Kumpulan Lirik Shalawat Nabi Muhammad SAW

 12 Sep 2019  Taufiq F

Kumpulan Lirik Shalawat Nabi Muhammad SAW

Sholawat nabi - Image from alihamdan.id

Macam sholawat dan liriknya memiliki manfaat yang luar biasa yakni mendapatkan keberkahan, mempermudah urusan, dan juga rezeki yang berkah dan bermanfaat.

Teks lagu sholawat nabi ini bukan berdoa kepada Nabi SAW, melainkan kita bersholawat dengan harapan supaya hajat atau doa yang kita ucapkan didengarkan Allah. Karena nama orang yang terkasih kita bawa di setiap doa kita.

Syair sholawat nabi ini juga sebagai bentuk wujud rasa kecintaan kira kepada Nabi. Maka perbanyaklah menyebut nama Nabi Muhammad lewat bacaan sholawat.

Untuk itu wajib baca disini akan membagikan kumpulan lirik sholawat nabi dan macam macam lagu sholawat yang bisa anda lafalkan setiap hari, langsung saja simak berikut ini.

Mengamalkan Pujian Sholawat Nabi

Mengamalkan atau membacakan shalawat kepada nabi SAW, haruslah dijadikan sebagai amal harian yang diucapkan sesering mungkin baik itu ketika santai atau sedang melakukan kegiatan.

Dengan kita rutin mengamalkan macam macam sholawat nabi mp3 maka pasti sesuai dengan keagungan dari makna yang ada di dalam bacaan tersebut, sehingga akan mampu memberikan pada seseorang yang mengamalkannya berbagai kebaikan dan manfaat serta keutamaan yang luar biasa.

Maka dari itu untuk bisa mengamalkan lirik shalawat nabi muhammad saw dengan mudah kita tidak perlu membacakannya terlalu panjang, tetapi cukup yang pendek saja lirik sholawat nabi muhammad saw tersebut.

Namun bila memang mampu dan hafal macam macam sholawat mp3 dan kumpulan lirik sholawat maka silahkan mengamalkannya dan bisa menjadi kebaikan yang lebih apabila secara rutin di amalkannya.

Jika melihat dari pengertian secara bahasa bahwa sholawat memiliki arti sebagai doa bentuk jamak dari kata "Salla". Maka sudah pasti sholawat ini juga memiliki makna dan keutamaan yang cukup luar biasa yang terkandung di dalamnya yang mana tidak hanya bisa menjamin kehidupan dunia tetapi juga meliputi kebahagiaan akhirat.

Dengan selalu membacakan lirik lagu shalawat nabi Muhammad saw mudah-mudahan kita semua dijadikan dan diakui sebagai umat beliau yang nanti bisa dan akan mendapatkan syafaatnya.

Perintah dari membacakan lirik lagu sholawat nabi Muhammad ini, bukanlah berasal dari keterangan yang tidak ada sumbernya tetapi langsung bersumber dari salah satu ayat Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 33 : 56 yang mana artinya sebagai berikut:

"Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi wahai orang-orang yang beriman bershalawat salamlah kepadanya.

Inilah Lirik Lagu Sholawat Nabi Muhammad SAW

Syair shalawat nabi merupakan kunci pembuka segala kebaikan dan pintu segala keutamaan pada agama di dunia dan di akhirat.

Dalam kitab Abwabul Faraj diterangkan bahwa, hendaknya membaca lirik lagu qasidah sholawat nabi sebanyak-banyaknya. Kapan saja dan dimana saja, terutama sehabis shalat fardhu. Banyak fadhilah yang dapat dipetik dari bacaan sholawat, sebagaimana yang diisyaratkan di dalam beberapa hadist Nabi berikut ini:

"Siapa saja yang bershalawat kepadaku sekali, Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali" (HR Muslim)

"Siapa saja yang bershalawat kepadaku sepuluh kali di waktu pagi dan sore, ia akan mendapatkan syafaatku di hari kiamat nanti" (HR At-Thabrani)

"Orang yang paling utama di sampingku di hari kiamat nanti adalah orang yang sering membaca sholawat" (HR At-Thabrani)

Bentuk bacaan lirik lagu shalawat nabi yang paling sederhana adalah membaca:

صَلَّى اللَّهُ  عَلَى مُحَمَّدٍ

Shallalloohu ‘alaa Muhammad.

