Pengertian Kalimat Efektif

 21 Sep 2019  Bima P

Pengertian Kalimat Efektif

Pengertian Kalimat Efektif - Image from mindfulambition.net

Jika Anda hobi menulis atau memang bekerja sebagai penulis, penting bagi Anda untuk dapat menyampaikan informasi dengan baik dan benar. Tujuan Anda menulis adalah menyampaikan informasi/ilmu yang anda miliki kepada para pembaca sesuai dengan informasi/ilmu yang anda miliki, tidak lebih dan tidak kurang. Disini penggunaan kalimat efektif sangat dianjurkan agar informasi yang anda sampaikan dapat diterima dengan baik oleh pembaca.

Lalu apa pengertian kalimat efektif itu sendiri? bagaimana cara penulisannya? Di dalam artikel ini kami akan memberikan gambaran kepada anda.

Contoh Sederhana Kalimat Efektif

Pengertian Kalimat Efektif

kalimat efektif - Image from mindfulambition.net

Gambar di atas merupakan contoh sederhana hasil dari penggunaan kalimat efektif. Informasi yang disampaikan dengan penggunaan kalimat efektif akan menghasilkan komunikasi yang baik antara pemberi informasi dan penerima, informasi yang sampai ke penerima sesuai dengan apa yang pemberi informasi berikan, tidak lebih dan tidak kurang.

Pengertian Kalimat Efektif

kalimat tidak efektif - Image from mindfulambition.net

Contoh kedua di atas adalah lawan dari kalimat efektif, penggunaan kalimat tidak efektif berdampak pada hasil komunikasi yang tidak baik, sehingga informasi akan rancu dan terjadi banyak kesalahpahaman. Tentu saja anda sebagai penulis tidak ingin para pembaca anda salah dalam mengartikan tulisan anda dan mempunyai intrepertasi berbeda dari informasi yang ingin anda sampaikan.

Pengertian Kalimat Efektif dan Contohnya

1.Pengertian

Menurut Guru Besar Bahasa Indonesia J. S. Badudu, pengertian kalimat efektif adalah suatu kalimat yang baik karena apa yang dipikirkan atau dirasakan oleh si pembaca (si penulis dalam bahasa tulis) dapat dipahami oleh pendengar (pembaca dalam bahasa tulis) sama benar dengan apa yang dipikirkan atau dirasakan oleh si penutur atau si penulis.

2. Contoh

Kalimat tidak efektif : Surabaya adalah merupakan salah satu kota besar di Indonesia
Kalimat efektif : Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia

Kalimat tidak efektif : Demi untuk anaknya, Bu Susi rela bekerja seharian
Kalimat efektif : Demi anaknya, Bu Susi rela bekerja seharian

Kalimat tidak efektif : Ada banyak macam-macam makanan yang dijual di restoran itu.
Kalimat efektif : Ada macam-macam makanan yang dijual di restoran itu.

Kalimat tidak efektif : Saran yang dikemukakan olehnya akan dipertimbangkan oleh kami
Kalimat efektif : Saran yang dikemukakannya akan kami pertimbangkan.

Syarat Kalimat Efektif

1. Sesuai Ejaan yang Disempurnakan

Kalimat efektif diwajibkan untuk menggunakan Ejaan yang Disempurnakan atau disingkat (EYD) dengan penggunaan tanda baca yang tepat. Jangan sampai tulisan anda memiliki kata tidak baku dan menggunakan ejaan.

2. Sistematis

Anda pasti pernah mendengar aturan penulisan SPOK atau (Subjek Predikat Objek dan Keterangan). Kalimat efektif menggunakan aturan tersebut sebagai acuan dalam penulisan. Hal ini bertujuan agar kalimat yang anda tulis dapat dipahami dengan mudah dan tidak membingungkan pembaca. Jika tidak memiliki penegasan, sebaiknya anda menuliskan subjek atau predikat pada awal kalimat.

3. Langsung pada Poin

Jangan sampai kalimat yang anda tulis menggunakan terlalu banyak kata sehingga dapat membuat kalimat anda berkesan bertele-tele. Gunakanlah kalimat yang sederhana dan ringkas sehingga para pembaca dapat dengan mudah menerima informasi yang anda berikan.

4. Tidak Ambigu

Syarat kalimat efektif yang terakhir dan yang paling penting. Jangan sampai kalimat yang anda tulis menyebabkan keambiguan bagi para pembaca, karena hal ini dapat menyebabkan pembaca memiliki multitafsir yang berujung pada informasi yang tidak tersampaikan sesuai yang anda harapkan.

Prinsip Kalimat Efektif

1. Kesatuan

Menurut Amran Tasai dan Arifin, kesatuan adalah keseimbangan antara pikiran (gagasan) dan struktur bahasa yang digunakan. Kesatuan gagasan kalimat ini diperlihatkan oleh kesepadanan yang kompak dan kepaduan pikiran yang baik.

2. Kehematan

Dari Finoza, kehematan adalah usaha menghindari pemakaian kata yang tidak perlu. Hemat disini berarti tidak menggunakan kata-kata mubazir, tidak menjamakkan kata yang sudah berbentuk jamak, dan tidak mengulang subjek. Dengan menghemat kata, kalimat menjadi padat dan berisi.

3. Keparalelan

Menurut Amran Tasai dan Arifin, keparalelan merupakan kesamaan bentuk yang digunakan dalam kalimat itu.

Maksudnya yaitu, jika verba mengawali kata pertama, maka verba juga harus digunakan di kata kedua.

4. Kelogisan

Menurut Arifin dan Amran Tasai, kelogisan adalah ide kalimat itu dapat diterima oleh akal dan penulisannya sesuai dengan ejaan yang berlaku.

5. Kepaduan

Menurut Finoza, koherensi adalah terjadinya hubungan yang padu antara unsur-unsur pembentukan kalimat.

Merupakan syarat dari kalimat efektif agar diharapkan nantinya setiap informasi yang diterima tidak terpecah-pecah.

6. Ketepatan

Menurut Finoza, ketepatan adalah kesesuaian atau kecocokan pemakaian unsur-unsur yang membentuk suatu kalimat sehingga tercipta pengertian yang bulat dan pasti.

Hal di atas bisa anda pelajari dan anda terapkan pada tulisan anda, diharapkan penggunaan kalimat efektif dapat membuat para pembaca anda lebih mudah dalam mencerna informasi yang anda berikan sehingga anda dapat menarik lebih banyak pembaca.

Menggunakan kalimat efektif lebih ringkas dan tentunya akan lebih mudah dipahami. Jadi semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan para pembaca. Terimakasih telah berkunjung.