

Artinya: "Aku berniat (Melaksanakan) shalat Fardhu Subuh (Sebanyak) dua rakaat menghadap kiblat sebagai imam (Semata-mata) karena Allah Ta’ala".

Bacaan niat shalat shubuh ini dibaca sebelum sholat subuh, tidak harus dengan suara yang keras cukup dalam hati saja untuk membaca niat shalat subuh dan doa shalat subuh.

Demikianlah penjelasan mengenai doa niat sholat subuh, tata cara sholat shubuh, tata cara dan bacaan sholat subuh, tata cara sholat subuh, doa sholat subuh yang bisa wajibbaca.com sampaikan.

Untuk lebih memahami dan mendalami anda juga bisa dengan mempelajarinya pada artikel wajibbaca.com yang berhubungan dengan niat subuh, tata cara sholat subuh dan bacaannya, cara sholat subuh yang benar, tata cara solat subuh, cara melakukan sholat subuh, dan niat salat subuh.

Semoga bermanfaat untuk kita semuanya.