 Artinya : “Semoga Allah melimpahkan rahmat ta’zhim kepada Nabi Muhammad”.

Lirik lagu sholawat nabi secara bahasa merupakan bentuk jamak dari sholla yang artinya doa, secara istilah, sholawat merupakan doa dan pujian untuk nabi.

Macam Macam Shalawat Nabi Muhammad SAW Lirik

Banyak sekali kumpulan lirik shalawat yang terkenal dan populer di Dunia Islami, kali ini wajib baca akan hadirkan beberapa teks kumpulan sholawat dan lirik sholawat nabi muhammad.

Berikut ini lirik sholawat maulid nabi dan nyanyian shalawat nabi:

1. Shalawat nabi lirik Munjiyat

Lirik selawat nabi ini populer lantaran sering dibaca imam saat berdoa setelah sholat. Berikut ini lirik salawat nabi munjiyat:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الأَهْوَالِ وَالآفَاتِ وَتَقْضِى لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّـيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى  الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الخَيْرَاتِ فِي الحَيَاةِ وَبَعدَ المَمَاتِ, وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. 

Alloohumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammadin tunjiinaa bihaa min jamii’il ahwaali wal aafaat, wataqdhii lanaa bihaa jamii’al-haajaat, wa tuthahhirunaa bihaa min jamii’is-sayyi-aat, wa tarfa’unaa bihaa aqshal ghaayaati min jamii’il khairaat, fil hayaati waba’dal mamat, wa ‘alaa aalihii washahbihii wasallim tasliiman katsiiraa.

Ya Allah! Limpahkan shalawat kepada junjungan kita Nabi Muhammad. Berkat shalawat ini, kiranya Engkau menyelamatkan kami dari semua kegentingan dan bencana. Berkat shalawat ini, Engkau kabulkan semua hajat kami. Berkat sholawat ini, Engkau bersihkan kami dari semua kejelekan. Berkat sholawat ini, Engkau sampaikan kami pada puncak cita-cita dari semua kebaikan di dunia dan setelah mati. Dan semoga shalawat dan salam yang banyak juga dilimpahkan kepada keluarga dan sahabatnya.

Catatan : Sholawat Munjiyah cukup banyak kegunaannya. Diantaranya : akan diberi keselamatan di dunia dan akhirat; hajat keperluannya akan dikabulkan. Jika diwiridkan 1000 x sehari semalam, insya Allah, segala kesulitan hidup akan mudah teratasi, hati menjadi tenang, rizki mudah didapat, serta mudah memperoleh pekerjaan dan ketinggian pangkat. Jika diwiridkan 41 x sehari semalam, insya Allah, harapannya akan tercapai, bagi yang belajar akan diberi kecerdasan, kejernihan hati dan mudah menangkap pelajaran. Wallahu a’lam.

2. Sholawat nabi lirik sholawat Badar

Tulisan sholawat biasa disebut sholawat yasin merupakan salah satu sholawat yang populer juga karena sering dilantunkan saat ceramah-ceramah, berikut ini lirik lagu salawat nabi sholawat badar.

