Niat Mandi Hari Jum'at Arab, Latin dan Artinya

 27 Sep 2019  Isfatu Fadhilatul

Niat Mandi Hari Jum'at Arab, Latin dan Artinya

Niat mandi hari jumat - Image from www.ayatdoaislam.com

Sebagai umat islam, kita sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan tubuh kita. Ada banyak sekali cara yang diajarkan dalam Islam untuk menjaga kebersihan tubuh, contohnya seperti menggosok gigi, berkhitan,memotong kumis, memotong kuku, berwudhu, mandi junub, dan lain sebagainya.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang mandi. Mandi merupakan proses membersihkan tubuh yang paling menyeluruh, karena semua bagian tubuh kita dibersihkan dengan air yang bersih.
Menurut kaca mata islam, mandi memiliki fungsi mensucikan, selain itu dari sisi medis pun sangat menyehatkan.

Mandi ada berbagai macam, ada mandi junub untuk menghilangkan hadast besar, maupun mandi yang biasa umat islam khususnya laki-laki lakukan saat hari jumat, yaitu mandi hari jumat. Berikut ini doa mandi jumat.

Niat Mandi Hari Jum'at

Waktu pelaksanaan mandi jum'at adalah semenjak terbit fajar hingga menjelang pelaksanaan shalat Jum’at dilakukan. Siapa yang mandi sebelum terbit fajar tidak terhitung melaksanakan mandi hari Jum’at, begitu juga orang yang melaksanakan mandi sholat Jum'at sesudah selesai pelaksanaan shalat Jum’at.

Dalam melaksanakan mandi Jum'at, ada beberapa hal yang harus kita patuhi diantaranya adalah membaca niat mandi jum'at.

Baca Juga: Niat Shalat Jum'at Lengkap dengan Shalat Sunnahnya Beserta Wirid dan Doa

Adapun doa mandi hari jumat adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِحُضُوْرِ صَلاَةِ الْجُمْعَةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Niat mandi sholat jum'at latin

NAWAITUL GHUSLA LIHUDHUURI SHOLAATIL JUM'ATI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :
Saya niat mandi untuk shalat pada hari jum'at (mandi jum'at) sunnah karena Allah Ta'ala

Keutamaan Mandi Hari Jum'at

Selain doa mandi hari Jum'at, kita juga akan membahas tentang keutamaan mandi  hari Jum'at . Dari Syekh Abu Bakar Syatha dalam I’anatut Thalibin mengutip hadis mengenai keutamaan melakukan mandi Jumat.

عن ابن عمر وأنس بن مالك – رضي الله عنهم – قالا: قال رسول الله – صلى الله عليه وسلم -: إن تحت العرش مدينة – وقال القرطبي في تفسيره سبعين مدينة – مثل الدنيا سبعين مرة، مملوءة من الملائكة كلهم يقولون: اللهم اغفر لمن اغتسل يوم الجمعة وأتى الجمعة.

Artinya :
Diriwayatkan dari Ibnu ‘Umar dan Anas bin Malik yang menceritakan bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda, “Di bawah Arasy itu terdapat sebuah kota. Dalam tafsir al-Qurtubi disebutkan terdapat tujuh puluh kota yang kota tersebut seukuran tujuh kali besarnya dunia yang dihuni malaikat. Semua malaikat itu berdoa, “Ya Allah, ampunilah orang yang mandi pada hari Jumat dan menghadiri sholat Jumat.

Baca Juga : Hukum Sholat Jumat dan Azab Bagi Lelaki yang Meninggalkannya

Sunnah-sunnah hari Jum'at

Hari Jum'at merupakan hari besar umat Islam, ada juga yang menganggap hari Jum'at adalah hari raya kecil umat Islam.

Sunnah-sunnah hari Jum'at yang baik diamalkan selain mandi hari Jum'at adalah :

1. Memakai pakaian putih.
Selain melakukan mandi dan membaca niat mandi jumat, memakai pakaian putih juga menjadi salah satu sunnah apalagi ketika kita memakainya saat akan melaksanakan sholat Jum'at.

2. Memotong kuku.
Hal ini dimaksudkan karena kuku yang panjang adalah salah satu tempat yang disukai syaitan untuk bersarang. Maka akan lebih baik jika kita membersihkan kuku kita dengan cara memotongnya.

3. Memakai wangi-wangian.
Maksud dari sunnah ini adalah ketika kita sholat, kita menghadap Allah SWT. Maka sudah sepatutnya kita menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

4. Memperbanyak membaca ayat-ayat Al-Qur'an, doa dan dzikir.
Selain untuk menjalankan sunnah, ada banyak keutamaan yang didapat ketika kita berdzikir dan membaca Al-Quran khususnya Q.S Al-Kahfi, diantaranya :

 - Terhindar dari fitnah Dajjal.
 - Mendapatkan Ridho dari Allah SWT.
 - Allah SWT mengampuni dosa kita.
 - Senantiasa dijaga dari gangguan setan yang terkutuk.
 - Mendapat sinar cahaya kebaikan-Nya.

5. Tenang waktu khatib membaca khutbah.
Kita tidak boleh asyik berbicara, ataupun berisik ketika khatib membaca khutbah. Hal yang harus kita lakukan adalah mendengar dengan khidmat.

Demikian artikel tentang doa mandi sholat jumat, semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah ketaqwaan kita kepada Allah SWT.