Niat Mandi Idul Fitri dan Idul Adha

 12 Sep 2019  Taufiq F

Niat Mandi Idul Fitri dan Idul Adha

Niat mandi hari raya idul fitri - Image from ayatdoaislam.com

Dalam dua hari raya umat islam yaitu idul fitri dan juga idul adha merupakan momen yang cukup istimewa bagi semua kalangan umat islam, tidak hanya karena pada waktu tersebut selalu disambut dan dirayakan oleh umat islam.

Tetapi juga terdapat banyak amalan sunah didalamnya termasuk mandi idul adha dan idul fitri yang harus membaca niat mandi wajib sholat idul fitri dan niat mandi sholat idul adha yang perlu diperhatikan.

Mandi sholat idul fitri merupakan jenis mandi hari raya yang disunahkan oleh Rasulullah SAW. Selain mandi hari raya idul fitri, beberapa diantaranya adalah mandi sebelum sholat Jumat, mandi setelah memandikan mayat dan mandi sebelum hari raya idul adha.

Adapun niat mandi hari raya idul fitri dan adha dan tata cara mandi hari raya idul fitri serta tata cara mandi idul adha yang akan wajibbaca sampaikan pada kesempatan kali ini.

Bacaan Mandi Hari Raya Idul Fitri

Pada dua hari raya baik idul adha atau idul fitri, terdapat kesunahan yang lebih dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap umat muslim baik laki-laki ataupun perempuan yaitu sholat ied secara berjamaah.

Pelaksanaan sholat hari raya lebaran ini tidak jauh berbeda dengan sholat pada umumnya, namun layaknya sholat jumat sebelum pergi untuk melaksanakan atau sebelum pergi ke mesjid dianjurkan melakukan 3 hal, sebagaimana di sebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam Al Majmu Syarhul Muhadzdzab. Pertama makan terlebih dahulu, kemudian mandi dan membaca niat mandi di hari raya idul fitri atau doa niat mandi sholat idul adha, ketiga memotong kuku.

Ketiga sunah tersebut memiliki hikmah dan tujuan masing-masing. Salah satunya agar memberi kenyamanan dan ketentraman dalam ibadah. Apalagi pada hari ied. Mayoritas umat islam berbondong-bondong ke masjid untuk beribadah.

Sehingga ketenangan dan kenyamanan harus benar-benar diciptakan termasuk tubuh harus segar. Menurut para ulama doa niat mandi hari raya idul fitri dan doa mandi hari raya idul adha merupakan bagian dari sunah yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW dan senantiasa bisa dilaksanakan dengan sepenuh arti oleh umatnya.

Untuk itu mengamalkan niat mandi sebelum shalat idul fitri dan doa mandi sholat idul adha serta mengetahui niat mandi sholat idul fitri dan niat mandi wajib idul adha menjadikan amalan sunah seperti sebagai bagian penting dari tata cara beribadah yang baik dan merupakan cara istimewa tersendiri dari aktifitas di hari raya idul fitri.

Niat Mandi Hari Raya Idul Fitri dan Niat Mandi Hari Raya Idul Adha

Niat mandi wajib idul fitri

Pada pagi hari sebelum berangkat ke masjid, kita terlebih dahulu dianjurkan untuk mandi, yaitu niat mandi idul fitri dan niat mandi puasa idul adha. Sebagaimana hadist yang menganjurkan mandi sebelum melaksanakan shalat hari raya.

عَنْ الفَا كِهِ بْنِ سَعْدٍ أَنَّ النَّبِّىَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَ عَرَفَةَ وَيَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ النَّحْرِ

Artinya : “Dari Fakih bin Sa’ad, Bahwasanya Nabi Saw, mandi pada hari Jum’at, hari Arafah, hari raya Fitri dan pada hari raya Haji.” ( H.R Abdullah bin Ahmad )

Dalam hadist diatas dijelaskan bahwa Rasulullah SAW mandi pada hari jumat, hari arafah, hari raya idul fitri dan hari raya idul adha.

Adapun dalam hadist lain dari Ali bin Abi Thalib, “Seseorang pernah bertanya pada Ali radhiyallahu ‘anhu mengenai mandi. Ali menjawab, “Mandilah setiap hari jika kamu mau.” Orang tadi berkata, “Bukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan?” Ali menjawab, “Mandi pada hari Jum’at, hari Arafah, hari Idul Adha dan Idul Fitri.”