صَلاَةُ اللَّهْ سَلاَمُ اللَّهْ  *    عَلَى طَـهَ رَسُوْلِ اللَّهْصَلاَةُ اللهْ سَلاَمُ اللهْ  *    عَلَى يـس حَبِـْيبِ الله

Semoga Sholawat (rahmat ta’zhim) dan salam (kesejahteraan) Allah dilimpahkan kepada Thaha (Nabi Muhammad), seorang utusan Allah.. Sholawat dan salam Allah semoga dilimpahkan-Nya kepada Yasin (Nabi Muhammad), kekasih Allah

تَوَسَّلْنَا بِبِسْمِ اللَّهْ   *  وَ بِالْهَادِي رَسُوْلُ اللهوَ كُـلِّ مُـجَاهِـدِ اللَّهْ  *   بِأهْـلِ الْبَـدْرِ يَا اَللهْ

Kami bertawassul (berperantaraan) dengan Bismillah, dengan al-Hadi (Nabi Muhammad, pembawa hidayah), utusan Allah, dan dengan perantaraan semua pejuang fisabilillah, terutama dengan (perantaraan) Ahli badar, Ya Allah.

إِلَـهِيْ سَلِّمِ الْأُمَّـةْ   *   مِنَ الْآفَاتِ وَ النِّـقْمَةْوَ مِنْ هَـمٍّ وَ مِنْ غُمَّةْ  *   بِأَهْلِ الْبَـدْرِ يَا اَللَّهْ

Ya Tuhanku! Selamatkan umat Islam dari bala’ bencana, malapetaka, serta kesusahan dan kegelisahan. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

إِلَهِيْ نَجِّنَا وَ اكْشِفْ  *   جَمِيْعَ أَذِيَّةٍ وَ اصْرِفْمَكَائِدَ الْعَدَا وَ الْطُفْ  *   بِأَهْلِ الْبَدْرِ يَا اَللَّهْ

Ya Tuhanku! Selamatkan kami. Hilangkan semua yang menyakitkan kami. Gagalkan tipudaya (rekayasa jahat) musuh. Dan bersikap lemah lembutlah kepada kami. Berkat (perantaraan) Ahli Badar, Ya Allah!

إِلَهِيْ نَفِّسِ الْكُرَبَا * مِنَ الْعَاصِيْنَ وَالْعَطْبَاوَ كُـلِّ بَلِــيَّـةٍ   وَ وَبَـا  * بِأَهْـلِ الْبَـدْرِ يَا اَللَّهْ

Ya Tuhanku! Lenyapkan berbagai kesusahan, bala'-bencana dan berbagai penyakit menular, akibat dari perbuatan para ahli maksiat dan pengrusak. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

فَكَمْ مِنْ  رَحْمَةٍ حَصَلَتْ   *    وَكَمْ مِنْ ذِلَّةٍ فَصَلَتْوَكَمْ مِنْ نِعْمَةٍ  وَصَلَتْ  *     بِأَهْلِ الْبَدْرِ يَا اَللَّهْ

Banyak sudah rahmat yang berhasil kita raih. Tidak terhitung kerendahan yang tersingkir. Dan tidak sedikit kenikmatan yang kita terima. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

وَكَمْ أَغْنَيْتَ ذَا الْعُمْرِ   *   وَكَمْ أَوْلَيْتَ ذَا الْفَقْرِوَكَـمْ عَافَيْتَ ذَا الْـوِزْرِ  *    بِأَهْلِ الْبَدْرِ يَا اَللَّهْ

Banyak sudah Engkau membuat kaya orang-orang. Tidak terhitung jumlahnya Engkau curahkan (kenikmatan) kepada orang yang membutuhkan. Dan tidak sedikit Engkau berikan ampunan kepada orang-orang yang berdosa. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

لَقَدْ ضَاقَتْ عَلَـى الْقَلْبِ  *  جَمِيْعَ الْأَرْضِ مَعْ  رَحْبِفَانْجُ مِنَ الْبَـلَا الصَّعْبِ   *    بِأَهْلِ الْبَدْرِ يَا اَللَّهْ

Sungguh, seluruh dataran bumi yang terbentang luas ini benar-benar terasa sempit oleh hati (yang sedang susah). Karenanya, selamatkan kami dari bala’ bencana yang menyulitkan ini. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

