Puasa Syawal

 17 Sep 2019  Taufiq F

Puasa Syawal

Niat puasa syawal - Image from islampos.com

Rasulullah SAW menyatakan bahwa segala sesuatu itu tergantung pada niat, saat niat seseorang di dalam hati mesti menyatakan maksud keinginannya.

Sama halnya dengan ibadah yang satu ini doa puasa syawal ini sebagai puasa sunah dengan keutamaan yang sangat luar biasa sudah seharusnya diamalkan kita sebagai umat muslim.

Keutamaannya sendiri bila kita sebagai umat muslim menjalankan puasa rajab dengan membaca niat puasa 6 hari di bulan syawal maka sama dengan berpuasa selama setahun penuh, namun juga harus sudah menyempurnakan puasa ramadhan.

Oleh karena itu, niat puasa 6 dalam bulan syawal dan doa niat puasa sunnah ini perlu dipahami oleh umat islam agar apabila menjalankannya dapat dengan baik dan benar, berikut ini penjelasan yang wajib baca akan terangkan.

Hukum Puasa Syawal

Sebelum membahas niat buka puasa syawal dan doa niat puasa syawal, lebih baik kita ketahui dulu hukum puasa syawal ini.

Hukumnya sendiri adalah sunah muakkad, yang artinya sunah yang dianjurkan, sebagaimana terdapat pada salah satu hadist Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan, kemudian mengikutinya dengan enam hari di bulan syawal, maka ia seperti berpuasa setahun"
(HR. Muslim)

Dari hadist diatas diterangkan bahwa keutamaan puasa syawal bahwa siapa yang menjalankannya dengan membaca bacaan niat puasa syawal 6 hari maka akan sama dengan puasa setahun.

Tata Cara Puasa Syawal

Tata cara puasa syawal sama saja dengan puasa lainnya. Yang membedakan hanyalah niat puasa 6 hari bulan syawal dan doa puasa syawal 6 hari tersebut. Berikut penjelasannya:

1. Niat 

Awal menjalankan puasa syawal ini pastinya dengan membaca niat puasa syawal yang benar dan doa bulan syawal. Bisa dilakukan di malam hari, bisa juga dilakukan saat makan sahur, atau juga boleh dilakukan ketiga pagi hari karena ini merupakan puasa sunah.

Semua ulama sepakat bahwa niat tempatnya di hati, ia tidak harus di lafadzkan karena bukanlah syarat. Menurut madzhab Maliki, yang terbaik adalah tidak melafadzkan niat karena tidak ada contohnya dari Rasulullah SAW

2. Makan sahur

Kedua adalah makan sahur, sama halnya dengan puasa seperti biasanya yang harus makan sahur, hal ini merupakan salah satu sunah dalam berpuasa.

Disunahkan makan sahur sebelum terbit fajar, namun tidak makan sahur pun tidak apa-apa. Setelah itu wajib menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa seperti pada puasa ramadhan.

3. Berbuka

Menyegerakan berbuka puasa merupakan salah satu sunah saat sudah masuk waktunya berbuka. Tetapi, jangan lupa adab sebelum berbuka, yaitu doa buka puasa syawal terlebih dahulu.

Biasanya banyak orang setelah mendengar azan magrib, langsung berbuka puasa dan lupa mengucapkan doa buka puasa syawal. Padahal dengan membaca doa buka puasa syawal kamu bersyukur dengan segala nikmat dan berkah dari Allah SWT.

Niat Puasa Sunat Syawal dan Niat Doa Puasa Syawal

Berikut ini lafadz niat puasa syawal beserta tulisan latin artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ سِتَّةٍ مِنْ شَوَّالٍ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

(Nawaitu shouma ghodin ‘an sittatin min syawwaalinn sunnatan lillaahi ta’aalaa)

Artinya: "Aku berniat puasa besok dari enam hari Syawal, sunnah karena Allah Ta’ala".

Berikut ini lafadz doa buka puasa syawal syawal beserta tulisan latin artinya:

Allahumma laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthortu

Artinya: "Ya Allah, untuk Mu aku berpuasa dan dengan rizki Mu aku berbuka".

Demikianlah penjelasan mengenai bacaan niat puasa syawal, niat puasa sawal, dan niat puasa sunah syawal yang bisa wajibbaca.com sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.