Waktu Pelaksanaan Sholat Idul Adha dan Idul Fitri

 23 Sep 2019  Taufiq F

Waktu Pelaksanaan Sholat Idul Adha dan Idul Fitri

Waktu shalat idul adha - Image from sukabumiupdate.com

Pelaksanaan sholat idul fitri dan pelaksanaan sholat idul adha merupakan kegiatan yang dikerjakan secara berjamaah pada saat hari raya besar umat islam.

Waktu pelaksanaan shalat idul adha sendiri diperingati setiap tanggal 10 dzulhijjah dan untuk waktu sholat idul fitri bertepatan pada tanggal 1 Syawal hijriyah. Waktu pelaksanaan shalat idul fitri dilaksanakan saat terbit fajar hingga waktu zuhur.

Pelaksanaan shalat idul adha dan idul fitri memiliki pahala yang luar biasa dan begitu besar, sehingga Rasulullah memerintahkan kaum laki-laki dan perempuan untuk mengerjakannya.

Cara melaksanakan sholat idul adha perlu diperhatikan agar pelaksanaannya sempurna dan baik, maka dari itu wajib baca menyampaikan niat sholat idul adha, waktu shalat idul fitri dan jadwal sholat idul adha, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Sholat Idul Fitri dan Sholat Idul Adha Dimulai Jam Berapa?

Dalam ajaran agama islam sebelum melakukan shalat idul adha yang jatuh pada setiap tanggal 10 dzulhijjah sedangkan untuk idul fitri yang jatuh pada tanggal 1 syawal hijriyah pada umumnya kita di sunahkan untuk melaksanakan puasa terlebih dahulu sebelum akhirnya merayakan kedua hari raya islam tersebut.

Dan pada dasarnya jika ditinjau dari segi hukum, waktu shalat idul adha dan jam sholat idul fitri itu sendiri hukumnya sunah muakkad, yang artinya wajib dikerjakan.

Jam berapa shalat idul fitri? dan jam berapa shalat idul adha? Waktu sholat idul adha sedikit berbeda dengan waktu sholat idul fitri.

Untuk waktu sholat idul fitri sendiri dimulai sejak matahari terbih hingga masuk waktu dhuhur. Sedangkan waktu idul adha dianjurkan mengawalkan waktu demi memberi kesempatan yang luas kepada masyarakat yang hendak berkurban selepas rangkaian shalat ied, jika sholat idul fitri disunahkan memperlambatnya. Hal ini untuk memberi kesempatan mereka yang belum berzakat fitrah.

Sholat ied dilaksanakan sebanyak dua rakaat secara berjamaah dan terdapat khutbah setelahnya. Jika terlambat datang atau ada halangan, boleh secara sendiri-sendiri (munfarid) di rumah daripada tidak sama sekali.

Tata Cara Sholat Idul Fitri

Cara pelaksanaan sholat idul fitri sama saja dengan sholat sunah dua rakaat pada umumnya, yang memiliki sunah sholat berikut ini:

Dikerjakan secara berjamaah kecuali orang yang sedang haji walaupun tidak berada di Mina, maka sunah tidak berjamaah. 

1. Membaca niat sholat idul fitri

Bacaan yang pertama dalam sholat idul fitri adalah niat, berikut bacaannya:

أُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرِ (مَأْمُوْمًا\إِمَامًا) لِلهِ تَعَــــالَى

Usholli rak’ataini sunnatan li’idil fitri (ma’muman/imaman) lillahi ta’ala

Artinya: “Aku berniat sholat sunnah idul fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala.”

2. Takbiratul ihram

Bacaan selanjutnya, setelah takbiratul ihram disunahkan untuk membaca doa iftitah

3. Takbir tujuh kali untuk rakaat pertama

Baca takbir tujuh kali untuk rakaat pertama. Hal ini dilakukan setelah membaca doa iftitah. Adapun lafadz bacaannya seperti ini:

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلاً ا

Allahu akbaru kabiiran wal hamdu lillahi katsiran wasubhana allahi bukratan wa ashilan

Artinya: ”Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak , Maha Suci Allah baik waktu pagi dan petang.”

4. Membaca surat qaf atau Al A'la

Setelah membaca surat Al-Fatihah, bacaan yang disunahkan dalam sholat idul fitri selanjutnya adalah surat qof atau Al-A'la. Setelah membaca surat tersebut, berlanjut ke ruku', sujud seperti sholat biasa.

5. Takbir lima kali untuk rakaat kedua

Pada rakaat kedua ini melakukan takbir sebanyak lima kali. Hal ini dilakukan setelah berdiri dari sujud rakaat pertama. Bacaan yang dibaca sama dengan takbir yang ada pada rakaat pertama.

6. Membaca surat Al-Qamar atau Al-Ghasiyyah 

Pada rakaat kedua membaca surat Al-Qamar atau Al-Ghasiyyah setelah membaca surat Al-Fatihah hal ini merupakan sunah. Setelah membaca surat tersebut lanjut ke ruku',sujud hingga salam.

Tata Cara Sholat Idul Adha

Sholat idul adha sangat dianjurkan bagi umat islam untuk melakukannya termasuk sunah muakkad. Berikut ini adalah niat sholat id adha dan tata caranya:

1. Membaca niat 

Niat sangat penting dalam melaksanakan suatu amalan. Berikut ini adalah niat sholat idul adha bagi imam dan makmum.

Lafadz niat sebagai makmum:

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan ‘iidil adhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati ma’muuman lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka’at menghadap kiblat sebagai ma’mum karena Allah Ta’ala”

Lafadz niat sholat idul adha sebagai imam:

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا للهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan ‘iidil adhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati imaman lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka’at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta’ala”

2. Takbiratul ihram

Membaca takbiratul ihram setelah itu membaca doa iftitah selanjutnya membaca takbir sebanyak tujuh kali pada rakaat pertama, berikut ini bacaan takbir:

اللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Artinya: “Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Maha Suci Allah, baik waktu pagi dan petang.”

3. Membaca surat Al-Fatihah

Membaca surat Al-Fatihah setelah itu disunahkan untuk membaca surat Qof di rakaat pertama dan suarat Al-Qomar dirakaat kedua. Bisa juga membaca surat Al-A'la, dan surat Al-Ghosyiyah.

Kemudian dilanjutkan melakukan ruku', sujud, duduk di antara dua sujud, dan seterusnya hingga berdiri kembali seperti sholat biasa.

4. Membaca Takbir 5 kali

Kemudian di rakaat kedua membaca takbir 5 kali. Untuk bacaan khususnya sama seperti pada bacaan pada rakaat pertama.

Pada rakaat kedua umat muslim dianjurkan untuk membaca surat Al-Ghasyiyah, kemudian dilanjutkan dengan bacaan dan gerakan seperti sholat biasanya, yaitu ruku', sujud, dan seterusnya hingga terakhir mengucapkan salam.

Demikianlah penjelasan mengenai jam sholat idul adha, jam berapa sholat idul adha, shalat idul adha jam berapa, gambar sholat idul adha, dan sholat idul adha jam berapa, yang bisa disampaikan wajibbaca.com pada kesempatan kali ini.

Untuk anda yang ingin memahami mengenai sholat ied jam berapa, sholat idul fitri jam berapa, dan jam berapa sholat idul fitri lebih dalam bisa dengan mempelajarinya pada artikel wajibbaca.com yang berhubungan dengan waktu sholat ied jam berapa, sholat idul adha jam, jam sholat ied tersebut. Semoga bermanfaat untuk kita semuanya.