أَتَيْنَا طَالِبَ الرِّفْـقِ   *     وَ جُلَّ الْخَيْرِ وَ السَّعْدِفَـوَسِّعْ مِنْحَةَ الْأَيْدِي   *    بِأَهْلِ الْبَدْرِ يَا اَللَّهْ

Kami datang seraya memohon kasih sayang, kebajikan dan kebahagiaan hidup. Karena itu, bentangkan uluran anugerah-Mu kepada kami. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

فَلاَ تَرْدُدْ مَعَ الْخَيْبَةْ   *    بَلِ اجْعَلْنَا عَلَى الطَّيْبَةْأَيَا ذَا الْـعِـزِّ وَ الْـهَـيْبَةْ   *    بِأَهْـلِ الْبَـدْرِ يَا اَللَّهْ

Jangan Engkau tolak (permohonan kami), sehingga mengalami kerugian. Sebaliknya, jadikan kami selalu diatas kebaikan. Wahai Tuhan Pemilik kemuliaan dan kewibawaan. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

وَ إِنْ تَرْدُدْ فَمَنْ نَـأْتِيْ    *    بِنَـيْلِ جَمِيْعِ حَاجَاتِيْأَيـَا جَالِـيْ الْمُلِمَّاتِ   *  بِأَهْـلِ الْبَدْرِ يَا اّللَّهْ

Jika Engkau tolak (permohonan kami), lantas kepada siapa kami akan datang mengadu untuk tercapainya seluruh hajat kami? Wahai Tuhan Yang meringankan penderitaan. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

إِلَهِـي اغْـفِرْ وَ أَكْرِمْنَا  *    بِنَيْلِ مَطَالِبٍ مِنَّاوَ دَفْـعِ  مَسَاءَةٍ  عَـنَّا   *  بِأَهْـلِ الْـَبدْرِ يَا اّللَّهْ

Ya Tuhanku! Ampuni dan muliakan kami dengan memperoleh apa saja yang kami mohon, dan dengan tercegahnya kejahatan musuh dari kami. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

إِلَهِي أَنْتَ ذُوْ لُطْفٍ  *   وَذُوْ فَضْلٍ وَذُوْعَطْفٍوَكَمْ مِنْ كُرْبَةٍ تَنْـفِيْ  *   بِأَهْلِ الْبَدْرِ يَا اَللَّهْ

Ya Tuhanku! Engkau Pemilik kelemah-lembutan, Pemilik anugerah dan kasih sayang. Sudah berapa banyak kegelisahan yang Engkau lenyapkan. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

وَ صَلِّ عَلَى النَّبِي الْبِرِّ  *   بِلَا عَدٍّ وَ لَا حَصْرِو َ أَلِ  سَـادَةِ  غُـــرِّ  *   بِأَهْلِ الْـبَـدْرِ يَا اَللَّهْ

Limpahkan shalawat (rahmat ta'zhim) kepada Seorang Nabi yang baik hati, tanpa terhingga dan tanpa hitungan. Limpahkan juga shalawat tersebut kepada keluarga beliau, para sayyid yang mulia. Berkat Ahli Badar, Ya Allah!