(HR. Al Baihaqi 3/278. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Lihat Al Irwa: 1/177)

Sehingga dari kedua hadist tersebut dijelaskan bahwa sebelum melaksanakan shalat pada dua hari raya tersebut adalah sunah dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW

Bacaan Niat Mandi Idul Fitri

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْفِطْرِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liyaumi ‘iiedil fithri sunnatan lillaahi ta’alaa

Artinya : “Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri Sunnah karena Allah Ta’ala”.

Bacaan Mandi Hari Raya Idul Adha

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ اْلاَضْحَى سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla liyaumi ‘iiedil adhaa sunnatan lillaahi ta’alaa

Artinya : “Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Adha Sunnah karena Allah Ta’ala”

Tata Cara Mandi Idul Fitri 

  1. Cara mandi hari raya idul fitri yang pertama adalah membaca bismillah
  2. Kemudian berwudhu sebelum mandi
  3. Setelah itu menggosokkan tangan ke seluruh tubuh
  4. Tidak memutus aliran air pada badan pada saat meratakan nya
  5. Mendahulukan bagian tubuh sebelah kanan.

Pelaksanaan Mandi Sunah Hari Raya Idul Fitri

Pelaksanaan mandi sunah hari raya idul fitri, sebaiknya dilaksanakan di waktu pagi hari antara pukul 02.30 hingga 05.00 WIB sebelum pergi shalat sunah idul fitri.

Ada beberapa anjuran yang berbeda mengenai cara mandi idul fitri untuk pria dan wanita.

Menurut HR At-Tirmidzi, menyela pangkal rambut hanya dikhususkan untuk pria, sedangkan wanita tidak perlu melakukan hal ini.

Berikut uraian tata cara mandi idul fitri dari cara Rasulullah SAW menurut hadist Al Bukhari

"Dari Aisyah istri Rasulullah SAW, bahwa jika Rasulullah SAW mandi karena junub, beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak tangannya, kemudian berwudhu sebagaimana wudhu untuk shalat. Lalu memasukkan jari-jarinya ke dalam air dan menggosokkannya ke kulit kepala. Setelah itu beliau menyiramkan air ke atas kepalanya dengan cidukan kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, kemudian beliau mengalirkan air keseluruh kulitnya."
(HR. Al Bukhari)

Sunah-sunah Niat Mandi Besar Idul Fitri dan Bacaan Mandi Idul Adha

  1. Doa mandi hari raya idul fitri yang pertama membaca basmalah.
  2. Doa mandi hari raya idul fitri yang kedua melaksanakan wudhu sebelum mandi
  3. Doa mandi sholat idul fitri selanjutnya berkumur dan memaksukkan air ke dalam hidung
  4. Doa mandi wajib idul fitri selanjutnya membaca dua kalimat syahadat
  5. Doa mandi idul fitri kemudian membasuh kotoran yang menempel pada tubuh dengan menggosokkan kedua tangan sebatas jangkauan
  6. Menghadap kiblat, apabila mandi dengan tidak telanjang
  7. Membasuh sampai dua tiga kali
  8. Meletakkan tempat air yang besar di sebelah kanan
  9. Berada pada tempat yang terhindar dari percikan air
  10. Tidak meminta bantuan orang lain kecuali udzur
  11. Membasuh dari bagian atas 
  12. Tidak menghilangkan anggota tubuh semisal kuku dan rambut.

Demikianlah penjelasan mengenai niat mandi hari raya, niat mandi sunnah idul fitri, bacaan mandi idul fitri, niat mandi sholat ied, dan niat mandi hari raya aidilfitri yang bisa wajibbaca.com sampaikan pada kesempatan kali ini.

Anda juga bisa mengecek beberapa pembahasan mengenai niat mandi idul adha, doa niat mandi idul fitri, doa keramas idul fitri, dan niat mandi lebaran. Dan jika ingin mendalami dan memahami lebih bisa mengecek artikel wajibbaca.com yang berhubungan dengan niat mandi sholat id, doa mandi idul adha, gambar niat, doa mandi hari raya, bacaan mandi hari raya, niat mandi idul adha latin, niat keramas idul fitri, niat mandi hari raya, doa hari raya idul adha, niat mandi idul fitri. Demikian semoga bermanfaat untuk kita semua.

KOMENTAR