Niat dan Tata Cara Sholat Nisfu Sya'ban

 04 Sep 2019  Taufiq F

Niat dan Tata Cara Sholat Nisfu Sya'ban

Sholat nisfu sya'ban.jpg - Image from liputan6.com

Pada pertengahan bulan sya'ban ada satu malam dimana malam yang ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan umat muslim, malam tersebut dikenal sebagai malam nisfu sya'ban.

Alasan mengapa malam yang selalu ditunggu karena malam nisfu sya'ban adalah malam yang diunggulkan dan memiliki keistimewaan yang luar biasa.

Maka dari itu umat islam dianjurkan untuk melakukan shalat malam nisfu sya'ban karena pada malam itu Allah SWT mengampuni dosa-dosa umat islam yang melakukan sholat nisfu syaban, tidak dipungkiri pula hal ini juga menjadi perdebatan para ulama.

Maka dari itu wajib baca akan memberikan penjelasan mengenai beberapa pendapat serta tata cara sholat nisfu sya'ban baik itu shalat nisfu sya'ban sendiri atau sholat nisfu sya'ban berjamaah tak lupa juga dengan bacaan niat shalat sunat nisfu sya ban, berikut ini penjelasannya.

Penjelasan dan Hukum Sholat Malam Nisfu Sya ban

Seperti kita ketahui bahwa bulan sya'ban berada di antara bulan rajab dan ramadhan serta Rasulullah pun sangat menyukai datangnya bulan tersebut sebab Allah SWT di malam 15 akan mengampuni dosa-dosa semua umat islam kecuali mereka yang sedang bertengkar dan musyrik.

Maka dengan adanya hal tersebut tidak heran jika pada malam ini umat islam pun melakukan beragam amalan misalnya sholat nisfu sya ban, yang pastinya dilakukan dengan tata cara sholat nisfu sya ban yang baik dan benar.

Dan salah satu amalan yang banyak dikerjakan oleh umat muslim selain berpuasa juga melakukan sholat nisfu sya'ban, yang mana biasanya waktu shalat nisfu syaban dilaksanakan adalah sehabis maghrib yang kemudian dilanjutkan dengan membaca bacaan seperti surat yasin dan lainnya.

Mengenai sholat ini biasanya mengerjakan sholat nisfu sya ban sendiri sedangkan membaca doa bisa dilakukan secara berjamaah dalam majelis atau bisa dilakukan sendiri juga.

Hukum peringatan nisfu sya'ban adalah sunah yang berarti jika mengerjakan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan tidak mendapat dosa maupun pahala. Tata cara shalat nisfu sya'ban sendiri cukup mudah bisa dilakukan setiap umat muslim. Adapun hukum solat nisfu syaaban ini berdasarkan Hadist shahih yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang berbunyi:

"Apabila telah datang malam Nisfu Sya’ban maka kamu Shalatlah pada malamnya dan kerjakanlah puasa pada siangnya maka sesungguhnya Allah akan turun pada malam itu sampai terbenamnya matahari ke langit dunia, lalu Allah SWT berfirman: tidaklah seseorang yang memohon ampun kepada-Ku kecuali akan Ku (Allah) ampuni dia, tidaklah seorang hamba memohon Rezeki kepada-Ku maka akan aku berikan Rezeki kepadanya, tidaklah seseorang memohon dihindarkan dari bala kecuali akan Ku berikan kesehatan dan tidaklah permohonan ini dan permintaan itu kecuali Aku (Allah) mengabulkannya hingga terbitnya Fajar". (HR Ibnu Majah)

Tata Cara Sholat Sunnah Nisfu Sya ban

Untuk mengerjakan shalat nisfu sya'ban sangatlah mudah karena dilakukan seperti shalat sunah lainnya. Tata cara solat nisfu syaban diawali dengan membaca niat solat nisfu syaban.

Kemudian tata cara shalat malam nisfu sya ban dikerjakan dengan dua rakaat, dikerjakan seperti mengerjakan sholat sunah lainnya diawali dengan membaca niat shalat nisfu sya'ban dan diakhiri dengan salam pada rakaat kedua.

Waktu melaksanakan sholat nisfu sya'ban adalah pada pertengahan bulan sya'ban atau pada tanggal 15 sya'ban pada kalender hijriyah. Untuk lebih tepatnya tata cara shalat nisfu sya'ban dilakukan pada malam hari setelah melaksanakan sholat isya sampai dengan waktu subuh tiba. Kemudian sama saja cara sholat nisfu sya'ban sendiri maupun berjamaah.

Berikut ini niat sholat nisfu sya'ban dan tata cara sholat nisfu:

Niat sholat nisfu sya ban

اُصَلِّىْ سُنَّةً نِصْفُ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan nisfu sya'baana rak'ataini lillahi ta'ala

Artinya;
"Saya sholat sunnat Nisfu Sya'ban dua rakaat karena Allah Ta'ala"

Bisa juga dengan membaca niat sholat nisfu syaban seperti berikut ini:

Niat shalat nisfu sya ban

اُصَلِّىْ سُنَّةَ لَيْلَةِ نِصْفُ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli sunnata lailati nisfu sya'baana rok'ataini lillahi ta'alaa

Artinya:
"Saya sholat sunnah malam Nisfu Sya'ban dua rakaat karena Allah Ta'ala"

Kemudian untuk tata cara nisfu sya ban sebagai berikut ini:

  1. Cara shalat nisfu sya'ban yang pertama dengan membaca niat shalat nisfu
  2. Kemudian tata cara shalat nisfu selanjutnya pada rakaat pertama sesudah Al-Fatihah membaca surat Al-Kafirun.
  3. Tata cara nisfu syaban ketiga adalah setelah membaca Al-Fatihah dilanjut membaca surat Al-Ikhlas
  4. Cara sholat nisfu sya'ban adalah mengucapkan salam.

Itulah sedikit pembahasan mengenai cara sholat nisfu dan niat shalat nisfu syaban. Jika pembahasan ini masih kurang dapat anda pahami. Anda bisa perdalam lagi dan silahkan pelajari lagi segala yang berkaitan dengan tata cara nisfu sya'ban dan cara nisfu sya ban pada artikel wajib baca lainnya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

KOMENTAR