3. Lirik lagu sholawat maulid nabi Azhimiya

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ  بِنُورِ وَجْهِ اللهِ الْعَظِيْمِ, الَّذِى مَلأَ أَرْكَانِ عَرْشِ اللهِ  الْعَظِيْمِ, أنْ تُصَلِّيَ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ذِى الْقَدْرِ الْعَظِيْمِ, وَعَلَى آلِ نَبِيِّ اللهِ الْعَظِيْمِ, بِقَدْرِ عَظَمَةِ ذَاتِ اللهِ  الْعَظِيْمِ, فِي كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ عَدَدَمَا فِى عِلْمِ اللهِ  الْعَظِيْمِ, صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ اللهِ  الْعَظِيْمِ, تَعْظِيْمًا لِحَقِّكَ يَامَوْلاَنَا يَا مُحَمَّدُ يَاذَا الْخُلُقِ الْعَظِيْمِ, وَسَلِّمْ عَلَيْهِ  وَعَلَى آلِهِ مِثْلَ ذَلِكَ,  وَاجْمَعْ بَيْنِى وَبَيْنَهُ كَمَا جَمَعْتَ بَيْنَ الرُّوحِ وَالنَّفْسِ, ظَاهِرًا وَبَاطِنًا, يَقْظَةً وَمَنَامًا, وَاجْعَلْهُ يَارَبِّ رُوْحًا لِذَاتِى مِنْ جَمِيْعِ الْوُجُوهِ فِى الدُّنْيَا قَبْلَ اْلآخِرَةِ يَاعَظِيْمُ. 

Alloohumma innii as-aluka binuuri wajhillaahil ‘azhiim, alladzii mala`a arkaana ‘arsyillaahil ‘azhiim, waqaamat bihii ‘awaalimulloohil ‘azhiim, an tushalliya ‘alaa sayyidinaa muham-madin dzil qadril ‘azhiim, wa ‘alaa aali nabiyyillaahil ‘azhiim biqadri ‘azhamati dzaa-tillaahil ‘azhiim, fii kulli lamhatin wanafasin ‘adada maa fii ‘ilmillaahil ‘azhiim. Shalaatan daa-imatan bidawaamillaahil ‘azhiim, ta’zhiiman lihaqqika yaa maulaanaa, yaa muhammad, yaa dzal khuluqil ‘azhiim, wasallim ‘alaihi wa ‘alaa aalihii mitsla dzaalik. Wajma’ bainii wabainahuu kamaa jama’ta bainar-ruuhi wan-nafsi zhaa-hiran wabaathinan, yaqzhatan wamanaaman. Waj’alhu yaa rabbi ruuhan lidzaatii min jamii’ail wujuuhi fiddunyaa qablal aakhirati yaa ‘azhiim.

Artinya : Ya Allah! Aku memohon kepada-Mu dengan perantaraan Nur ‘Wajah’ Allah yang Agung, yang memenuhi tiang-tiang penyanggah ‘arasy Allah Yang Maha Agung; yang dengan (perantaraan Nur Allah tersebut) terciptalah seluruh alam semesta Allah Yang Maha Agung. Kiranya Engkau melimpahkan rahmat ta’zhim kepada junjungan kita Nabi Muhammad yang memiliki kedudukan yang agung, dan juga kepada keluarga Nabi Allah yang besar, berkat kedudukan Keagungan Dzat Allah Yang Maha Agung. Shalawat yang terus menerus berkat Keabadian Alah Yang Maha Agung, sebagai Pengagungan terhadap Hak-hak-Mu, wahai Tuhan kami. Wahai Muhammad! Wahai Pemilik budi pekerti yang agung! Dan limpahkan salam sejahtera kepada beliau dan keluarganya seperti itu. Kumpulkanlah antara aku dan beliau, sebagaimana Engkau kumpulkan antara ruh dan jiwa, zhahir dan bathin, bangun dan tidur. Serta jadikanlah beliau, wahai Tuhanku, sebagai ruh bagi jasadku dari seluruh segi di dunia sebelum akhirat, Wahai Yang Maha Agung.

Demikianlah penjelasan mengenai kumpulan sholawat nabi muhammad saw mp3, shalawat nabi muhammad saw mp3, teks sholawat nabi mp3, tek solawat, dan sholawat julus yang bisa wajibaca.com sampaikan.

Bila masih ada yang kurang paham dapat dengan mudah memahami pada artikel wajibbaca.com lainnya yang berhubungan dengan kumpulan tulisan arab shalawat nabi, syair shalawat nabi dalam bahasa aceh, lirik sholawat ya nabi. Semoga menambah keilmuan dan manfaat untuk kita semuanya.

KOMENTAR