Pengobatan Tekanan Darah Rendah

 12 Sep 2019  Bima P

Pengobatan Tekanan Darah Rendah

darah rendah - Image from news-medical.net

Pernahkah anda sering mengalami pusing? Tiba-tiba mata anda berkunang-kunang? Sulit berkonsentrasi? Selalu merasa lemas? Atau bahkan serasa ingin pingsan? Mungkin anda harus mempertimbangkan bahwa anda sedang dalam kondisi tekanan darah rendah.

Tekanan darah rendah adalah kondisi dimana tekanan darah berada di bawah 90/60 mmHg yang berakibat otak kurang menerima aliran darah yang cukup.

Tekanan darah rendah disebut juga hypotension memiliki beragam penyebab, mulai dari kondisi ibu hamil, penyakit jantung, infeksi, dan masih banyak lagi. Tapi tidak jarang juga tekanan darah terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat, sebut saja sering begadang, pola makan tak teratur dan kurang istirahat.

Kali ini kami akan memberikan informasi tentang penyebab terjadinya tekanan darah rendah berikut dengan cara pengobatannya. Mari kita simak penjelasan di bawah.

Gejala Tekanan Darah Rendah

Pengobatan Tekanan Darah Rendah

pucing - Image from newtimes.co.rw

Sebelum kita membahas penyebab mari kita lihat gejala-gejala yang menandakan kita mengalami tekanan darah rendah :

  1. Pusing
  2. ​Mual dan muntah
  3. Lemas
  4. Pandangan buram
  5. Konsentrasi berkurang
  6. Tubuh terasa tidak stabil
  7. Sesak napas
  8. Hingga pingsan

Penyebab Tekanan Darah Rendah

1. Kehamilan

Tekanan darah rendah pada ibu hamil terjadi karena selama kehamilan terdapat perubahan hormonal yang menyebabkan pembuluh darah membesar, dan tekanan darah menurun. Tekanan darah mulai turun pada awal kehamilan dan biasanya umum terjadi pada usia kehamilan trimester kedua.

2. Penyakit jantung

Penyakit jantung juga dapat menjadi penyebab terjadinya tekanan darah rendah. Hal ini disebabkan oleh darah yang tidak dapat dipompa dengan baik oleh jantung yang bermasalah, sehingga terjadi penurunan tekanan darah.

3. Hormon yang berubah

Hormon tubuh juga dapat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Disini tekanan darah rendah erat kaitannya dengan penyakit Addison. Penyakit Addison adalah penyakit di mana sistem imun tubuh menyerang dan merusak kelenjar-kelenjar adrenal.

Penyakit Addison menyerang dua buah kelenjar yang berukuran kecil yang berada di atas ginjal. Kedua kelenjar tersebut adalah kelenjar yang memproduksi hormon-hormon yang mengendalikan tekanan darah dan menjaga keseimbangan garam dan air yang berada di dalam tubuh.

Tekanan darah yang rendah juga terjadi saat kelenjar-kelenjar adrenal rusak, misalnya jika terjadi infeksi atau tumor pada kelenjar tersebut.

4. Dehidrasi

Anda jarang minum air mineral? Berhati-hatilah karena kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi yang bisa berujung pada tekanan darah rendah. Selama dehidrasi, darah yang bergantung pada air tidak dapat memasok peredaran darah ke seluruh tubuh. Sehingga, kondisi ini menurunkan volume darah pada arteri dan vena dan menyebabkan darah rendah terjadi.

5. Sedang mengonsumsi obat-obatan

Jika Anda sedang menjalani perawatan yang mengharuskan mengkonsumsi obat-obatan tertentu, Anda juga dapat terserang darah rendah. Biasanya jika Anda mengalami sakit tertentu, Anda jarang menyadari kondisi ini. Beberapa obat yang dapat memengaruhi antara lain alpha blocker (obat darah tinggi), beta blocker, dan obat antidepresan.

6. Anemia

Anemia terjadi sering kali karena kita kurang tidur dan pola makan tidak teratur. Pada saat kita mengalami anemia, yang akan terjadi adalah tubuh kekurangan darah, di mana hemoglobin di dalam tubuh berada dalam jumlah di bawah angka normal. Dan dalam hal ini dapat dipastikan tekanan darah di dalam tubuh juga menurun.

Pengobatan Tekanan Darah Rendah

Jika anda termasuk orang yang tidak ingin terburu-buru berobat ke rumah sakit untuk menyembuhkan tekanan darah anda maka anda wajib merubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat.

Berikut kami berikan tips untuk merubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat dan menyembuhkan tekanan darah rendah anda.

1. Diet Seimbang

Maksud diet seimbang di atas bukanlah agar anda mengurangi porsi makan anda, melainkan membuat pola makan anda teratur. Usahakan untuk makan teratur tiga kali sehari dan juga lengkapi semua kebutuhan nutrisi anda. Ini berarti anda harus memerhatikan makanan yang harus anda makan. Makanan tersebut harus memiliki protein dan karbohidrat yang cukup. Usahakan juga selalu memakan buah-buahan segar.

2. Banyak minum

Jika anda termasuk orang yang tidak terlalu memikirkan asupan carian untuk tubuh, mulai sekarang rubahlah kebiasaan tersebut. Ini dikarenakan semakin banyak asupan cairan untuk tubuh semakin mudah juga darah mengalir ke seluruh tubuh. Usahakan untuk minum 2-3 liter perhari.

3. Aktif bergerak

Aktif bergerak atau olahraga secara teratur akan membuat peredaran darah anda mengalir lebih lancar. Luangkan waktu 30-40 menit untuk melakukan peregangan tubuh atau lari pagi.

4. Istirahat yang cukup

Kurangnya istirahat dapat menghambat peredaran darah anda, ini dapat menyebabkan peredaran darah kurang lancar dan terjadi tekanan darah rendah. Jangan paksakan diri, gunakan waktu istirahat memang betul-betul untuk istirahat.